9 Pengertian Pembangunan dan Indikator Pengukuran Keberhasilannya Lengkap

Posted on

Pengertian Pembangunan– Berbagai sisi kehidupan seringkali kita mendengar istilah pembangunan, baik dalam pemerintahan, kampanye politik, pelajaran sekolah, ekonomi, masyarakat desa, sampai dari institusi terkecil yaitu keluarga, istilah pembangunan selalu muncul. Kadangka karena seringkali muncul dalam kehidupan akhirnya menimbulkan pertanyaan. Tentang apa sih pengertian pembangunan?. Karena pertanyaan itu indonesiastudents.com akan mencoba memberikan defenisi atau pengertian pembangunan.

Pengertian Pembangunan


Pembangunan (development) dapat diartikan sebagai proses perubahan kearah yang laih baik. Perubahan tersebut dibutuhkan perencanaan dan tata kelola yang dikordinasi oleh pihak-pihak yang berwenang dalam mensukseskan tujuan pembangunan yang direncanakan.

Misalnya saja seperti ini: Pemerintah pusat merencanakan pembangunan pariwisata, maka untuk mewujudkan pembangunan pariwisata tersebut pemerintah melalui presiden mengeluarkan mandat kepada kementrian pariwisata yang kemudian kementrian pariwisata melakukan koridinasi disetiap daerah untuk mau mewujudkan pembangunan yang direncanakan. Terlihat disini, ada kordinasi dan ada keinginan perubahan antara keadaan yang sebelumnyasuatu keadaan yang lebih baik, yaitu peningkatan pembangunan dalam pariwisata, baik instruktur, tata kelola, dan alin sebagainya.

Adapun jika dilihat dari berbagai pengertian pembangunan, beberapa ahli sejatinya juga mendefinisikannya. Ahli-ahli yang mengartikan pembangunan ini berasal dari berbagai disiplin ilmu sosial, baik sosiologi, ekonomi, pemerintahan, hukum, dan lain sebaginya.

Pengertian Pembangunan Menurut Para Ahli


Berikut ini adalah pengertian pembangunan menurut para ahli.

Raharjo (1980)
Memberikan pengertian bahwa pembangunan adalah segala upaya yang terus menerus ditunjukan untuk memperbaiki kehidupan dari bangsa yang belum baik, atau untuk memperbaiki kehidupan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. Pembagunan menurut Raharjo dalam kehidupan sehari-hari, dapat digunakan sebagai terjemahan atau padanan istilah: development, growth,and change, modernization, atau bahkan juga progress.

Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah (2005)
Memberikan pengertian bahwasanya pembangunan adalah suatu kegiatan kesepakatan antara masyarakat dan pihak yang berwenang untuk melakukan perubahan.

Siagian (1994)
Memberikan arti bahwa pembangunan adalah usaha yang dilakukan berencana serta dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah, menuju modernitas dalam upaya pembinaan bangsa.

Ginanjar Kartasasmita (1994)
Mengartikan pembangunan sebagai proses perubahan ke arah yang lebih baik, dalam upaya yang dilakukan dengan terencana.

Alexander (1994)
Mengartikan bahwa pembangunan adalah susunan proses perubahan yang mencakup berbagai sistem sosial, baiki politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan, teknologi, kelembagaan, dan juga sosial budaya.

Portes (1976)
Memberikan pengertian bawasanya dikatakan pembangunan ialah sebuah transformasi ekonomi, sosial dan budaya.

Deddy T. Tikson (2005)
Memberikan pengertian bawasanya pembangunan adalah suatu transformasi ekonomi, sosial dan budaya yang secara sengaja dilakukan melalui sebuah kebijakan dan strategi menuju arah yang diinginkan.

Sukirno (1995)
Sebagai hali ekonomi, sukirno mengatakan bahwa pengertian pembangunan adalah suatu usaha proses yang menyebabkan pendapatan perkapita masyarakat sehingga mampu meningkat dalam jangka panjang.

Mohammad Ali
Memberikan pengertian bawasanya pembangunan adalah suatu upaya yang dikerjakan secara terencana oleh masyarakat dan pihak yang terkait dalam mewujudkan melaksanakan perubahan  yang diharpkan, baik perubahan tersebut dalam menaikan taraf hidup, kesejahteraan, pendidikan, dan kualitas manusia.

Dari berbagai defenisi pengertian pembangunan menurut para ahli diatas, dapat disimpulkan bawasanya pembengunan adalah proses perubahan (Baca: 8 Defenisi Perubahan Sosial Menurut Ahli) yang berbeda dari sebelumnya, proses perbuahan tersebut saling terkait antara satu lembaga dan lembaga yang lainnya. Sehingga mampu menciptakan kesejehtaraan bersama sesuai dengan tujuan pembangunan yang direncanakan.

Setelah kita bersama mencoba untuk memeberi defenisi pembangunan atau memberi pengertian pembangunan serta menyimpulkannya. Alangkah baiknya jika tulisan ini juga ikut serta mengukur indikator pengukuran keberhasilan pembangunan, sehingga akan menmukan pembahan yang lugas dan jelas.

Indikator Pengukuran Keberhasilan Pembangunan

Indikator pengukuran keberhasilan pembangunan dalam setiap kebijakan pembangunan yang dirasakan masyarakat dapat dilihat dengan beberapa perubahan, diantranya:

  1. Pendapatan perkapita
  2. Struktur Ekonomi
  3. Urbanisasi
  4. Angka Pembangunan
  5. Indeks Kualitas Hidup
  6. Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

Demikialah untuk tulisan tentang pengertian pembangunan atau defenisi pembangunan, serta diterngkan pula dengan pengukuran apakah pembangunan tersebut dikatakan berhasil ataupun tidak. Semoga ulasan ringkas ini dapat memberika pemahaman, bagi sipapun yang sedag mencari pengertian pembangunan.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *