Pengertian Pramuka Penegak, Tingkatan dan Istilah Kata Lainnya Lengkap

Posted on

pramuka penegak

Pramuka Penegak pada hakekatnya berasal dari dua kata, yaitu pramuka dan penegak. Penegak sendiri  lahir dari kata dasar ‘tegak’. Definisi ini menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI) artinya berdiri dan diberi imbuhan pe- yang mempunyai makna ‘menjadi’. Apabila disatukan maka pengertiannya menjadi berdiri atau menjadi tegak atau menegakkan. Sehingga diharapkan pramuka penegak dapat berdiri tegak sendiri dengan kemampuan dan kekuatan dirinya sendiri tentunya tak bisa terlepas dengan arahan orang dewasa. Pramuka penegak hampir tersedia diseluruh institusi pendidikan di Indonesia sama halnya dengan pramuka penggalang.

Pramuka Penegak

Pramuka penegak adalah jenis gerakan paramuka Indonesia yang memiliki batasan-batasan usia sehingga tergolong menadi penegak. Usia dan kriteria pendidikan menjadi salah satu unsur utama dalam penentuan pramuka di Indonesia. Oleh karena itulah penting bagi tulisan ini untuk memperjelas batasan-batas penyebutan untuk pramuka peenegak.

Batasan-Batasan Pramuka Penegak

  • Pramuka penegak merupakan golongan pramuka yang berusia antara 16 sampai dengan 20 tahun (berdasarkan AD/ART Gerakan Pramuka).
  • Tingkatan usia ini biasanya seseorang pelajar/siswa
  • Pelajar atau para siswa dan siswi dalam pramuka penegak ini masih berada di jenjang pendidikan SMA/MA/SMK/Sederajat

Adapun sebagai ulasan lebih lanjut mengenai pengertian pramuka penegak, berikut indonesiastudents.com akan mengulas tentang pengertian pramuka penegak, tingkatan pramuka penegak, dan istilah kata dalam pramuka penegak

Pengertian Pramuka Penegak

Pramuka penegak adalah golongan dalam pramuka untuk seseorang yang berusia 16-20 tahun. Salah satu syarat menjadi pramuka penegak ialah melewati masa yang dikenal dengan ‘tamu ambalan’. Selama menjadi tamu ambalan, calon pramuka penegak wajib untuk mengikuti acara-acara tertentu dalam ambalan hingga kemudian ia dilantik dalam sebuah upacara penerimaan tamu ambalan.

Masa latihan bakti dan masa-masa persiapan pengabdian ini kemudian dilanjutkan dengan masa menerapkan hasil latihan. Maka Penegak disini digambarkan sebagai kader yang memang sudah dipersiapkan untuk dapat memberikan sumbangsih bagi masyarakat luas

Dalam suatu pola kaderisasi atau pembinaan disebutkan ada 2 tingkatan dalam Pramuka Penegak, tingkatan tersebut ialah pramuka penegak bantara dan pramuka penegak laksana. Sebagai penjelasan lebih lanjut sebagai berikut;

Tingkatan Pramuka Penegak

 Dua jenis dalam pramuka penegak, antara lain sebagai berikut;

Penegak Bantara

Penegak bintara adalah seseorang yang dinilai sudah sadar akan dirinya, sadar akan fungsinya sebagai bagian masyarakat dan mampu menjadi bagian perubahan yang postif kedalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini sesuai dengan pengertian pramuka itu sendiri.

Penegak Laksana

Pengertian penegak laksana adalah pelaksana jati diri sebagai seorang pramuka agar ia mampu mengaplikasikan semua potensi yang dimiliki untuk lebih baik. Penegak lanksa diharapkan mampu memberikan sumbangsih nyata dengan berkarya menyelesaikan permasalah pelik dalam masyarakat.

Setelah tingkatan dalam pramuka penegak tersebut ada beberapa istilah yang harus dipahami oleh seseorang yang akan menjadi pramuka penegak atau ingin memasuki pramuka penegak. Berikut inilahh istilah yang lazim dikenal dalam Pramuka Penegak.

Pengertian Ambalan, Racana, Dewan Kerja, Satuan Karya, Kelompok Kerja dan Sangga Kerja

Ambalan

Pengertian ambalan ialah suatu wadah pembinaan bagi para Penegak di tingkat Gugus Depan, dalam ambalan ini terdiri dari Penegak, calon Penegak dan Tamu ambalan. Ketiga jenis ini saing berkiatan serta mempengaruhi sesuai dengan peran dan fungsinya sendiri.

Dewan Kerja

Dalam Pramuka Penegak diartikan sebagai suatu wadah pengembangan mengenai kepemimpinan yang dilakukan dalam Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di tingkat kwartir yang beranggotakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Satuan Karya

Satuan karya adalah ialah suatu wadah pembinaan dalam Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, yang bertujuan untuk menambah ketrampilan juga pengetahuan khusus. Anggotakan satuan karya ini biasanya para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Kelompok Kerja

Kelompok kerja dalam pramuka penegak adalah suatu wadah pembinaan dalam Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang bertujuan untuk proses belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta ketrampilan tertentu dalam upaya membentuk kepribadian yang baik.

Sangga Kerja

Sangga kerja ialah suatu wadah pembinaan dalm Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk melaksanakan berbagai program kegiatan. Biasanya satuan kerja terdiri dari para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang dinilai mempunyai tugas melaksanakan program kegiatan Ambalan dan rencana dari Dewan Kerja.

Artikel terkait;

  1. Bapak Pramuka Indonesia Beserta Biografinya
  2. Lambang Pramuka (Dunia +Indonesia): Pengertian dan Penjelasanya
  3. Pengertian Pramuka Penggalang dan Kode Kehormatannya

Demikianlah ulasan atas pembehasan pengertian pramuka penegak, tingkatan dalam pramuka penegak serta pengertian istilah lain dalam pramuka penegak. Seperti pengertian ambalan, dewan kerja, satuan karya, kelompok kerja, dan sangga kerja. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencarai referensi atas arti “Pramuka Penegak” Trimakasih,

Rate this post