Pengertian Pidato, Jenis, dan Tujuannya Lengkap

Diposting pada

indonesiastudents.com– Pidato barangkali menjadi salah satu kata yang tidak asing lagi bagi kita, dimana kata ini menjadi bagian yang tak terlupakan dalam kegiatan masyarakat, baik kegiatan pemerintahan, agama, atau yang lainnya.

Baca: Contoh Naskah Pidato Yang Pernah Juara dalam Lomba

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan mencoba menulas serta membahas seputar pidato, yang meliputi pengertian pidato, jenis-jenis pidato, dan juga tujuan pidato.

Pengertian Pidato


Pidato dapat diberi pengertian sebagai suatu komunikasi lisan yang disampaikan seseorang di depan khalayak untuk menyampaikan gagasan atau topik yang bersifat umum kepada pendengar (audiens) dan disampaikan bisa dalam situasi formal maupun nonformal dengan rangkaian kata yang tersusun secara sistematis.

Adapun pengertian pidato menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengandung dua makna, diantaranya yaitu;


  1. Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak

  2. Wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Sebagai tambahan dari urain diatas, perlu diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan dalam berpidato dinamakan orasi dan yang menyampaikan pidato tersebut disebut dengan orator.

Setelah kita membahas tentang pengertian pidato, selanjutnya tulisan ini akan mencoba memberikan Jenis-jenis pidato. Adapun jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut;

Jenis-Jenis Pidato


Jenis pidato ada tiga macam, yakni khotbah, ceramah, dan sambutan, untuk ulasannya sebagai berikut;

Khotbah
Khotbah adalah pidato yang menguraikan ajaran agama. Orang yang memberikan khotbah secara umum disebut pengkhotbah. Orang yang memberikan khotbah Jumat sebelum melaksanakan ibadah shalat Jumat bagi umat Islam disebut khotib.

Dalam kegiatan khotbah tidak ada tanya jawab. Pengkhotbah hanya menyampaikan isi khotbah tentang ajaran agama: menyerukan perintah dan larangan sesuai ajaran agama, sedangkan jamaah hanya mendengar dan menyimak serta menghayati dari materi yang disampiakan.

Ceramah
Ceramah adalah pidato oleh seseorang dihadapan banyak pendengar tentang suatu hal, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Orang yang memberikan ceramah disebut penceramah. Ceramah berbeda dengan khotbah.

Letak perbedaannya antara ceremah dan khotbah yaitu jikalau ceramah terdapat sesi tanya jawab dan temanya tidak khusus tentang ajaran agama. Jika topiknya tentang agama, disebut ceramah agama dan juga ada sesi tanya jawab dengan jamaah yang menghadiri.

Sambutan
Sambutan merupakan bagian daripada pidato. Sembutan bisa diartikan sebagai pidato yang disampaikan seseorang pada suatu acara. Sambutan dapat disampaikan lebih dari satu orang dalam satu acara. Isi pidato mengenai tema acara tersebut seperti sambutan upacara bendera, sambutan acara resepsi pernikahan, sambutan ketua panitia seminar, dan sebagainya

Disini terlihat bahwa sambutan merupakan komunikasi searah alias  tidak ada tanya jawab.

Ulasan selanjutnya adalah tentang tujuan pidato, adapun tujuan pidato antara lain ialah sebagai berikut;

Tujuan Pidato


Ada tiga tujuan pidato, yakni:

Informatif
Informatif dalam berpidato maksudnya pidato yang disampikan sekadar memberikan informasi atau keterangan kepada  pendengar. Pidato yang termasuk jenis ini adalah argumentatif dan deskriptif. Argumentatif adalah pidato yang bertujuan meyakinkan pendengar dan deskriptif bertujuan menggambarkan suatu keadaan. Misalnya: pidato tentang cara mengelola perusahaan yang baik, cara mengajar yang baik, pidato tentang ilmu pengetahuan (peran penting sistem belajar dengan e-learning), pidato tentang suasana peringatan hari buruh sedunia, dan sebagainya.

Persuasif
Perusasif adalah suatu pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, membujuk, mengajak pendengar agar  mengikuti ajakan-ajakan yang disampaikan orator. Misalnya: pidato saat musim suksesi (kampanye), pidato agama (menyeru untuk bersedekah), dan sebagainya.

Rekreatif
Rekreatif adalah suatu  pidato ini bertujuan memberikan hiburan atau membuat gembira pendengar. Misalnya: pidato pada acara ulang tahun, pesta, dan perayaan-perayaan lainnya.

Demikialah penjelasan seputar pidato, yang terdiri dari pengertian pidato, jenis-jenis pidato, dan tujuan pidato. Semoga dapat bermanfaat, bagi siapapun yang akan atau ingin memperdalami tentang pidato. Trimakasih, jangan lupa baca juga tentang pidato artikel lainnya;

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *