14+ Pengertian Penelitian, Kegunaan, Syarat, Cara Berfikir, dan Sikapnya Menurut Ahli {Terlengkap}.

Posted on

14+ Pengertian Penelitian, Kegunaan, Syarat, Cara Berfikir, dan Sikapnya Menurut Ahli

pengertian penelitian

indonesiastudents.comPenelitian menjadi suatu hal yang lekat dalam dunia pendidikan, hal ini didasakan bahwa hampir semua jenjang pendidikan mengharuksan kepada peserta didiknya untuk melakukan laporan berdasarkan pengamatan, telaah, yang kemudian hal ini menjadi lazim dikenal dengan penelitian.

Baca: Pengertian Hipotesis Penelitian dan Contohnya Menurut Ahli

Penelitian yang lekat dikenal dengan riset penting untuk diketahuai oleh setiap peserta didik, oleh karena itulah pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian penelitian menurut para ahli.

Pengertian Penelitian


Penelitian adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk menarik kesimpulan yang dapat dipercaya kebenarannya, yang bisanya dilakukan dengan sadar dan teliti menurut prosedur ilmiah

Sedangkan pengertian penelitian menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

Marzuki

Penelitian adalah suatu usaha untuk mengumpulkan, mencari dan menganalisa fakta mengenai suatu masalah.

Supranto

Penelitian adalah kegiatan yang dijalankan untuk memperoleh fakta atau prinsip dengan sabar, hati-hati dan sistematis

Sutrisno Hadi

Penelitian adalah suatu usaha untuk menemukan suatu untuk mengisi kekosongan atau kekurangan, mengembangkan atau memperluas

Soerjono Soekanto

Ahli ilmu sosiologi dari Indonesia ini mengemukakan, bahwa penelitian adalah kegiatan ilmiah yang harus didasarkan pada analisis serta konstruksi dengan cara sistematis, konsisten, dan metodologis. Sehingga hasil yang dikemukakan menunjukan kebenaran.

Sanapiah Faisal

Menurutnya, penelitian adalah aktivitas yang dilakukan dalam menelaah bentuk permasalahan melalui metode ilmiah sebagai upaya untuk mengemukakan pengetahuan baru.

Donald Ary.

Menurutnya, definisi penelitian adalah penerapan ilmu pengetahuan dengan menggunakan pendekatan ilmiah, sehingga mampu menghasilkan pengkajian masalah tertentu guna memperoleh informasi yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan juga hukum.

John

Menurutnya, penelitian adalah upaya yang dilakukan oleh peneliti dalam mengemukakan fakta melalui metodologi yang objektif dan sistematis sehingga mampu mengulas dan menghasilkan pengetahuan baru.

Woody

Menurutnya, penelitian adalah metode yang menujukan pemikiran yang kritis sehingga mampu mengatasi permasalahan melalui uji coba yang metodologis.

Parson

Menurutnya, penelitian adalah suatu usaha yang dialkukan dengan cara yang sistematis dengan menggunakan metodologi tertentu dalam upaya memecahakan bentuk permasalahan.

Hill Way

Menurutnya, penelitian adalah pembelajaran atau pendidikan yang lekat dengan sifat kehati-hatian sehingga hasilnya dapt dipercaya.

Sukmadinata

Menjelasan dalam buku nya. Bahwa penelitian adalah proses pengumpulan dan analisis yang dilakukan dengan logis dan sisematis sehingga dapat dipergunakan atau diterapkan dalam ilmu pengetahuan.

Mohamad Ali

Penelitian menurutnya adalah cara yang dilakukan untuk memahami suatu bentuk permasalahan melalui proses mencaraian bukti sehingga diperoleh hasil yang memuaskan.

Supadmoko

Dalam hal ini, arti penelitian adalah bentuk usaha yang dilakukan untuk menghasilkan fakta baru berdasakan metodologi tertentu.

Dari 14 pengertian penelitian menurut para ahli diatas dapatlah dikatakan jika peneltian adalah suatu aktivitas ilmiah yang menggunakan motode ilmiah logis dan sistematis untuk menguji atau verifikasi suatu atau beberapa hipotesa terhadap satu atau beberapa masalah dengan proses mengumpulkan data.

Penelitian menjadi hal yang sangat penting dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan, baik akademisi, siswa, mahasiswa, atau yang lainnya. Alasan hal ini penting karena menelitian memiliki berbagai keguanaan.

Keguanaan penelitian


Kegunaan penelitian antara lain sebagai berikut;


  • Untuk memperkuat ilmu pengetahuan

  • Membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan
  • Memecahakan permasahalan dengan solusi baru, yang lebih mudah atau efesien
  • Memperkaya bidang ilmu pengetahuan tertentu

Syarat Penelitian


  • Sistematis, dilaksanakan berdasarkan pola tertentu

  • Terencana, ada unsur kesengajaan dan telah ditentukan langkah-langkahnya
  • Mengikuti konsep ilmiah, artinya dalam penelitian yang dilakukan harus berdasarkan konsep ilmiah yang sudah di legal atau disahkan

Cara Berfikir Peneliti


  • Skeptis, selalu menanyakan bukti atau fakta

  • Analitis: menganalisa setiap pernyataan
  • Kritis: berpikir berdasarkan logika dan data
  • Jujur, penelitian harus memiliki sikap jujur. Artinya tidak boleh memanipulasi hasil penelitian yang dilakukan
  • Terbuka, dalam cara peneliti ialah mampu untuk menerima saran dan juga kritikan dari pihak-pihak lain.

Sikap Penelitian


  • Objektif: memisahkan pendapat pribadi dan fakta
  • Kompeten: memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan
  • Faktual: peneliti berkerja berdasarkan fakta yang diperoleh

Adapun sebagai upaya memperjalan pembahasan tentang penelitian, penting bagi tulisan ini untuk mengemukakan tentang prosedur penelitian, diantaranya membuat rancangan penelitian dan pelaksanaan penelitian. Membuat rancangan penelitian meliputi berbagai aspek antara lain, memilih masalah tertentu, berusaha untuk melakukan studi dalam pendahuluan, merumuskan masalah-masalah dari hasil penelitian, merumuskan hipotesa, memilih suatu bentuk pendekatan, menentukan variabel dan juga mencari sumber data. Sedangkan untuk pelaksaan penelitian meluputi menentukan dan menyusun instrument, mengumpulkan data, analisis data, dan menarik kesimpulan.

Demikianlah pembahasan mengenai 14 pengertian penelitian, kegunaan, syarat, cara berfikir, dan sikapnya menurut ahli. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Penelitian”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

 

Rate this post