11 Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli dan Cirinya Lengkap

Diposting pada

11 Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli dan Cirinya Lengkap

Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli dan Cirinya

indonesiastudents.comStruktur sosial menjadi pembahasan yang harus diketahui bagi setiap orang yang mengambil kosentrasi ilmu-ilmu bidang sosial, seperti sosiologi. Struktur sosial erat kaitannya dengan kehidupan di dalam masyarakat yang terpola atau berjenjanjang pada suatu bentuk tingkatan.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian struktur sosial menurut para ahli, dan ciri-ciri yang melakat pada struktur sosial.

Pengertian Struktur Sosial


Struktur sosial adalah susunan masyarakat secara sosial yang bentuknya bisa sama dan bisa juga berjenjang, istilah lain dinamakan dengan horizontal dan vartikal. Struktur sosial horizontal adalah pembedaan golongan dalam masyarakat yang memiliki nilai sama, meskipun berbeda, contohnya adalah wanita dan pria. Sedangkan untuk struktur sosial vartikal adalah pembedaan kelas dalam lapisan masyarakat yang didasarkan pada suatu hal yang dapat diukur, seperti kekayaan, jabatan, dan lain sebagainya.

Sedangkan pengertian struktur sosial Menurut Para Ahli, diantaranya sebagai berikut;

Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli


  1. George C. Homan, menurutnya pengertian struktur sosial adalah perilaku sosial elementer dalam kehidupan

  2. Kornblum, definisi struktur sosial adalah Pola perilaku individu dan kelompok
  3. Talcott Parsons, arti struktur sosial adalah keterkaitan antar manusia
  4. Coleman, mengartikan bahwa struktur sosial adalah pola hubungan manusia dan kelompok manusia
  5. Soerjono Soekanto, ahli sosiologi Indonesia ini memberikan arti struktur sosial sebagai hubungan timbal balik antara posisi dan peran sosial
  6. Abdul Syani, mengartikan bahwa secara umum struktur sosial adalah tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat.
  7. Polak, arti struktur sosial adalah tatanan dalam kehidupan masyarakat yang berfungsi sebagai pengawas sosial dan penanaman disiplin sosial kelompok atau masyarakat.
  8. Peter M Blau, menurutnya struktur sosial terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu intersected social structure dan consolidated social structure.
  9. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, menurutnya struktur sosial adalah segala sesuatu yang berkaitan erat dengan unsur sosial, baik kaidah sosial, norma sosial, lembaga sosial, ataupun strafikasi sosial
  10. Hendropuspito, arti struktur sosial adalah pembangian skema penempatan seseorang pada posisi yang pas sesuai dengan kemampuan dan kwalitas kelimuan yang dmilikinya, dalam suatu masyarakat
  11. Firth, struktur sosial berarti sebagai tatanan sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat sehingga mampu untuk melahirkan batasan yang dilakukan secara organisatoris atau tersistem.

Baca: 17 Pengertian Masyarakat Multikultural dan Cirinya Menurut Ahli Lengkap

Dari 11 pengertian struktur sosial menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa struktur sosial adalah segala sesuai yang tidak bisa terlepaskan dalam kehidupan masyarakat, karena dianggap memiliki nilai yang mampu memberikan gambaran mengenai proses kehidupan manusia.

Sedangkan untuk ciri-ciri yang ada pada struktur sosial dalam masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

Ciri Struktur Sosial


  1. Mengacu pada hubungan sosial

  2. Mencakup hubungan antarindividu
  3. Kebudayaan masyarakat
  4. Realitas sosial yang statis
  5. Terdapat peran empiris dan sebuah stabilitas

Ketidaksamaan Sosial Horizontal dan Vartikal

  • Ketidaksamaan sosial horizontal adalah perbedaan yang tidak menunjukkan tinggi rendahnya posisi seseorang
  • Ketidaksamaan sosial vertikal adalah perbedaan individu yang menunjukkan perbedaan posisi sosial seseorang

Adapun untuk faktor pembentuk ketidaksamaan sosial yang menyebabkan terjadinya struktur sosial, diantaranya ciri fisik, kemampuan atau potensi diri, geografis, budaya, dan latar belakang sosial. Demikianlah pembahasan mengenai 11 pengertian struktur sosial menurut para ahli dan cirinya serta diulas juga mengenai ketidaksamaan struktur sosial horizontal dan vartikal. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari arti “Struktur Sosial” Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;