3+Pengertian Tanah Longsor Menurut Para Ahli dan Faktor Penyebabnya

Diposting pada

Pengertian Tanah Longsor Menurut Para Ahli dan Faktor Penyebab Tanah Longsor

pengertian tanah longsor menurut para ahli

indonesiastudents.comTanah longsor menjadi salah setu jenis bencana alam yang sering kita jumpai di Indonesia, tanah longsor ini bahkan dapat menyebabkan kerusakan dan juga kerugian bagi seuruh mahluk hidup yang ada di bumi.

Wilayah-wilayah yang berptensi tanah longsor di Indonesia misalnya saja wilayah jawa barat, wilayah sumatra utara, dan wilayah-wilayah lainnya. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan memberikan beberapa pengertian tanah longsor menuut para ahli.

Baca: 5 Pengertian Tsunami Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Tanah Longsor


Tanah longsor adalah bencana alam yang ditimbulkan karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi tanah yang berbentu lereng, seperti gunung, bukit, dan lain sebaginya. Sedangkan pengertian, tanah longsor yang diungkapkan oleh para ahli diantaranya;

Pengertian Tanah Longsor Menurut Para Ahli


BNPB (2010)

Tanah Longsor adalah jenis bencana alam yang terjadi karena gerakan  massa  tanah  atau  batuan, yang keluar dari lereng akibat dari adanya ganggun kestabilan tanah dari sebelumnya.

Wikipedia

Pengertian tanah longsor adalah gerakan tanah yang terjadi akbiat adanya peristiwa geologi sehingga menyebabkan kerugian material dan non material, adapun menurut Wikipedia faktor terjadinya sebagai berikut;

Faktor Pendorong Tanah Longsor

  1. Adanya erosi yang bisanya disebabkan munculnya air permukaan atau air hujan, menggerus kaki lereng.
  2. Gempa bumi menyebabkan tanah longsor karena adanya getaran, tekanan pada suatu partikel mineral yang terkadung dalam tanah.
  3. Gunung berapi yang bisa menjadi faktor timbulnya tanah longsor, alasannya karena gunung berapi mampu membuat tekanan dalam tanah menjadi goyang atau tidak stabil.

Dari pengertian tanah longsor menurut para ahli diatas, dapat dikatakan jika tanah longsor adalah fenomena bencana alam yang memnyebabkan rusaknya stabilan tanah, karena adanya pengaruh pada kondisi teksutur tanah, baik karena hujan ataupun karena tidak adanya pohon yang menopang tanah untuk lebih kuat kembali.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian tanah longsor menurut para ahli dan faktir penyebabanya. Semoga dengan ulasan kali ini adakan beramnfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang tanah longsor. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Plastik dan Jenisnya Lengkap
  2. 6 Pengertian Plastik Menurut Para Ahli Lengkap
  3. Dampak Negatif Sampah Beserta Penjelasannya Lengkap
  4. 3 Pengertian Udang dan Klarifikasinya Menurut Para Ahli Lengkap