3 Pengertian Pangan Menurut Para Ahli [Lengkap]

Diposting pada

Pengertian Pangan Menurut Para Ahli

Pangan menjadi istilah penting yang harus dipahami di dalam ilmu pengetahuan, termasuk yang khususnya mempelajari hal ini adalah pertanian yang selalu mengulas dan memahas tentang pangan, sudat-sudut pagang, dan pembahasan mengenai kelangkaan pangan.

Pengertian Pangan

Pangan adalah segala sesuatu yang menjadi kebutuhan manusia, yang bisa saja berasal  dari  sumber  air dan hayati,  baik melalui proses pengelolalahn ataupun tidak (langsung dijadikan konsumsi). Pangan ini dibutuhkan serta diperlukan manusia yang mana dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia tidak terlepaskan daripada pangan.

Pengertian Pangan Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut para ahli, memberikan arti serta pengertian pangan adalah sebagai berikut;

Hidayati (2006)

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik  yang diolah maupun tidak diolah untuk dikonsumsi oleh manusia yang berupa makanan dan minuman. Makanan dan minuman ini memiliki kriteria atau standar tertentu yang biasa dikenal dengan standarisasi mutu pagang. Selengkapnya, baca; Pengertian Standardisasi Mutu Pangan

Nur dan Sunarti (2004)

Menurutnya, salah satu usaha yang dapat meningkatkan ketersediaan pangan adalah dengan memanfaatkan hasil pertanian, seperti ketersediaan umbi-umbian yang dapat menjadi alternatif dalam memenuhi bahan pangan penduduk yang mengandung karbohidrat tinggi.

Supriyanto (2006)

Pangan adalah suatu bentuk pengelolahan yang dilakukan oleh mahluk hidup sebagai upaya dalam memelihara dan juga meningkatkan kualitas serta meningkatkan kuantitas kesehatan. Pangan menjadi salah satu jenis kebutuhan primer yang tidak bisa terpisahkan dari hajat hidup orang banyak.

Dari 3 pengertian pangan menurut para ahli diatas, dapatlah dikatakan bahwa pangan adalah sumber kekuatan yang dibutuhkan oleh mahluk hidup sebagai upaya mempertahankan kehidupan, baik sebagai sumber tenaga atau kesehatan.

Demikianlah pembahasan dan tulisan yang dapat kami berikan, khususnya mengenai pengertian pangan menurut para ahli lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari refrensi tentang pangan. Trimakasih,