9 Pengertian Minat Menurut Para Ahli

Diposting pada
pengertian minat menurut para ahli
Pengertian Minat Menurut Para Ahli

Minat menjadi salah satu aspek psikis yang mampu mendorong manusia mencapai tujuan yang dinginkan. Seseorang yang memiliki minat yang kuat terhadap suatu objek, cenderung memberikan perhatian lebih atau merasa senang yang lebih besar kepada objek tersebut di bandingkan dengan objek lainnya.

Akan tetapi, apabila objek tersebut tidak menimbulkan rasa senang, maka dapatlah dipastikan bahwa orang itu tidak akan memiliki minat atas objek tersebut hingga tidak melahirkan sifat arti agresif. Oleh karena itu, tinggi rendahnya perhatian atau rasa senang seseorang terhadap objek dipengaruhi oleh tinggi rendahnya minat seseorang tersebut.  Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini akan mejelasan pengertian minat menurut para ahli.

Minat

Minat adalah segala suatu hal yang mampu mengarahkan dan menggerakan perbuatan kepada tujuan dan mendorongan bagi perbuatan tersebut untuk dilakukan lebih besar. Dalam diri manusia sangat lekat dengan minat, dimana terdapat dorongan-dorongan atau motif-motif yang mendorong manusia untuk berinteraksi dengan dunia luar.

Motif menggunakan dan menyelidiki dunia luar. Dari manipulasi dan eksplorasi yang dilakukan terhadap dunia luar itu, lama kelamaan akan menimbulkan minat terhadap sesuatu tersebut. Apa yang menarik minat seseorang mendorongnya untuk berbuat lebih giat dan lebih baik.

Pengertian Minat Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi minat menurut para ahli, diantaranya;

  1. Purwanto (2007)

Minat adalah dorongan kepada setiap individu untuk berinteraksi dengan dunia luar yang sekiranya menarik untuk ditindaknlanjuti dan diketahui, minat menjadikannya memiliki semangat tinggi untuk mengetahui sesuatu yang telah menarik hatinya.

  1. Sardiman (1990)

Pengertian minat adalah suatu objek  yang terlihat apabila objek tersebut dilakukan sesuai dengan sasaran dan objek tersebut berkaitan dengan keinginan dan kebutuhan seseorang  yang bersangkutan

  1. Tam pubolon (1991)

Definisi minat adalah perpaduan antara keinginan dan kemauan yang berkembang  dalam diri setiap inividu jika terdapat motivasi.

  1. Djali  (2008)

Minat adalah kemampuan sekaligus dukungan kemampuan akan adanya sesuatu hubungan diantara diri sendiri dengan segala sesuatu yang berasal dari luar.

  1. Mohamad Surya (2003)

Minat adalah rasa  senang  atau  tidak  senang yang ada dalam setiap inidivisu yang biasanya dialami setelah  menghadapi objek tertentu.

  1. Slameto (2003)

Menurutnya, minat adalah bagian daripada perasaan lebih suka dan keterikatan pada suatu aktivitas, tanpa ada paksaan.

  1. Kartini Kartono (1996)

Menurutnya, minat merupakan momen dan juga kecenderungan seseorang yang searah secara intensif kepada obyek yang dianggaonya penting.

  1. Ana laila Soufia dan Zuchdi (2004)

Arti minat adakah kekuatan yang menjadi pendorong sehingga menyebabkan setiap individu menaruh  perhatiannya secara lebih kepada orang lain atau ojek dan aktivitas lain.

  1. Slameto (2003)

Menurutnya, minat adakah kecenderungan yang dialami seseorang untuk memperhatikan dan juga mengenang berbegai bentuk kegiatan.

Kesimpulan

Dari penjelasan, terkait dengan pengertian minat menurut para ahli diatas dapatlah dikatakan jika minat sangat diperlukan oleh setiap individu apalagi dalam proses pembelajaran, dimana siswa harus melibatkan seluruh potensi yang  dimiliki baik potensi pendengaran, penglihatan dan gerak motorik secara bersamaan.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian minat menurut para ahli lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat sekaligus dapat memberikan pengetahuan bagai setiap pembaca yang sedang mencarai refrensi tentang “Minat”.

Rate this post