11+ Pengertian Sampah Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Sampah Menurut Para Ahli

pengertian sampah

indonesiastudents.com– Sampah dapat mengakibatkan berbagai permasalahan baik dari segi kesehatan maupun lingkungan. Apalagi peningkatan volume sampah terus terjadi setiap tahunnya, khususnya di Indonesia sendiri sebagai negara berkembang, permasalahan sampah menjadi masalah yang harus mendapat perhatian lebih seiring laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya.

Pada tahun 2008 KNLH (Kementrian Negara Lingkungan Hidup) mengatakan jika Indonesia setiap tahunnya menghasilkan sampah sebanyak 38,5 juta ton sedangkan pada tahun tahun 2011 jumlah tersebut terus meingkat menjadi 200 ribu ton/hari.

Baca: 6 Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli Lengkap

Meskipun sampah menjadi istilah yang familiar tak jarang banyak diantara masyarakat Indonesia kurang memahami dan mengerti prihal pengertian sampah. Oleh karenanya pada pembahasan kali ini, indonesiastudents.com akan memberikan pengertian sampah.

Pengertian Sampah


Sampah adalah suatu barang sisa (bekas) yang padat dan dihasilkan dari aktivitas manusia, baik aktivitas sehari-hari atau aktivitas rumah tangga. Adapun tempat pembungan sampah bernama TPS (Tempat Penampungan  Sementara) yang diatikan sebagai tempat  sebelum  sampah diangkut ke tempat pendauran ulang, pengelolaan sampah, atau pembuangan sampah terpadu.

Sedangkan beberapa ahli mengatakan jika pengertian sampah adalah sebagai berikut;

Pengertian Sampah Menurut Para Ahli


World Health Organization (WHO)

Memberi pengertian sampah ialah barang yang berasal dari kegiatan manusia yang tidak lagi digunakan, baik tidak dipakai, tidak disenangi, ataupun yang dibuang.

Juli Soemirat (1994)

Menurutnya, definisi sampah adalah barang padat yang dihasilkan dari kegiatan manusia yang tidak lagi dikehendaki.

Azwar (1990)

Arti sampah adalah sebagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu  yang harus dibuang yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan manusia (termasuk  kegiatan  industri)  tetapi  bukan  biologis  karena  kotoran  manusia  (human waste)  tidak  termasuk kedalamnya

Tanjung

Menurutnya sampah adalah barang yang tidak berguna lagi sehingga dibuang oleh pemiliknya.

Bahar

Dalam bukunya mengatakan, bahwa sampah adalah suatu barang yang harus bersifat padat yang tidak lagi dipergunakan dan dibuang, sehingga barang tersebut tidak bisa diuraikan dengan sempurna oleh alam yang akhirnya mengakibatkan kerusakan.

Manik (2003)

Pengertian sampah adalah benda yang tidak digunakan atau tidak dikendaki oleh manusia.

Ahli  Kesehatan  Masyarakat

Menurut para ahli kesehatan dari Amerika Serikat, batasan mendefinisikan sampah (waste) adalah suatu barang yang tidak lagi dipergunakan dan dinginkan oleh pemilknya, sehingga barang tersebut diabuang begitu saja.

Wijaya Jati

Arti sampah secara sederhana adalah konsekuensi sisa dari selurih kegiatan (aktivitas) manusia.

Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008

Dalam UU Pengelolaan Sampah menyatakan bahwa pengerian sampah adalah seluruh sisa kegiatan manusia yang dialkukan sehari-hari dan atau dari proses alam yang berciri khas padat.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

KBBI mengatakan bahwa sampah adalah barang yang dibuang oleh pemiliknya karena tidak terpakai lagi atau tidak dinginkan lagi, barang ini misalnya kotoran, kaleng minuman, ddaunan , kertas.

Basriyanta

Menurutnya, arti suatu barang dikatakan sampah jika barang tersebut tidak lagi atau tidak dapat dipakai sehingga dibuang oleh pemiliknya, akan tetapi Basriyanta menambahkan bahwa sampah masih dapat dipahai jika di oleh atau di daur ulang lagi.

Dari 11 pengertian sapah menurut para ahli diatas dapat dikatakan jika sampah menjadi barang yang tidak lagi dipergunakan (sebagaimana limbah), dan barang tersebut haruslah bersifat padat. Sedangkan untuk jenis-jenis sampah sendiri, menurut Alex (2012) terbagi menjadi dua, yaitu;

Jenis-Jenis Sampah

  1. Sampah organik, sampah organik adalah barang buangan yang dihasilakan dari sisa makanan misalnya barang seperi ini ialah daging, sayuran, duan, kertas, dan sebagainya.
  2. Sampah anorganik, sampah ini dihasilakan dari sisa material sintetis yang tidak mudah teruraikan seperti hanya plastik, baja, logam, kaca, keramik, seng, dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian sampah menurut para ahli, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari referensi tentang “Sampah” trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;

  1. 5 Pengertian Praktikum Menurut Para Ahli Lengkap
  2. 6 Pengertian Alat Peraga Menurut Para Ahli Lengkap
  3. Langkah Langkah Penelitian Pengembangan Lengkap
  4. 4 Pengertian Penelitian Pengembangan Menurut Para Ahli