Pengertian Penelitian Ilmiah Beserta Jenis Penilitian Ilmiah Terlengkap

Diposting pada

Pengertian penelitian ilmiah– Mengertahui tentang pengertian penelitian ilmiah sangatlah penting bagi siapapun yang masih awam di dunia penelitian, sebab banyak diantara kita yang selama ini kurang mengetahui apa defenisi atau pengertian penelitian ilmiah. Oleh karena itulah sebagai upaya edukasi awal kepada para pembaca indonesiastudents.com sekalin, kali ini kita akan mengulas lebih dalam tentang pengertian penelitian ilmiah.

Baca: 5 Pebedaan Ilmiah dan Non Ilmiah

Penelitian ilmiah dapat dikatakan terdiri dari dua unsur kata, yaitu penelitian dan ilmiah. Adapun kedua unsur kata tersebut dapat diartikan sebagai berikut:

Pengertian Penelitian


Penelitian seringkali diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan menurut kaidah dan metode ilmiah secara sistimatis untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman serta pembuktian kebenaran ataupun ketidakbenaran suatu asumsi atas hipotesis di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Pengertian Ilmiah


Pengertian ilmiah adalah cara ilmiah yang dalam pelaksanaannya sistematik dan objektif dengan mengikuti tahapan: mengidentifikasi masalah, menyusun hipotesis, apabila diperlukan, menyusun rancangan penelitian, melaksanakan penelitian sesuai dengan metode yang direncanakan, melaksanakan pengamatan atau pengumpulan data, menganalisis dan menginterpretasi data, merumuskan kesimpulan, melaporkan hasil.


Dari kedua defenisi penelitian ilmiah atau pengertian penelitian dan ilmiah tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian penelitian Ilmiah sebagai berikut:

Pengertian Penelitian Ilmiah


Penelitian ilmiah adalah proses yang sistematis untuk mendapatkan jawaban yang akurat terhadap pertanyaan yang signifikan dan relevan menggunakan metode ilmiah dalam mengumpulkan dan menginterpretasi informasi.

Setelah kita mengetahui tentang pengertian penelitian ilmiah, selanjutnya tulisan ini akan mengulas jenis-jenis penelitian ilmiah. Jenis-penelitian ilmiah secara besar dapat di golongkan menjadi tiga, yaitu:

  • Aplikasi, contoh penelitian ilmiah aplikasi adalah Penelitian Dasar, Penelitian Terapan, Penelitian Pengembangan, Penelitian Pengembangan Teknologi, Penelitian Pengembangan Industri
  • Sifat, Eksploratif, Deskriptif, Eksplanatif atau Korelasi, Eksperimen
  • Informasi pendekatakan metedologis, penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif

Demikianlah untuk pengertian penelitian ilmiah dan jenis penelitian ilmiah, semoga mampu memberikan gambaran bagi siapapun yang ingin atau akan melakukan penelitian ilmiah. Simak juga artikel lainnya:

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *