15 Pengertian Ras Menurut Para Ahli (Super Lengkap)

Diposting pada

Pengertian Ras Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Istilah ras pada dasarnya berasal dari Bahasa Prancis “Race” yang bermakna akar.  Istilah ini banyak kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun secara sederhananya ras dapat diberi pengertian sebagai sistem klasifikasi yang dipergunakan untuk mengkategorikan manusia dalam setiap populasinya.

Baca: 8 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Kategori tersebut berdasarkan ciri fenotipe, asal usul geografis, suku, dan bentuk jasmani yang sangat berwarisi. Contoh ras ini dapat kita lehiat dalam kehidupan, misalnya saja dari bentuk jasmani. Orang Indonesia dan orang Amirika Serikat, Inggris, Jepang, dan lainnya memiliki bentuk jasmani yang berbeda.

Sebagai uraian lebih lanjut berikut pengertian ras menurut para ahli;

Pengertian Ras Menurut Para Ahli


Ada sekitar 15, pengertian ras menurut para tokoh, diantaranya sebagai berikut;

Chainur Arrasjid (1972)

Menurutnya, ras adalah sekelompok manusia yang mempunyai persamaan tertentu dari bentuk fisik dan karakteristik lainnya secara terus menerus.

Bruce J. Cohen

Memberikan arti ras sebagai kategori individu yang turun temurun memiliki kesamaan dari fisik dan biologis.

Horton Dan Hunt

Pengertian ras adalah sekumpulan manusia yang berbeda dengan kelompok manusia lainnya dalam segi fisik.

Stephen K. Sanderson

Definisi ras adalah sekelompok atau sekategori manusia yang memiliki kesamaan dalam diri mereka sehingga diindentifikasikan oleh orang lain, sebagai suatu bentuk perbedaan yang berlandasakan cirri fisik atau biologis.

Koentjaraningrat

Ahli sosiologi dari Indonesia ini, mengartikan ras sebagai golongan manusia yang menunjukkan perbedaan dari ciri tubuh dengan frekuensi yang tinggi.

Alex Thio

Mengartikan jika ras adalah sekumpulan orang yang dianggap oleh oleh orang lain memiliki ciri biologis yang tidak sama (berbeda).

Grosse

Menganyatakan jika ras adalah sekumpulan manusia yang bersatu karena kesamaan sifat jasmani serta rohani sehingga memiliki perbedaan dengan sekumpulan manusia lain.

Kohlbrugge

Mengartikan, jika ras adalah sekumpulan manusia yang memiliki persamaan keturunan dalam segi jasmanimya akan tetapi untuk rohanianya berbeda. Pengertian ini tentu saja mengerucut jika ras dibedaan atas geografis, ciri fisik, serta prinsip evolusi rasial.

Gill Dan Gilbert

Mengartikan jika ras adalah kesamaan biologis yang menjadikan orang dapat diklarifikasi secara fisik melalui proses reproduksi yang dihasilkan.

Daljoeni

Memberikan makna res sebagai persamaan kategori tertentu yang ditandai karakteristik fisik. Sehingga terjadi  pengelompokan dalam karakteristik biologis.

Banton (1967)

Memberikan pengertian ras sebagai suatu tanda terhadap perbedaan fisik yang kerapkali dijadikan landasan dasar untuk peran yang berbeda-beda antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Haldane

Menurutnya, ras adalah sekelompok orang yang berasal dari kesamaan satu tertentu, seperti kesamaan fisik dan geografis.

Dunn dan Dobshansky

Menurutnya, ras adalah populasi yang bisa dibedakan karena gen atau kategori setiap individu sebab faktor biologis, fisik dan sifat budayanya.

Academic  American  Encyclopedia (1980)

Menurutnya, pengertian ras adalah suatu kajian teori yang dipergunaan untuk menyatakan  satu persamaan, dari warna  kulit, rupa, bentuk, warna rambut, prilaku, dan tingkat intelektual.  Pengertian tentu saja mengakibatkan jika manusia mengangggap segala kondisi kaum mereka adalah  lebih semppurna dibandingkan dengan kaum lain.

Webster’s  New  Collegiate  Dictionary (dalam Webster, 1976)

Memberi pengertian jika ras adalah suatu bentuk sekolompok manusia yang dianggap memiliki kesamaan secara turun temurun dan kesamaan tersebut mampu untuk mengenali tipekal manusia lain.

Dari 15 pengertian ras menurut para ahli diatas dapat disimpulkan jika ras manusia adalah suatu warisan terhadap kondisi bentuk fisik dan biologisnya karena faktor turunan yang terjadi dari satu masa ke masa yang lainnya.

Demikianlah pengertian ras menurut para ahli super lengkap, semoga definisi/arti/makna ras ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencarai referensi mengenai “Ras”. Trimakasih, jangan lupa jug abaca artikel lainnya;