6+ Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk dan Contoh, Serta Faktornya {Terlengkap}

Diposting pada

6+ Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk dan Contoh, Serta Faktornya {Terlengkap}

Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli

indonesiastudents.comMobilitas sosial menjadi salah satu metari pelajaran yang pasti di dapatkan oleh peserta didik, khususnya mereka yang mengambil kosentrasi ilmu sosial, seperti halnya sosiologi. Mobilitas sosial menjadi sangat penting untuk dipelajari oleh seseorang kerana hal ini menyakut tentang berbagai aspek kehidupan, seperti perubahan standar hidup, perkawinan, perubahan tempat tinggal, perubahan tingkah laku, dan perubahan nama.

Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini, indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian mobilitas sosial, bentuk dan contoh, serta faktor penghambat atau pendorongnya. Berikut penjelasan tersebut.

Baca: 8 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli dan Teorinya Lengkap

Pengertian Mobilitas Sosial


Mobilitas sosial adalah perpindahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat baik secara indivudu atau kelompok, akbiat adanya pergerkan yang dinamis, pergerakan tersebut misalnya saja seperti perbedaan stara sosial, jabatan, dan lain sebagainya.

Mobilitas secara harfiah berasal dari kata “Mobil”. Dimana mobil selalu identik dengan berjalan, entah hal tersebut berjalan maju ataupun berjalan mundur. Sedangkan dalam bahasa perancis mobilitas sosial berarti mobilis (mudah dipindahkan dari suatu tempat ke tempat yang berbeda).

Sebagai penjelas tentang pengertian mobilitas sosial, berikut uraian tentang pengertian mobilitas sosial menurut para ahli.

Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli


Paul B Horton

Menurutnya, mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak perpindahan dari satu strata ke strata lainnya

Kimball Young dan Raymond W. Mack

Mendefinikan, pengertian mobilitas sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.

Soerjono Soekanto

Definisi mobilitas sosial menurut ahli sosiologi dari Indonesia ini adalah suatu perubahan didalam struktur sosial yang menyngkut tentang pola pengaturan organisasi yang ada dalam kelompok-kelompok sosial.

Edward Ransford

Pengertian mobilitas sosial menurutnya, adalah perpindahan masyarakat atau individu di lingkungan sosialnya secara hirarki, baik perpindahan ke atas ataupun ke bawah.

Robert M.Z. Lawang

Arti mobilitas sosial adalah berpindahan posisi seseorang atau kelompok dari lapisan dan dimensinya secara berjenjang.

Wiliam Kornblum

Pengertian mobilitas sosial ialah berpindahnya individu, kelompok, atau keluarga secara sosial dari satu dimensi ke dalam dimensi lainnya, karena adanya pola gerakan yang dilakukan.

Dari 6 pengertian mobilitas sosial menurut para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa mobilitas sosial adalah perbedaan kondisi sosial yang dialami secara kelompok ataupun individu karena adanya pola gerakan tertentu yang dilakukannya.

Sedangkan untuk memperjalas hal tersebut berikut akan di uraikan tentang jenis-jenis atau bentuk-bentuk mobilitas sosial beserta dengan contohnya.

Bantuk Mobilitas Sosial dan Contohnya


Mobilitas sosial secara umum dapat dibedakan menjadi 5, diantaranya;

  1. Mobilitas sosial horizontal adalah peralihan individu atau objek sosial lainnya dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sama-sama sederajat. Contoh mobilitas sosial horizontal ini misalnya, Pak Suep adalah seorang penjual bakso, suatu ketika Pak Suep memutuskan untuk berpindah profesi menjadi penjual nasi uduk. Pekerjaan Pak Suep yang dulunya penjuan bakso ke penjuan nasi uduk tidak merubah status sosialnya yakni tetap pada derajat yang sama sebagimana profesi sebelumnya.
  2. Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan individu atau objek dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat. Mobilitas sosial vertikal pada hekekatnya terdiri atas social climbing dan juga social sinking. Untuk social climbing dalam mobilitas sosial terbentuk karena masuk seseorang ataupun kelompok ke dalam kedudukan yang lebih tinggi selain itu juga adanya kelompok baru dan mendapatkan posisi yang lebih tinggi. Sedangkan bentuk social sinking terjadi karena turunnya kedudukan dan turunnya derajat kelompok.
  3. Mobilitas antargenerasi adalah mobilitas yang biasanya ditandai dengan perkembangan taraf hidup baik naik maupun turun dalam suatu generasi.
  4. Mobilitas intergenerasi adalah peralihan status sosial yang terjadi dalam satu generasi tertentu. Mobilitas ini terjadi dalam satu kelompok generasi yang sama. Contoh mobilitas intergenerasi ini misalnya sejumlah mantan pejuang beralih profesi menjadi pengusaha
  5. Gerak sosial geografis adalah perpindahan individu atau kelompok dari daerah ke daerah lainnya. Contoh mobilitas gerak sosial geografis misalnya saja transmigrasi, urbanisasi dan migrasi. Selain itu gerak sosial geografis dapat pula terjadi akibat pengaruh kondisi geografis seperti adanya bencana alam

Faktor Penghambat dan Pendorong Mobilias Sosial


Faktor Penghambat Mobilitas Sosial


  • Perbedaan rasial dan agama dalam sebuah sistem sosial tertentu, hal ini dapat menjadi faktor penghambat mobilitas sosial alasannya karena masyarakat tidak mudah untuk bersatu sehingga cendrung mengandalkan ego dan keinginnya masing-masing.

  • Diskriminasi kelas
  • Subkultur dari kelas sosial
  • Kemiskinan, alasan kemiskinan menjadi penghambat mobilitas sosial karena kemiskinan yang terjadi dalam masyarakat sulit untuk membuat masyarakat untuk berbah dari kondisi sebelumnya ke kondisi yang lebih baik lagi.
  • Perbedaan jenis kelamin

Faktor Pendorong Mobilitas Sosial


  • Ekspansi Teritorial Gerak Populasi

  • Perubahan Kondisi Sosial
  • Komunikasi Yang Bebas
  • Tingkat Fertilitas
  • Situasi Politik
  • Pembagian Kerja

Selain menjelaskan tentang Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk dan Contoh, Serta Faktornya. Sebagai penjelasan lebih mendalam, berikut berbagai dampak mobilitas sosial yang bisa terjadi dalam kehidupan masyarakat, misalnya saja konflik antarkelas, konflik antarkelompok, konflik sosial, konflik antargenerasi, dan penyesuaian kembali kondisi masyrakat ke dalam hal yang berbeda.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli, Bentuk dan Contoh, Serta Faktornya. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat lebih memperdalam pengathauan para pembaca mengenai “Mobilitas Sosial”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Iklan, Ciri-ciri, Struktur, Jenis dan Tujuan Beserta Contohnya Lengkap
  2. Pengertian Teori Revolusi Perubahan Sosial dan Bentuk-bentuk Teori Perubahan Sosial
  3. 17 Pengertian Masyarakat Multikultural dan Cirinya Menurut Ahli Lengkap
  4. 11 Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Para Ahli Lengkap