Contoh Kutipan Tidak Langsung dan Pengertian Kutipan Tidak Langsung

Diposting pada

indonesiastudents.com Contoh kutipan tidak langsung memang sangat dibutuhkan bagi para pelajar, baik yang duduk di tingkat SD, SMP, SMA utaupun mahasiswa. Kutipan tidak langsung ini menjadi begitu penting takala seseorang mengerjakan tugas akhir (skripsi) atau berupa laporan.  Karena begitu penting tulisan kali ini akan membagikan tentang beberapa contoh kutipan tidak langsung.

Akan tetapi sebelum membagikan tentang penulisan kutipan tidak langsung agar lebih sistematis ulasan ini akan medefenisikan atau memberikan pengertian apa yang dimaksud dengan kutipan tidak langsung yang legal menurut kajian kepenulisan.

Pengertian Kutipan Tidak Langung

Kutipan tidak langsung bisa diartikan sebagai kutipan yang dibuat oelh seorang penulis, dimana idea atau konsep orang lain yang dikutip dengan menggunakan kata-kata penulis atau peneliti sendiri. Artinya dalam menulis kutipan tidak langsung seseorang hanya menggambil makna sebuah tulisan, sedangkan tulisannya dibuat sendiri.

Contoh Kutipan Tidak Langung

Contoh kutipan tidak langsung bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya saja dengan menyebutkan nama penulis dalam kalimat. Misalnya adalah begini:

Saptandari (1999) menyebutkan bahwa di Indonesia, budaya patriarki (sistem sosial yang menempatkan pria sebagai sosok otoritas utama yang sentral dalam organisasi sosial) masih nampak jelas dalam kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan diskriminasi terhadap wanita. Kondisi yang seperti itu menyebabkan pembatasan peran wanita terhadap kegiatan publik.

Contoh Kutipan Tidak Langsung Lainnya

Beberapa ahli studi wanita menyatakan bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan posisi bargaining wanita adalah melalui pengorganisasian yang dianggap sebagai langkah paling kongkrit untuk dapat memberdayakan wanita secara lebih baik (Saptandari, 1999).

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *