4 Pengertian Metode Pembelajaran Ceramah Dan Jenisnya Menurut Ahli

Diposting pada

Metode Pembelajaran Ceramah– Berbagai jenis metode pebelajaran yang ada, barangkali yang paling sering dilakukan oleh tenaga pendidik di Indonesia bahkan diseluruh dunia adalah metode pembelajaran ceramah atau yang dikenal dalam Bahasa Inggris adalah preaching method. Alasan metode pembelajaran ceramah banyak dilakukan karena sampai saat ini metode tersebut dianggap efektif dan efesien meskipun memiliki kekuarang dan kelebihan.

Penerapan metode pembelajaran ceramah ini melibatkan beberapa unsur dalam dunia pendidikan, unsur tersebut antara lain peserta didik, tenaga pendidik, tujuan pembelajaran atau meteri pembelajaran, dan media (bisa dengan bentuk power point).

Baca: Pengertian Metode Pembelajaran Kooperatif Menurut Para Ahli

Adapun pengertian metode  pembelajaran ceramah jikalau didefenisikan atau diartikan secara sederhannya adalah sebagai berikut:

Pengertian Metode Pembelajaran Ceramah


Metode pembelajaran ceramah dapat diartikan sebagai model pembelajaran yang mengandalkan indra pendengaran bagi peserta didik karena tenaga pendidik menyampaikan pengetahuan tersebut melalui lisan dengan waktu dan tempat tersentu.

Sebagai pengertian lebih lanjut penting pula untuk disertakan pengertian metode pembelajaran ceramah menurut para hali yang berasal dari disipilin ilmu pendidikan.

Pengertian Metode Pembelajaran Ceramah Menurut Para Ahli

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian metode ceramah menurut para ahli;

Muhibbin Syah
Memberikan pengerian bahwa metode pembelajaran ceramah adalah metode yang dilakukan pengajar dalam mengajar melalui lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya peserta didik mengikuti pelajaran tersebut secara pasif.

Blight
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran ceramah adalah metode pembelajaran yang tidak cocok jika disampiakan untuk pemberi materi keterampilan karena peserta didik hanya sebatas paham tapi tidak mengerti.

Winarno Surahmad, M.Ed
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran ceramah adalah penerangan dan penuturan secara lisan oleh tenaga pendidikn (guru), sedangkan murid hanya sebatas mendengarkan dengan teliti, serta mencatat yang pokok dari yang telah dikemukakan.

Gilstrap dan Martin
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran ceramah adalah proses belajar yang dilakukan dengan membaca kemudian diartikan secara umum sebagai akibat dari guru menyampaikan pelajaran dengan membaca dari buku dan mendiktekan pelajaran dengan penggunaan buku yang telah dilakukan.

Dari 4 pengertian metode pembelajaran ceramah menurut para ahli diatas dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran ceramah pada umumnya dilakukan oleh tenaga pendidik yang menyampaikan materi secara langsung, guru menempati peran utama sedangkan peserta didik hanya menjadi subjek dari proses pengajaran.

Setelah kita memberikan pengertian metode pembelajaran ceramah, selanjutnya tulisan ini akan mengulas tentang jenis-jenis metode pembelajaran ceramah yang bis dilakukan oleh tenaga pendidik, diantranya:

Jenis-Jenis Metode Pembelajaran Ceramah


Berikut adalah macam-macam atau jenis metode pembelajaran ceramah;

  1. Metode Ceramah Plus Tanya Jawab dan Tugas (CPTT)
  2. Metode ceramah plus diskusi dan tugas (CPDT)

Demikianlah ulsan mengenai pengertian metode pembelajaran ceramah beserta dengan jenis-jenis metode pembelajaran ceramah yang bisa dilakukan oleh tenaga pendidik atau calon tenaga pendidik, semoga bermanfaat. Trimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *