Pengertian Perkembangan Peserta Didik Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Perkembangan Peserta Didik

Perkembangan Peserta Didik– Peserta didik adalah aset utama dalam dunia pendidikan, dimana peserta didik selalu menjadi harpan sekaligus tanggung jawab tenaga pendidikan (guru) untuk mengelolanya dengan baik. Ada banyak hal yang perlu dikta kehui dibalik pengertian perkembangan peserta didik. Oleh karena itu dalam upaya mempertegas pengertian tersebut indonesiastudents.com akan mencoba memberikan pengertian perkembangan peserta didik.

Perkembangan Peserta Didik

Perkembangan peserta didik dapat diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia yang dimulai dengan periode masa bayi, anak pemain, anak sekolah, masa remaja sampai periode adolesense menjelang seorang anak dewasa. Pengertian tersebut diutarakan dari berebai aspek tentang defenisi peserta didik menurut ahli, berkut ini pengertian peserta didik menurut para ahli pendidikan;

Pengertian Peserta Didik Menurut Para Ahli

Bertikut ini adalah definisi perkembangan peserta didik menurut pendapat para pakar.

Abdul Mujib (2006)

Menurutnya, memberikan pengertian bahwa peserta didik adalah bentuk penyebutan murid yang mengisyaratkan atau menunjukan dalam pendidikan formal dan non formal. Hal ini di dasari pada kebutuhan peserta didik di sekolah yang memerlukan kajian demi meningkatkan pengetahuan dan wawasannya.

Ahmad Tafsir (2006)

Menurutnya, definisi peserta didik sebagai simbul penyebutan adanya suatu hubungan antara tenaga pendidik dan murid yang dilakukan dengan bentuk pengajaran atau adanya transfer ilmu dari guru sebagai objek dan murid sebagai objek.

Barnadib (1989)

Barnadib mengingkapkan bahwa peserta didik adalah tiap kelompok individu yang menerima ilmu pengetahuan dari tenaga pendidikan yang menjalankan kegiatan pendidikan. Bagi kegiatan pendidikan dalam bentuk formal seperti sekolah ataupun dalam bentuk non formal seperti lembaga kursus, palahtihan, dan lain sebaginya.

Abuddin Nata (2005)

Menurutnya, arti peserta didik adalah seseorang yang sedang berada dalam proses pebelajaran sebagai objek yang dalam perkembangan dan pertumbuhannya dilakukan menurut fitrahnya masing-masing. Kajian ini dilakukan dalam meninjau manfaat mempelajari peserta didik yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan keilmuannya.

Rahardjo (1999)

Menurutnya, arti peserta didik sebagai objek dari sebuah pendidikan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan formal atas nama penelitian ilmiah sehingga apa yang dikaji dapat dipertanggungjawabankan bagi setiap orang dan objek penelitian yang terlibat. Selengkapnya, baca; Pengertian Penelitian Ilmiah Beserta Jenis Penilitian Ilmiah

Dari 4 pengertian perkembangan peserta didik diatas dapat dikatakan bahwa pada hakekatnya peserta didik adalah semua orang yang sedang berada dalam proses pembelajaran, baik itu laki-laki atau perempuan. Selain itu peserta didik adalah objek dari pendidikan yang sedang dijalankan teresebut.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian perkembangan peserta didik menurut para ahli, semoga bermanfaat bagi siapapun yang sedang mempelajari hakekat arti peserta didik, baik yang ada di sekolah formal atapun dalam bentuk pendidikan non formal seperti pada lembaga kursus, pelatihan, dan lain sebaginya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *