Pengertian Pengembangan, Jenis, dan Contohnya

Posted on

Pengembangan Adalah

Istilah pengembangan bersifat universal karena dapat diterapkan dalam berbagai bidang kajian, misalnya dalam bisnis ada istilah pengembangan produk dan pengembangan karyawan, sedangkan dalam bidang pendidikan ada istilah pengembangan kurikulum, pengembangan bahan ajar, bahkan ada pula istilah dalam arti penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan R and D (research and development).

Dalam konteks pembangunan, definisi pengembangan selama ini dikenal sebagai pengembangan sektor ekonomi. Misalnya pengembangan dalam konteks pembangunan pariwisata yaitu melalui pengembangan produk wisata (obyek wisata), pengembangan strategi pemasaran dan lain-lain. Dalam arti lain, pengembangan merupakan upaya meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang pengembangan, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, jenis, dan contoh pengembanagan.

Pengembangan

Pengembangan adalah proses yang menciptakan pertumbuhan, kemajuan, perubahan positif atau penambahan komponen fisik, ekonomi, lingkungan, sosial dan demografis. Tujuan pengembangan adalah peningkatan tingkat dan kualitas hidup penduduk, dan penciptaan atau perluasan pendapatan daerah setempat dan peluang kerja, tanpa merusak sumber daya lingkungan.

Selama bertahun-tahun, para profesional dan berbagai peneliti mengembangkan sejumlah definisi dan penekanan untuk istilah “pengembangan“. Amartya Sen, misalnya, mengembangkan “pendekatan kemampuan” yang mendefinisikan pembangunan sebagai alat yang memungkinkan orang untuk mencapai tingkat tertinggi dari kemampuan mereka.

Sebaliknya, para profesional seperti Jeffrey Sachs dan Paul Collier berfokus pada mekanisme yang mencegah atau menekan pengembangan di berbagai negara, dan menyebabkan mereka berlama-lama hidup dalam kemiskinan selama puluhan tahun. Ini adalah berbagai perangkap kemiskinan, termasuk perang saudara, sumber daya alam, dan kemiskinan itu sendiri.

Identifikasi jebakan ini memungkinkan berkaitan dengan kondisi politik – ekonomi – sosial di suatu negara dalam upaya untuk memajukan pembangunan.

Salah satu penekanan dalam karya Jeffrey Sacks adalah promosi pembangunan berkelanjutan, yang percaya pada pertumbuhan dan pembangunan dalam rangka meningkatkan standar hidup bagi warga dunia saat ini, melalui berkaitan dengan kebutuhan sumber daya lingkungan dan generasi mendatang.

Pengertian Pengembangan

Secara etimologi, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,  berasal dari kata kembang yang artinya menjadi tambah sempurna (tentang pribadi, fikiran, pengetahuan dan sebagainya), sehingga pengembangan berarti proses, cara, perbuatan. Sedangkan, menurut istilah pengembangan artinya penyusunan, pelaksanaan, penilaian dan penyempurnaan dalam suatu kegiatan.

Pengertian Pengembangan Mneurut Para Ahli

Adapun definisi pengembangan menurut para ahli, antara lain:

Merriam Webster

Definisi pembangunan adalah:

  1. Tindakan, proses, atau hasil dari pengembangan ide-ide baru
  2. Keadaan sedang mengembangkan proyek dalam pembangunan
  3. Sebidang tanah yang telah tersedia atau dapat digunakan

Cambridge Dictionary

Pengembangan adalah proses di mana seseorang atau sesuatu tumbuh atau berubah dan menjadi lebih maju.

Business Dictionary

Definisi pembangunan mencakup:

  1. Penggunaan sistematis pengetahuan ilmiah dan teknis untuk memenuhi tujuan atau persyaratan tertentu.
  2. Perpanjangan aspek teoritis atau praktis dari suatu konsep, desain, atau penemuan.
  3. Proses transformasi ekonomi dan sosial yang didasarkan pada faktor budaya dan lingkungan yang kompleks beserta interaksinya.
  4. Proses penambahan perbaikan pada sebidang tanah, seperti penilaian, subdivisi, drainase, akses, jalan, utilitas.

Undang-Undang  Republik  Indonesia  Nomor  18  Tahun  2002

Pengembangan   merupakan   kegiatan   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi  yang memiliki tujuan untuk memanfaatkan kaidah  dan  teori ilmu pengetahuan yang telah terbukti kebenarannya   untuk   meningkatkan   fungsi,   manfaat,   dan   aplikasi   ilmu pengetahuan  dan  teknologi  yang  telah  ada,  atau  menghasilkan  teknologi  baru.

Seels  dan  Richey

Seel dan Richey memberikan definsi pengembangan khsusnya berkaitan dengan pengembangan bahan ajar. Dalam hal ini pengembangan dapat diartikan sebagai proses menterjemahkan atau menjabarkan spesifikasi   rancangan kedalam  bentuk  fitur  fisik. Pengembangan  secara khusus  berarti  proses  menghasilkan bahan-bahan  pembelajaran.

R.Wayne Mondy and Robert M Noe

R.Wayne Mondy and Robert M Noe juga mendefinisikan bahwa “Development is learning that goes beyond today’s job and has a more long-term focus”, yang kurang lebih artinya adalah   pengembangan pembelajaran yang melampaui tugas saat ini dan memiliki fokus jangka panjang yang lebih.

H.Malayu. S.P Hasibuan

Pengembangan dapat didefinisikan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan atau jabatan melalui pendidikan dan pelatihan. Selengkapnya, baca; Langkah Langkah Penelitian Pengembangan

Jenis Pengembangan

Jenis pengembangan dapat dikelommpokkan menjadi 2 yaitu, sebagai berikut;

Pengembangan secara informal

Pengembangan secara informal merupakan suatu proses dimana seorang karyawan atas keinginan dan usahanya sendiri berupaya untuk melatih dan mengembangkan dirinya misalnya dengan cara mempelajari buku-buku literatur yang ada kaitannya dengan pekerjaan atau jabatannya.

Pengembangan secara informal tersebut menunjukan bahwa karyawan memiliki keinginan keras untuk maju dengan cara meningkatkan kemampuan kerjanya. Hal ini akan bermanfaat bagi arti daya saing perusahaan sebab prestasi kerja karyawan semakin besar, disamping efisiensi dan produktifitasnya juga semakkin baik.

Pengembangan secara formal

Pengembangan secara formal dapat diartikan sebagai suatu proses dimana seorang karyawan diberi tugas oleh perusahaan untuk mengikuti pendidikan atau latihan, baik yang dilakukan perusahaan maupun yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga pendidikan atau pelatihan.

Perusahaan melakukan upaya pengembangan tersebut karena tuntutan pekerjaan saat ini ataupun masa datang, yang sifatnya nonkarier atau peningkatan karier seorang karyawan.

Contoh Pengembangan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa istilah pengembangan pada dasarnya berlaku universal untuk berbagai hal atau bidang. Berikut ini contoh-contoh upaya pengembangan yang biasa kita dengar, misalnya yaitu:

Pengembangan Bisnis

Ini merupakan istilah pengembangan dalam bidang bisnis. Pengembangan bisnis mencakup tugas dan proses untuk mengembangkan dan mengimplementasikan peluang pertumbuhan di dalam dan di antara organisasi. Ini merupakan bagian dari bidang bisnis, perdagangan, dan teori organisasi.

Pengembangan bisnis dapat didefinisikan sebagai tugas dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan bisnis, tapi tidak termasuk keputusan strategis dan implementasi dari peluang pertumbuhan bisnis.

Pengembangan bisnis dapat diartikan sebagai kegiatan apa pun baik oleh organisasi kecil atau besar, atau perusahaan nirlaba yang melayani tujuan ‘mengembangkan’ bisnis dengan cara tertentu. Selain itu, kegiatan pengembangan bisnis dapat dilakukan secara internal atau eksternal oleh konsultan pengembangan bisnis. Selengkapnya, bacaPengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli

Pengembangan Produk Baru (New Development Product)

Sebagaimana contoh pengembangan pada poin pertama, istilah pengembangan produk baru juga masih dalam bidang bisnis, dan terkadang dalam bidang teknik. Pengembangan produk baru (NPD) mencakup proses lengkap hingga membawa produk baru ke pasar. Aspek utama NPD adalah desain produk, bersama dengan berbagai pertimbangan bisnis.

Pengembangan produk baru digambarkan secara luas sebagai transformasi peluang pasar menjadi produk yang tersedia untuk dijual. Produk dapat berwujud (sesuatu yang fisik dapat disentuh seseorang) atau tidak berwujud (seperti layanan, pengalaman, atau kepercayaan), meskipun terkadang layanan dan proses lainnya dibedakan dari “produk“. NPD membutuhkan pemahaman tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan, lingkungan yang kompetitif, dan sifat pasar.

Pengembangan Profesional

Istilah ini pun masih dalam lingkup bisnis. Pengembangan professional adalah pembelajaran untuk mendapatkan atau mempertahankan kredensial profesional seperti gelar akademik melalui kursus formal, menghadiri konferensi, dan peluang belajar informal yang terdapat dalam praktik.

Ini telah digambarkan sebagai intensif dan kolaboratif, idealnya menggabungkan tahap evaluatif. Ada berbagai pendekatan untuk pengembangan profesional, termasuk konsultasi, pembinaan, komunitas praktik, studi pelajaran, pendampingan, pengawasan reflektif dan bantuan teknis.

Pengembangan Pribadi atau Pengembangan Personal

Istilah ini dapat digunakan dalam lingkup biologi dan kedoketran. Pengembangan pribadi meliputi semua aktivitas yang bisa meningkatkan kesadaran dan identitas, mengembangkan bakat dan potensi, membangun sumber daya manusia dan memfasilitasi kemampuan kerja, meningkatkan kualitas hidup serta berkontribusi pada perwujudan impian dan aspirasi.

Pengembangan pribadi terjadi sepanjang hidup seseorang. Konsep ini melibatkan kegiatan formal dan informal dengan melibatkan peran dari, misalnya guru, pembimbing, konselor, manajer, pelatih kehidupan atau mentor. Ketika pengembangan pribadi terjadi dalam konteks institusi, itu mengacu pada metode, program, alat, teknik, dan sistem penilaian yang mendukung pengembangan manusia pada tingkat individu dalam organisasi.

Pengembangan Perangkat Lunak (Software)

Istilah pengembanagn ini biasanya digunakan dalam lingkup komputasi. Pengembangan perangkat lunak adalah proses penulisan dan pemeliharaan kode sumber, tetapi dalam arti yang lebih luas, ini mencakup semua yang terlibat antara konsepsi perangkat lunak yang diinginkan hingga manifestasi akhir perangkat lunak, kadang-kadang dalam proses yang direncanakan dan terstruktur.

Oleh karena itu, pengembangan perangkat lunak dapat mencakup penelitian, pengembangan baru, pembuatan prototipe, modifikasi, penggunaan kembali, rekayasa ulang, pemeliharaan, atau kegiatan lain apa pun yang menghasilkan produk perangkat lunak.

Nah, itulah tadi penjelasan secara lengkap atas materi terkait pengertian pengembangan menurut para ahli, jenis, dan contohnya yang ada di dalam kehdupan bermasyarakat. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan wawasan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Rate this post