Pengertian Roman, Jenis, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Roman

Roman pada dasarnya berasal dari bahasa Perancis “romanz” dan Bahasa Latin yaitu “ lingua romana”, yang diberi pengertian sebagai sebuah bentuk karya sastra dari golongan rakyat. Disisi lainnya, kepenulisan dalam roman sudah dikenal pada abad ke-12 bahkan sampai saat ini cerita roman berkembang dari generasi ke generasi.

Meskipun begitu tak jarang diantara masyarakat Indonesia tidak begitu memahami tentang roman, baik memahami pengertian roman, jenis-jenis roman, atau ciri-ciri roman. Oleh karena itulah pada ulasan kali ini, akan memaparkan seputar roman.

Pengertian Roman

Diakui ataupun tidak, kepenulisan karya sastra roman identik mengungkap segi sosial masyarakat, baik adat atau aspek kehidupannya secara mendetail dan menyeluruh, alur bercabang-cabang, dan banyak digresi. Meskipun makna ini hampir dapat diasamakan dengan arti novel, akan tetapi sejatinya roman dan novel berbeda.

Perbedaan roman dan novel terletak pada jumlah naskahnya dimana  cerita roman  menggambarkan secara panjang lebar mengenai tokoh atas peristiwa yang terjadi sedangkan untuk novel adalah cerita yang menggambarkan sebagian dari peristiwa, oleh karena itu roman indentik lebih pandang daripada novel.

Pengertian Roman

Roman adalah bagian daripada teks cerita fiksi yang mengisahkan suka dan duka kehidupan tokoh  utamanya. Roman terbentuk dari pengembangan atas seluruh segi kehidupan pelaku dalam cerita tersebut. Tokoh utama diceritakan mulai dari masa belita, kanak sampai dewasa atau bahkan sampai tokoh tersebut meninggal dunia.

Pengertian Roman Menurut Para Ahli

Adapun definisi roman menurut para ahli, antara lain;

  1. Reichman (1974), Roman adalah bagian daripada ulasan kepenulisan yang berupa kisah sehingga pada akhirnya mampu untuk menggambaran beberapa orang tokoh yang ada dalam bentuk cerita fiksi yang dibuat oleh setiap pengerangnya.

Jenis Roman

Berikut jenis-jenis roman yang ada dalam karya sastra. Antara lain;

  1. Roman Kriminal
  2. Roman Petualangan
  3. Roman Psikologi
  4. Roman Pencintaan  atau dikenal dengan Liebesroman
  5. Roman Hiburan
  6. Roman Anak dan Remaja
  7. Roman pendidikan

Ciri Roman

Selanjutnya untuk ciri-ciri roman diantranya adalah sebagai berikut;

  1. Roman bercerita mengenai tokoh dari hidup sampai meninggal, oleh karena itulah roman dikenal lebih pajang dari karya fiksi lainnya.
  2. Karakter tokoh dalam karya fiksi roman diutarakan secara detail.
  3. Roman memiliki alur yang kompleks, karena ada banyak tokoh yang ada di dalam cerita yang diangkat.
  4. Jalan cerita roman lebih panjang daripada novel ataupun makna cerpen

Contoh Roman

Untuk contoh karya sastra berupa roman. Misalnya saja;

  1. Si Dul Anak Jakarta

Bentuk roman yang menggambarkan adanya sifat kedaerahan dan budaya yang ada di masyarakat adalah Si Dul Anak Jakarta milik karya dari seorang penulis bernamakan Aman. Bahkan dalam perkembangannya roman karya ini juga dimainkan dalam bentuk film.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian roman menurut para ahli, jenis, ciri, dan contohnya yang ada di masyarakat. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang atau akan mengulas lebih dalam mengenai naskah fiksi.

Rate this post