Pengertian Pupuk Organik Cair dan Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Pupuk Organik Cair Dan Penjelasannya Lengkap

Pengertian Pupuk Organik Cair

indonesiastudents.comPupuk Organik Cair yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan pupuk hijau adalah pupuk organik nabati, alasan dikatakan nabati karena pupuk ini berasal dari tanaman, seperti umbi-umbian, tumbuhan, dan juga buah-buahan.

Baca: Pengertian Agroforestry dan Penjelasannnya Menurut Ahli

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian pupuk organik, berikut indonesiastudents.com akan mencoba beberapa pengertian dari pupuk organik cair.

Pengertian Pupuk Organik Cair


Pupuk oraganik cair adalah pupuk yang berasal dari larutan dari berbagai pembusukan bahan-bahan organik yang bisanya berasal dari sisa-sisa tanaman, kotoran manusia, hewan yang dinilai memiliki kandungan unsur hara yang lebih, sehingga dapat dimanfaatkan kembali.

Sedangkan pengertin para ahli mengenai pupuk oraganik cair, diantaranya sebagai berikut;

Pengertian Pupuk Oraganik Cair Menurut Para Ahli


Karen (2004)

Menurutnya, pengertian pupuk oraganik cair adalah pupuk yang berasal dari berbagai jenis tanaman, buah-buahan, dan kotoran hewan yang diproses dengan sistem fermentasi dan enzimitasi secara modern.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, definisi pupuk organik cair adalah pupuk organik yang asal-muasalnya dari tanaman yang kemudian dibenamkan pada kurun waktu tertentu setelah dikomposkan.

Adapun dalam memperbaiki kimia, fisik dan biologis tanah. Pupuk organik di rombak  oleh organisme menjadi humus. Fungsi humus adalah sebagai sumber energi dan makanan  mikroorganisme tanah dalam menyediakan hara tanaman. Pemberian pupuk organik akan meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman (Balai Penelitian Tanah, 2005).

Kelemahan pupuk organik seperti kandungan hara tidak tinggi dan perlu waktu yang lebih lama untuk diserap oleh tanah (Hardjowigeno, 1995). Keunggulannya yaitu meningkatkan populasi jasad renik tanah, mempertinggi daya serap dan simpan air tanah dan memiliki kandungan hara yang diperlukan tanaman (Kurniadinata, 2008).

Keunggulan lainya yaitu memperbaiki sifat fisik tanah seperti permeabilitas, porositasstruktur, dan kation tanah (Sutedjo, 1995), serta mengandung unsur hara makro dan mikro yang lengkap (Karyaningsih et al, 2008).

Demikianlah ulasan atas penjelasan mengenai pengertian pupuk organik cair dan penjelasannya lengkap. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat memberikan pemahaman kepada etiap pembaca yang sedang mencari refrensi tetang “pupuk organik cair”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel yang lainnya juga;

  1. 6 Pengertian Alat Peraga Menurut Para Ahli Lengkap
  2. Langkah Langkah Penelitian Pengembangan Lengkap
  3. 4 Pengertian Penelitian Pengembangan Menurut Para Ahli
  4. Pengertian Metode Pembelajaran Saintifik Beserta Tujuannya Lengkap