11 Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

11 Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli Lengkap

indonesiastudents.com Sebagai masyarakat tentu kita seringkali mendengar tentang nilai sosial, sebab nilai sosial ini menjadi salah satu bagian terpenting dari kebudayaan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan nilai sosial yang berkembang bisa dikatan menjadi aturan yang disepakai bersama antar masyarakat, meski aturan tersebut tidak selalu tertulis secara formal tetapi akan melekat dan ditaati.

Banyak contoh nilai sosial yang berkembang di masyarakat yang tidak tertuliskan secara formal, misalnya saja tentang dua orang pemuda dan pemudi berpacaran sampai larut malam. Masyarakat biasanya memberikan lebel tidak baik, tak jarang kebiasaan tersebut dianggap buruk. Adapun untuk pengertian nilai sosial menurut para ahli adalah sebagai berikut;

Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian nilai sosial menurut para ahli, terutama para ahli yang bersal dari disiplin ilmu sosiologi adalah sebagai berikut:

Anthony Giddens
Mengartikan nilai sosial sebagai bentuk gagasan-gagasan yang dimiliki seseorang atau kelompok tentang apa yang dikehendaki, apa yang layak diterapkan, dan apa yang baik dan buruk.

Horton and Hunt
Menurut Horton and Hunt nilai sosial merupakan gagasan yang menjelaskan tentang suatu tindakan dalam masyarakat, dimana tindakan tersebut bisa dikatakan penting atau tidak penting.

Richard T Schaefer dan Robert P. Lamm
Dua ahli ini mengartikan nilai sosial sebagai bentuk gagasan kolektif (bersama-sama) yang menyangkut tentang apa yang dianggap baik, penting, diinginkan, dan dianggap layak untuk diterapkan dalam kehidupan.

Arthur W. Comb
Mengartikan nilai sosial sebagai sebuah kepercayaan-kepercayaan yang digeneralisir, dimana nilai tersebut berfungsi sebagai garis pembimbing untuk menyeleksi tujuan serta perilaku yang akan dipilih untuk dicapai.

Dardji darmodihardjo
Mengartikan nilai sosial sebagai sesuatu yang berguna bagi kehidupan manusia secara jasmani dan rohani.

Hendropuspito
Mengartikan bahwa nilai soial adalah segala bentuk aturan yang dihargai masyarakat karena mempunyai daya guna berupa fungsional bagi perkembangan kehidupan manusia.

Kimball Young
Mengartikan nilai sosial sebagai asumsi yang abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang dianggap penting dalam masyarakat.

Robert M.Z. Lawang
Mengartikan nilai sosial sebagai gambaran mengenai apa yang diinginkan, yang pantas, berharga, dan dapat memengaruhi perilaku sosial dari orang yang memiliki nilai tertentu dari hasil kesepakan.

Theodoson
Mengartikan bahwa nilai sosial adalah segala sesuatu yang abstrak yang dijadikan pedoman serta prinsip-prinsip umum dalam bertindak dan bertingkah laku.

Woods
Mengrtikan bahwa nilai sosial adalah petunjuk umum yang telah berlangsung lama serta mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.

C. Kluckhonhn
Mengartikan bahwa nilai sosial adalah suatu nilai yang bukan merupakan keinginan individu, akan tetapi yang diinginkan oleh masyarakat dan berharap  dirasakan baik tidak nya bagi orang lain.


Dari berbagai ulasan tentang 11 pengertian nilai sosial menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai adalah sebuah konsep yang mengacu pada sesuatu yang dianggap baik dan berharga dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga dengan adanya nilai sosial kehidupan yang dijalani akan teratur dengan baik.

Demikianlah untuk defenisi nilai sosial, sebagai masyarakat harapnnya apa yang ada dan telah disepakati bersama dalam bentuk aturan akan mampu mendorong prilaku dan tindakan kita yang lebih baik dikemudian hari.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *