5 Pengertian Pendidikan Islam Menurut Para Ahli dan Tujuannya [Lengkap]

Posted on

Pengertian Pendidikan Islam Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan Islam– Proses pembelajaran adalah bagian penting dari suatu proses pendidikan, dimana pada proses belajar dan mengajar guru atau orang dewasa (tenaga pendidik) memberikan pengaruh signifikan kepada peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuan, sikap dan keterampilan bagi dirinya sendiri.

Menurut Slameto (2010) pengertian belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Baca: 5 Hukum Islam Beserta Contohnya (Wajib+Haram+Sunat+Makruh+Mubah)

Adapun dalam pembahasan kali ini, indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian pendidikan islam menurut para ahli dan tujuan pendidikan Islam. Berikut uraian penjelasan tersebut;

Pengertian Pendidikan Islam


Pendidikan Islam adalah proses belajar yang bukan sekedar mendengar atau mengamati guru atau Ust menyajikan materi pembelajaran, akan tetapi siswa (peserta didik) harus mempunyai peran dalam pembelajaran sehingga peran itu menjadi pengalaman baginya dan akhirnya diharapkan terjadi perubahan ke arah yang lebih baik dalam hidupnya, yang sesuai dengan syaret dalam Islam.

Sedangkan pengertian pendidikan islam menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Pengertian Pendidikan Islam Menurut Para Ahli


Asy-Syaibany (1979)

Menurutnya, pengertian pendidikan islam adalah suatu bentuk proses belajar yang pada intinya mampu mengerak atau mengubah tingkah laku setiap individu, masyarakat, dan alam yang ada sekitarnya, dengan metode pengajaran sebagai aktivitas asasi dan juga dipergunakan sebagai profesi di antara profesi asasi dalam kehidupan masyarakat.

Dr. Muhammad SA Ibrahimy

Pengertian pendidikan islam dalam pandangannya ialah sistem atau metode pendidikan yang dilakukan untuk mendorong seseorang agar dapat mengarahkan lengkah kehidupan yang dijalani, sehingga sesuai dengan cita-cita islam dan ajaran islam.

Dr. Muhammad Fadhil Al-Jamali

Pengertian pendidikan Islam adalah suatu bentuk upaya yang dilakukan untuk mendorong, mengembangkan, serta mengajak setiap insane (manusia) agar mau menjalani kehidupan bernilai tinggi dan mulia.

Abudinnata

Menurutnya, definisi pendidikan Islam adalah suatu bentuk bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh tenaga pendidik, sehingga mengajarkan pengatahuan yang sehat, baik jasmani dan rohani sesuai dengan ajaran dalam Islam.

Zuhairini

Dalam buku Filsafat Pendidikan Islam mengartikan jika pendidikan Islam adalah suatu bentuk kewajibkan kepada umatnya, baik laki-laki atau perempuan agar memperoleh bekal tentang kehidupan yang baik dan terarah sesuai ajaran dalam Islam/

Dari 5 pengertian pendidikan Islam menurut para ahli diatas, dapatlah disimpulkan jika pendidikan Islam adalah bimbingan yang dilakukan tenaga pendidik sebagai kewajiban membina rohani dan jasmani yang sesuai dengan seluruh ajaran dalam Agama Islam.

Oleh karena itulah pendidikan Islam merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk diajarkan dan dipelajari oleh setiap muslim semenjak dini sampai akhir usia. Pendidikan dalam Islam tidak dibatasi dengan usia, waktu dan tempat. Hal ini dilatarbelakangi kedudukan Al-Qur’an sebagai kalamullah (perkataan Allah Ta‟ala) yang mengandung aturan-aturan hidup, petunjuk bagi manusia, sehingga memperoleh kehidupan yang bahagia di dunia dan di akhirat.

Tujuan Pendidikan Islam


Berikut berbagai tujuan pendidikan Islam, diantaranya adalah:

  1. Menanamkan iman dan ketakwaan kepada Allah Ta‟ala sebagai Khalik (pencipta).
  2. Menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai suri teladan dalam kehidupan.
  3. Menanamkan kecintaan untuk senantiasa mencintai Islam dan mengamalkan semua aturan yang ada di dalamnya dengan penuh ketundukan.
  4. Agar siswa atau peserta didik mampu memahami ajaran Islam, termasuk mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan panduan ilmu tajwid.
  5. Agar siswa mampu mengamalkan dan menghafal Al-Qur’an dengan baik dalam rangka menjaga kemurnian Al-Qur’an itu sendiri.
  6. Agar siswa mempunyai suatu kemampuan untuk menerjemah perkata ayat-ayat Al-Qur’an, memahami kandungannya serta dapat mengamalkannya dalam kesehariannya.
  7. Agar siswa senantiasa memiliki kebiasaan berinteraksi dengan Al-Qur’an, baik dengan membaca, menghafal, mendengarkan, menerjemah, mempelajari kandungannya atau mengamalkan semua aturan-aturan yang terdapat di dalamnya.
  8. Menanamkan karakter-karakter yang baik dan mulia dalam diri peserta didik, seperti karakter ketekunan, kejujuran, istiqamah, rasa tanggung jawab, solidaritas dan lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pendidikan Islam menurut para ahli dan tujuan pendidikan Islam. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Pendidikan Islam”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

  1. 7 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli Lengkap
  2. 13 Pengertian Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli
  3. 5 Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli dan Faktornya [Lengkap]
  4. 8 Pengertian Peran Menurut Para Ahli dan Jenisnya [Lengkap]
5 Pengertian Pendidikan Islam Menurut Para Ahli dan Tujuannya [Lengkap]
Rate this post