2 Pengertian Opini Menurut Para Ahli, Jenis, dan Struktur Teksnya

Diposting pada
Pengertian Opini
Pengertian Opini

Opini barangkali menjadi istilah yang sringkali kita dengar, baca, dan juga lihat. Sebab opini selalu saja muncul dalam setiap proses kehidupan manusia. Misalnya saja di media masa seperti halnya koran, majalah, buletin, dan lain sebagainya.

Karena kemunculan teks opini begitu intens bagi kehiupan manusia, pada kesempatan kali ini akan mengulas lebih dalam tentang opini, yang mencangkup pengertian opini, jenis-jenis kepenulisan opini atau macam-macam opini, dan juga struktur teks opini.

Opini

Diakui ataupun tidak, opini berarti juga sebuah pernyataan tentang sesuatu yang akan berlaku pada masa depan, tetapi kebenaran dan kesalahannya tidak dapat langsung ditentukan. Opini bukanlah fakta dari suatu kedaan yang ada, tetapi jika dikemudian hari dapat dibuktikan maka opini akan berubah menjadi fakta.

Pengertian Opini

Opini adalah suatu pendapat, pikiran, ataupun pendirian seseorang pada suatu masalah yang bersifat subjektif, terdapat unsur keberpihakan pada masalah tertentu, tidak disertai dengan data yang akurat, tetapi bisa menjadi fakta jika ada pembuktian.

Pengertian Opini Menurut Para Ahli

Adapun arti lain dari opini secara singkatnya menurut para ahli, yaitu;

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian opini adalah pendapat, pikiran atau pendirian seseorang yang dituliskan melalui kaidah kebahasaan teks opini. Sehingga apa yang dikemukakan akan memberikan wawasan serta akan mempengaruhi bagi seseorang yang membacanya.

  1. Wikipedia

Situs populer ini memberikan definisi opini sebagai suatu pendapat, ide, atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi, tetapi bersifat tidak objektif karena belum dapat pemastian atau pengujian.

Jenis Opini

Opini pada dasarnya kepenulisan dibagi menjadi dua macam jenisnya, yaitu;

  1. Teks Opini Analitis

Teks opini analitis dapat diberi pengertian sebagai suatu opini yang berkenaan dengan konsep atau teori tentang sesuatu hal atau masalah yang kemudian di analisis dengan cermat dan cepat. Definisi ini memperjelas antara perbedaan artikel dan opini yang salah satunya klimkas kaliamat yang di akhir tulisannya di pereoleh.

  1. Teks Opini Hortatoris

Opini hortatoris adalah suatu opini yang dikemukakan oleh seseorang berkenaan dengan tindakan yang perlu dilakukan atau kebijakan yang  perlu dibuat. Diterima atau ditolaknya, opini ini seringkali mempengaruhi pihak lain yang membacanya, akan tetapi semua itu tergantung pada kuat atau tidaknya argumentasi yang diajukan.

Struktur Teks Opini

Struktur teks opini secara runtut, yakni sebagai berikut;

  1. Pernyataan pendapat (thesis statement)

Pengertian pernyataan pendapat adalah bagian opini yang menjelaskan tentang pendpat dari si penulis, pendapat tersebut biasanya menggunakan kata-kata yang menggugah hati para pembaca atau pendengar opini. Oleh karena itulah pada bagian thesis penulis opini selalu menyertakan data-data, kasus, yang menjukan pentingnya suatu gagasan tersebut di implementasikan.

  1. Argumentasi  (arguments)

Pengertian argumentasi dalam sebuah opini pasti akan ditemukan tentang tulisan atau kata yang mengajak kepada orang lain, kata ini biasa juga disebut sebagai kalimat persuasif. Meskipun begitu untuk mengutarakan argumentasi penulis opini harus mmampu menggabarkan masalah yang terjadi dan solusi yang ditawarkan.

  1. Pernyataan Ulang Pendapat (reiteration)

Pengertian pernyataan ulang pendapat dalam sebuah opini artinya adalah kalimat yang menujukan penegasan dari tulisan yang dimaksudkan. Sehingga pernyataan ulang pendapat tersebut mampu memberikan kesimpulan daripada kata atau kalimat yang dimaksudkan. Bisa juga dikatakan bahwa pernyataan ulang pendapat adalah kesimpulan dari sebuah tulisan.

Sebagai upaya penjelasan lebih lanjut, dalam mengutarakan struktur teks opini di atas. Berikut akan diberikan sebuah bagan tentang struktur teks opini yang tentusanya semuanya agar memperjelas materi pelajaran tentang seluk beluk dalam “opini“.

Bagan Struktur Kepenulisan Teks Opini

Yaitu;

Dari serangkaian penjelasan serta bagan mengenai opini di atas, dapat dikemukakan bahwa pada dasarnya pembentukan tulisan yang terkait dengan opini selalu di awalai dengan pernyataan pendapat penulis, setelah itu dilakukan proses argumentasi, dan trakhir adalah pernyataan ulang tulisan atau pendapatnya. Bagian ini termat penting untuk seseorang agar mudah menerima intisari tulisan yang dimaksudkan.

Demikianlah ulasan tentang opini, yang mencangkup pengertian opini, jenis-jenis opini, dan struktur teks opini. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai opini secara langkap ini dapat memberikan pemahaman bagi siapapun yang aakan tau sedang menulis suatu opini.

4.7/5 - (86 votes)