11 Tips Lulus SBMPTN Kedokteran, No 8 Penting

Posted on

sbmptn kedokteran

Tips Lulus SBMPTN Kedokteran– Hai sobat, hai para pejuang kedokteran.  Apa kabar kalian?. Apakah kalian sedang menunggu hasil SNMPTN Kedokteran atau kalian ingin tahu cara lulus di Fakultas Kedokteran? Yaa berdoalah semoga kalian menjadi salah satu yang lulus dan juga masuk di Fakultas Kedokteran. Walaupun lagi menunggu pengumuman SNMPTN jangan biarkan dirikalian semua galau dan lengah. Ingat, jika kalian adalah orang yang siap menghadapi segala tantangan, kalian pasti adalah orang yang selalu mempersiapkan segala sesuatu sebelum tantangan datang. Jadi, bersiaplah dalam menunggu pengumuman SNMPTN ini dengan mempersiapkan SBMPTN. Bukan berarti kalian tidak boleh percaya diri dengan kemampuan kalian, tapi lihat kembali jurusan yang kalian pilih.

Kalian memilih jurusan yang hampir dari setengah siswa kelas 3 SMA memilihnya. Kedokteran memang hampir di seluruh Universitas di indonesia memiliki jurusan tersebut, tapi perbandingan daya saing dengan daya tampung universitas berbeda jauh sekali. Data tahun sebelumnya nunjukan bahwa terhitung hanya  17% siswa diterima di perguruan tinggi negeri dari seluruh pendaftar SNMPTN. Data tersebut menunjukan sedikit sekali yang diterima dijalur SNMPTN, bisa kalian perkirakan berapa persen yang akan diterima di jurusan Kedokteran mungkin hanya 2-5% saja, kecil bukan?.

Nah, itu tadi alasan mengapa tidak boleh lengah, anggap saja SNMPTN adalah bonus dan  SBMPTN adalah hal yang pasti kalian hadapi. Jadi, bagaimana cara lulus kedokteran melalui jalur SBMPTN. Haduh, galau ya? Peluang keterima jalur SNMPTN semakin kecil? Pusing ya memikirkan UN sekaligus SBMPTN? Ok, Jangan dibawa galau. Ini  indonesiastudents.com bagikan, 11 tips lulus SBMPTN Kedokteran.

Tips Lulus SBMPTN Kedokteran

Ada 11 tips lulus SBMPTN agar kamu diterima di Fakultas Kedokteran (FK), jika kamu lakukan steep by steep meski bukan jaminan lulus tapi setidaknya bisa menambah wawasan dan pengetahuan terutama menambah kepercayaanmu untuk lulus SBMPTN Kedokteran.

Kuasai materi IPA (wajib dikuasai Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia)

Kenapa harus semua bidang IPA? Kenapa harus menguasai Matematika? Fisika? Biologi? dan Kimia juga? Nah, ini yang perlu sobat ketahui, didalam tes SBMPTN terdapat 4 mata pelajaran tersebut. Bukannya kedokteran cukup menguasai Biologi dan Kimia? Tidak. Kedokteran adalah jurusan yang kompleks, jurusan ini mengambil 4 mata pelajaran tersebut.

Bahkan ada beberapa Universitas yang menerima dengan nilai rata-rata akhir Matematika dan Bahasa Inggris di atas 90 dan Biologi cukup pada rata-rata nilai 80. Waw, mengapa bisa begitu?. Kedokteran adalah jurusan yang logis dan itu semua terdapat pada Matematika. Pelajaran matematika mengajarkan bagaimana kita harus memikirkan kelogisan dari permasalahan yang ada.

Kedokteran juga termasuk jurusan yang sangat di butuhkan di seluruh dunia sehingga menjadi jurusan internasional. Oleh karena itu kalian harus menguasai Bahasa inggris karena materi dan bahan ajar dijurusan hampir semua berbahasa inggris. Jika kalian menguasai dua itu kalian akan menguasai yang lainnya karena itu adalah modal untuk mendapatkan ilmu lainnya. INGAT!!!, pelajari Fisika, Kimia, dan Biologi juga. Artikel terkaitFaktor Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasisnya

Ubah Metode belajar

Anak SMA saat ini meiliki metode belajar yang instan, bukan tidak boleh tapi apakah hasilnya baik?. Metode belajar mereka ketika sudah mengerti dari satu bab mereka akan lanjut ke bab berikutnya. Cara ini ada benarnya tapi kurang efektif masih banyak kurangnya.

Ubah metode belajarkalian dari Mengerti dan Lanjut menjadi Mengerti, Latihan, dan Lanjut. Kenapa harus ada latihan? “kalian bisa karena biasa” ingat itu. Lakuakn latihan soal ketika kalian sudah mengerti materinya, lakukan latihan dari tingkat soal yang mudah, sedang, kemudain baru tingkat susah.

Pelajari soal pada latihan bab yangkalian pelajari, biasanya soal pada latihan bab itu urut semakin besar nomor soal semakin susah. Tapi soal yang ada di bab tersebut masih tergolong mudah, soal tingkat menengah ada di soal UN, dan soal tingkat menegah sekaligus susah ada di soal SBMPTN dan Olimpiade. Mungkin mengerjakan semua soal tersebut bakal memotong banayak waktu bermain tapi ini tentang masa depan kalian. Artikel terkaitPengertian Kemandirian Belajar dan Aspeknya

Ambil Star lebih dulu

Siap cepat dia dapat, Kenapa begitu? Cobakalian pikirkan lagi, jika kalian lebih dulu melatih diri sebelum teman-teman kalian makan kalian telah mempersiapkan banyak hal dari pada teman-teman kalian. Teman boleh teman, tapi teman kalian saat ini adalah pesaing kalian di SBMPTN ini. Oleh karena mereka teman kalian maka kalian harus bermain sehat dengan lebih dulu memper siapkan SBMPTN, dengan belajar lebih dulu itu tidak akan menyakiti mereka. Jangan mau kalah dengan mereka, disini masa depan kalian dipertaruhkan.

Pastikan UN kalian Lulus

Sebentar lagi UN akan tiba, dan kalian juga pasti sedang sibuk melakukan try out UN. Jadi, semangat untuk kalian semua yang sedang sibuk-sibuknya belajar. Gunakan waktu kalian sebaik-baiknya untuk menambah kemapuan kalian untuk menguasai materi. Ubah waktu main, kurangi hura-huranya banyakin diskusinya, belajar bersama-sama (jika kalian serius) itu efektif. Gunakan metode belajar di atas dengan teman-teman kalian, hampir semua orang berhasil karena melakukannya. Jadi, sekali dayung UN lulus dan SBMPTN siap.

Lakuan Bimbingan Belajar (BIMBEL)

Setelah UN, kalian sudah tidak belajar lagi di sekolah. Jadi, jika kalian mampu lakukanlah Bimbel ketempat LES atau Privat. Ditempat tersebut kalian akan dibimbing semaksimal mungkin untuk siap dan lulus kedokteran melalui jalur SBMPTN. Tapi, ingat bukan berarti ketika kalian Bimbel akan pasti lulus karena lulus kedokteran itu tergantung dari kalian sendiri bersungguh-sungguh atau tidak serta mampu atau tidak. Kalianpun tidak wajib mengikuti Bimbel di tempat LES atau Privat. Mengapa? Bimbel bisa kita lakukan sendiri dengan membimbing belajar diri kita sendiri utuk terus belajar.

Lihat Kemampuan Kalian

Selama melakukan bimbingan belajar kalian terus belajar materi, mengerjakan soal, dan mencari tips trik. Tapi, jangan lupa kemampuan kalian harus kalian lihat. Bagaimana melihatnya? Lakukan try out SBMPTN pada lembaga yang melaksanakannya atau dilakukan juga di lembaga tempat LES atau Privat kalian.

Harus Tahu Pasing Garde

Apa itu Pasing Grade? Sederhananya pasing grade itu tolak ukur untuk kalian bisa diterima. Angka yang menunjukan nilai minimal yang harus kalian peroleh untuk masuk ke jurusan yang kalian pilih. Setiap jurusan memiliki pasing grade yang berbeda dan setiap universitas juga berbeda. Kalian memilih jurusan kedokteran jadi harus tahu berapa pasing grade jurusan kedokteran di seluruh universitas indonesia.

Pilih Universitas yang akan Kalian Masuki

Sobat, kalian harus cermat memilih Universitas yang akan kalian pilih jurusan kedokterannya. Mengapa? Kalian lihat pada pengantar diatas peluang kalian sangat sedikit jadi bagaimana kita menggunakan peluang yang sedikit itu menjadi keberhasilan kita. Untuk memilih universitas lihatlah kemampuan kalian dan bandingkan dengan pasing grade jurusan kedokteran di universitas yang kalian pilih.

Jika pasing grade kemampuan kalian di bawah pasing grade jurusan tersebut kalian lebih baik memilih universitas lain dengan pasing grade jurusan kedokteran yang sebanding atau lebih kecil dari pasing grade kemampuan kalian. Jadi turunkan gengsi kalian dalam menentukan masa depan.

Persiapan Sebelum Tes

Anggap saja kita sedang bermain game perang, sebelum perang kita persiapkan dulu semua senjata dan strategi. Jika senjata sudah siap maka saat ini kita sususn strategi sebelum berperang. Pikirkan dan cari tau beberapa trik dalam menjawab soal SBMPTN tentu hal tersebut harus cermat dan kalian harus mencobanya saat melakukan try out SBMPTN. Jangan terlalu tegang bahkan stres ketika mempersiapkan tes SBMPTN karena bisa membuat kalain lupa tentang semua pelajaran yang kalian pelajari kemarin. Berdoalah dan bangun percaya diri kalian jangan persiapkan hal-hal yang bersifat curang karena itu membuat perjuangan kalian sia-sia.

Persiapan Saat Tes

Saat tes ini yang menentukan kalian diterima atau tidak, walau pun tidak langsung hari itu pengumumannya. Perhatikan bahwa kalian sehat sebelum tes, karena jika kalian tidak mengikuti tes ini maka kalian gagal masuk dengan jalur SBMPTN. Datanglah tepat waktu, bahkan jauh sebelum waktu tes dimulai kelokasi tes SBMPTN untuk melihat ruangan kalian.

Jangan tegang kemudian cek identits kalian sebelum mengerjakan soal. Kerjakan soal dari yang gampang dahulu, kenapa tidak dari yang susah? Kalian boleh tidak mengisi beberapa soal, jika kalian mulai dari yang susah pastinya yang gampang tidak terisi karena kehabisan waktu. Lakukan dengan cermat dan cepat.

Menunggu Hasil Tes

Ok sobat, tegang kita sudah mulai reda tapi masih gelisah ya?. Menunggu hasil tes tidak perlu tengang dan gelisah lagi. Mengapa? Eit, kalian selama ini sudah tegang , apa kalaian mau tegang terus? Kalian sudah berusha maksimal? Jika sudah berdoalah semoga kalian keterima di kedokteran. Lakukan lah olahraga, bermain, liburan, dan kumpul bareng teman untuk menghilangkan rasa khawatir kalian menunggu hasil tes keluar.

Artikel SBMPTN dan Kedokteran;

  1. Jurusan Minim Peminat SBMPTN dari 5 Universitas Terbaik
  2. Menjawab Apa itu SBMPTN?
  3. Perjuangan SBMPTN Kedokteran dari Mahasiswa Bidikmisi

Demikianlah ulasan mengenai 11 tips lulus SBMPTN Kedokteran atau cara lulus SBMPTN Kedokteran semoga bermanfaat dan dapat diterapkan oleh seluruh pelajar yang ada di Indonesia. Tetap semangat, dan trimakasih atas kunjungannya.

11 Tips Lulus SBMPTN Kedokteran, No 8 Penting
4.3 (86.67%) 3 vote[s]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *