7 Pengertian Pencemaran Lingkungan Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Pencemaran Lingkungan Menurut Para Ahli

Pencemaran lingkungan adalah sesuatu yang sudah familar pada mata, telinga, dan hidung kita. Pencemaran lingkungan diakibatkan karena adanya sampah atau barang yang dibuang karena ssudah tidak dapat dimanfaatkan lagi.

Sehingga semakin banyak penduduk di Indonesia, semakin banyak juga pencemaran lingkungan yang akan terjadi di berbagai tempat. Oleh karena itulah pengting bagi tulisan ini untuk mencoba memberikan beberpa definisi atau pengertian pencemaran lingkungan menurut ahli berserta jenis-jenisnya. Berikut pengertian pencemaran lingkungan.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan adalah proses atau fenomena alam yang terjadi akibat kegiatan manusia yang memasukan zat, energi, atau komponen lain yang dapat merusak bahkan mengancam kesetabilan ekosistem yang ada di dalam bumi. Hal ini bukan saja merusak alam secara berangsur-angsur akan tetapi juga dapat mengancam lingkungan sehat yang ada di sekeliling kehidupan mahluk hidup.

Pengertian Pencemaran Lingkungan Menurut Para Ahli

Adapun definisi pencamaran lingkungan menurut para ahli, antara lain;

  1. Darmono (1995)

Pengertian pencemaran adalah segala bentuk perubahan alam dan iklim yang ada di bumi akibat kegiatan manusia yang tidak dikehendaki oleh alam (lingkungan). Kegiatan ini seperti halnya penebangan hutan secara ilegal atau membakar hutan untuk lahan pertanian.

  1. Palar (1994)

Definisi pencemaran lingkungan adakah proses perubahan  ekosistem  baik secara fisik,  kimia,  atau  perilaku biologis  yang bisa mengganggu kehidupan manusia karena dinilai dapat merusak sumberdaya yang ada di alam yang ada di bumi, bahkan keadaan ini dapat menyebabkan bencana alam.

  1. Wardhana (2001)

Menurutnya, definisi dari sumber pencemaran  adalah setiap  bentuk kegiatan yang dilakukan manusia dalam membuang bahan pencemar, baik berbenatuk padat, gas, cair  atau  partikel  tersuspensi  dalam  kadar  tertentu  sehingga dapat lingkungan.

  1. Undang-Undang No 4 tahun 1982

Pencemaran lingkungan adalah dimasukkannya zat energi atau komponen yang merusak lingkungan, ataupun berubahnya terhadap segala bentuk tatanan lingkungan, baik hasil dari kegiatan manusia ataupun proses alam sehingga dapat mengancam kualitas lingkungan.

  1. Surat Keputusan Menteri Kependudukan Lingkungan Hidup (1988)

Definisi pencemaran lingkungan adalah dimasukkannya makhluk hidup, zat energi atau komponen lain ke dalam air atau udara dan hal tersebut dianggap menyebabkan prosesisasi berubahnya segala kegiatan manusia dan juga proses kondisi alam.

  1. Kimia Lingkungan

Dalam kimia lingkungan, pengertian pencemaran lingkungan adalah suatu bentuk penyebaran bahan-bahan kimia dengan ukuran tertentu sehingga dapat merubah suatu keadaan atau keseimbangan ekosistem yang ada di alam, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

  1. Wikipedia

Situs populer pendidikan ini memberikan definisi pencemaran lingkungan adalah pencemaran yang terjadi dengan sangat cepat yang terjadi akibat limbah industri yang berasal dari bahan-bahan kimia, termasuk di dalamnya adalah logam berat.

Jenis Pencemaran Lingkungan

Jenis atau macam pencemaran yang ada di alam, antara lain;

  1. Pencemaran udara

Pencemaran udara adalah jenis pencemaran yang terjadi di udara, misalnya saja seperti polusi udara dan lain sebaginya. Pencemaran ini dilakukan kajian mendalam dalam lapisan atmosfer dan fungsinya yang ada disekeliling bumi.

  1. Pencemaran air

Jenis penceraman air adalah pencemaran yang terjadi di rawa-rawa atau laut, misalnya saja terjadi akbibat ulah manusia yang sering membuang sampah sembarangan. Kegiatan ini bukan hanya mengancam perkembangan manusia akan tetapi secara langsung juga dapat merusak kondisi mahluk hidup yang ada di air.

  1. Pencemaran daratan

Pencemaran lingkungan yang terjadi di daratan bisa dikatakan sebagai pencemaran yang paling banyak terjadi, misalnya karena pengelolaan limbah yang kurang tepat, membuang sampah sembarangan, bahkan tidak dikelola sampah menjadi salah satu contoh pencemaran lingkungan.

Kesimpulan

Dari diatas dapat dikatakan jika pencemaran lingkungan terjadi karena kegiatan manusia yang kurang di dalam menjaga ekosistem dan kesetabilan alam. Penting juga diketahui bahwa bahan pencemar lingkungan disebut dengan istilah polutan.

Syarat-syarat zat yang dibuang dilingkungan disebut polutan bila keberadaan zat tersebut dapat menyebabkan berabagi kerugian terhadap segala kegiatan makhluk hidup.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pencamaran lingkungan menurut para ahli dan jenisnya lengkap. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan pemahaman kepada setiap pembaca agar mengetahui makna atau arti “Pencemaran Lingkungan”.

4.8/5 - (26 votes)