[Lengkap] Pengertian Pencemaran Daratan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Pencemaran Daratan Menurut Para Ahli

Pengertian Pencemaran Daratan Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Berbagai jenis dan contoh adanya kemajuan industri dan teknologi sudah berkembang pesat selain dapat  menimbulkan pencemaran terhadap udara dan air, dapat juga menimbulkan pencemaran daratan.

Baca Juga: Pengertian Tanah dan Jenisnya Menurut Ahli Lengkap

Pengertian Pencemaran Daratan Menurut Para Ahli


Wisnu Arya (1995:99)

Menurutnya, pencemaran daratan relative lebih mudah diamati di bandingkan dengan pencemaran udara maupun pencemaran udara maupun air. Secara garis besar pencemaran daratan dapat disebabkan oleh: (1) Faktor internal, yaitu pencemaran yang disebabkan oleh peristiwa alam, seperti letusan gunung berapi yang memuntahkan debu, pasir, batu dan bahan vulkanik lainya yang menutupi dan merusakan daratan sehingga daratan menjadi tercemar.

Pencemaran karena faktor internal ini tidak terlalu menjadi beban pemikiran dalam masalah lingkungan karena dianggap sebagai musibah bencana alam. (2) Faktor internal, yaitu pencemaran daratan karena ulah manusia.

Pencemaran daratan karena faktor eksternal merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh agar daratan tetap dapat memberikan daya dukung alamnya bagi maunusia.

Pencemaran daratan pada umumnya berasal dari limbah padat yang di kumpulkan di suatu tempat yang di sebut dengan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) atau Dump Station. Bahan pembuangan terdiri dari beberapa macam komponen baik bersifat organic maupun anorganik.

Bahan buangan padat kota besar sebagai pusat industri akan berbeda dengan bahan buangan yang di hasilkan oleh kota kecil  tanpa adanya industri besar. (Wisnu, 1995:101)

Komponen Presentase Pencemaran Daratan


  • Kertas 41%

  • Limbah bahan makanan 21%
  • Gelas 12%
  • Logam (besi) 10%
  • Plastik 5%
  • Kayu 5%
  • Karet dan kulit 3%
  • Kain (serat tekstil) 2%
  • Logam lainya (alumunium) 1%

Dari adanya keterangan mengenai pencemaran daratan tersebut dapatlah dikemukakan bahwa semakin banyak bahan buangan organik dibandingkan dengan bahan buangan anorganik akan makin baik dipandang dari sudut pelestarian lingkungan, karena bahan organik lebih mudah didegradasi dan menyatu kembali dengan lingkungan alam.

Demikinalah ulasan atau pembahasan mengenai Pengertian Pencemaran Daratan Menurut Para Ahli. Adapun pembahasan ini di depatkan dari Buku Karya Wisnu Arya (1995:101). Semoga dapat bermanfaat bagi seganap pembaca yang sedang mencari definisi atau arti “Pencemaran Daratan”. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

  1. Pengertian Tujuan Penelitian dan Karakteristiknya Terlengkap
  2. Pengertian Tinjauan Pustaka Beserta Manfaat Tinjauan Pustaka Menurut Ahli
  3. Pengertian Metodologi Penelitian Beserta Penjelasannya Terlengkap
  4. Cara Membuat Saran dalam Makalah Bererta Contohnya