7 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

7 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Promosi menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap individu, kelompok, organisasi, perusahaan, atau yang lainnya. Hal ini sangatlah penting mengingat promosi sendiri mampu mendorong peningkatan atas hasil yang diharpakan.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian promosi menurut para ahli;

Baca: Pengertian Wisata Bahari dan Penjelasannya Lengkap

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli


Promosi adalah suatu bentuk kegiatan yang diimplementasikan dalam menyampaikan pesan persuasif, baik berupa produk  jasa, barang, atau merek sehingga dapat memberikan pengetahuan awal bagi bagainya   konsumen  atau masyarakat.

Sedangkan pengertian promosi menurut para ahli, adalah sebagai berikut;

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli


Philip Kotler (1997)

Menurut Kotler promosi adalah kegiatan yang dilakukan  oleh suatu perusahaan untuk  dapat mengkomunikasikan berbagai manfaat dari produk yang dihasilkan. Tujuannya hal tersebut dilaukan untuk dapat konsumen.

Julian  Cummins  (1991)

Menurutnya, promosi  adalah teknik yang  dipergunakan oleh perusahaan atau masyarakat untuk  mencapai target penjualan dengan  menekan biaya   seefektif mungkin dan jangkan watu tertentu.

Anton Tejakusuma (2010)

Promosi menurutnya adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh individu atau perusahaan sehingga mampu penjualan. Promosi dalam arti ini dijadikan sebagai strategi untuk  mengajak konsumen melakukan transaksi.

Stanton (1993)

Promosi ialah kegiatan yang dilakukan untuk dapat memberikan informasi kepada konsumen atau masyarakat sehingga hal tersebut dapat memengaruhinya.

Saladin (2003)

Promosi dalam pengertian ini adalah unsur dalam pemasaran yang dilakukan untuk dapat memberitahukan, membujuk, serta mengingatkan kepada konsumen tentang produk yang dihasilkan.

Swastha (1991)

Promosi menurutnya adalah informasi yang bersifat mengajak kepada konsumen untuk dapat mengarahkan atau menggerakan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang diinginkan.

Zimmerer (2002)

Definisi promosi adalah segala jenis komunikasi yang bersifat mengajak sehingga promosi dilakukan dengan rancangan yang matang.

Dari 7 pengertian promosi menurut para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa promosi hakekatnya tidak hanya memiliki fungsi  sebagai alat komunikasi akan tetapi promosi berfungsi sebagai alat atau kegiatan untuk daoat mempengararuhi masyarakat atau konsumen.

Sedangkan menurut Peter dan Olson (2000), jenis-jenis promise terbagi menjadi emat macam, yaitu sebagai berikut;

Jenis Promosi

  1. Promosi Iklan
  2. Promosi Penjualan
  3. Promosi Personal
  4. Promosi Publitas

Demikianlah pembahasan mengenai 7 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan arti serta pemahaman kepada setiap pembaca yang sedang mencari referensi tentang “Promosi”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;