Pengertian Ruang Terbuka Hijau dan Sejarahnya [Lengkap]

Diposting pada

Pengertian Ruang Terbuka dan Sejarahnya

Pengertian Ruang Terbuka Hijau dan Sejarahnya [Lengkap]


indonesiastudents.com– Indonesia yang merupakan negara berkembang telah mengalami pembangunan  yang cukup pesat, pembangunan yang terus meningkat khususnya di daerah perkotaan menyebabkan terjadinya berbagai alih fungsi lahan dari ruang terbuka hijau menjadi pemukiman atau industri karena tidak seimbangnya kebutuhan antara populasi manusia dengan lahan yang tersedia lalu timbulnya berbagai masalah sosial dan lingkungan.

Baca Juga: 7 Pengertian Pencemaran Lingkungan Menurut Para Ahli dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Ruang Terbuka Hijau


Ruang terbuka atau dalam Bahasa Inggris diberi pengertian open spacess merupakan suatu ruang terbuka yang direncanakan atau di bangun berdasarkan kebutuhan akan tempat-tempat pertemuan dan aktivitas bersama antar masyarakat. Secara teoritis yang dimaksud dengan ruang terbuka ini sendiri ialah ruang yang memiliki fungsi sebagai wadah (container) untuk kehidupan manusia lainnya.

Sedangan dalam pandangan lain, khususnya pengertian ruang terbuka hijau menurut para ahli yang berada di Departemen Pekerjaan Umum (2008), memberikan ulasan bahwasanya dalam skala lingkungan permukiman Rukun Tetangga (RT) perlu RTH yang ditujukkan untuk melayani penduduk dalam lingkup 1 (satu) RT, khususnya untuk melayani kegiatan sosial di lingkungan RT tersebut, luas taman ini adalah minimal 1 m per penduduk RT, dengan luas minimal 250 m , lokasi taman berada pada radius kurang dari 300 m dari rumah-rumah penduduk yang dilayani

Sejarah Ruang Terbuka Hijau


Ruang terbuka hijau (RTH) yang awalnya mendominasi di daerah perkotaan kini semakin berkurang akibat seiringmmeningkatnya kebutuhan manusia akan ruang untuk melakukan berbagai aktivitasnya seperti pemukiman dan industri sehingga meningkatnya kadar CO, Nox, Sox, HC ,dan partikulat pada yang berdampak buruk bagi kehidupan manusia.

Sejak tahun 1970-an, khususnya pada dekade pertama, sampai tahun 1980-an, 35% dari pertumbuhan total di semua sektor pembangunan lingkungan perkotaan adalah akibat gelombang urbanisasi yang dipacu oleh pembangunan fisik sarana dan prasarana kota yang merupakan daya tarik sekaligus daya dorong bagi para warga yang ingin memperoleh peluang kehidupan lebih baik, termasuk sarana pendidikan dari daerah asalnya. Laju pembangunan itu pula yang menyebabkan perkembangan kota seolah tanpa arah (urban sprawl).

Akibat lanjut pembangunan yang tak terkontrol ini, telah membentuk “perkumpulan” permukiman yang selalu nampak kumuh, padat, dan miskin di seluruh bagian kota. Dalam jangka panjang, hal tersebut mudah menimbulkan ”kesemrawutan” (catastrophy), seperti yang dirasakan saat ini. Rentannya kondisi kota terhadap bahaya berbagai penyakit akibat degradasi fungsi lingkungan dan akibat “imbalanced spatial implementation” ini, langsung akan diikuti pula oleh terus menurunnya mutu kehidupan secara fisik, ekonomi dan sosial budayanya yang biasa disebut dengan “urban disaster”.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Ruang Terbuka Hijau dan Sejarahnya [Lengkap]. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan refrensi dan pengetahuan bagi seganap pembaca yang sedang mencari arti “RTH (Ruang Terbuka Hijau)”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

  1. Potensi Fisik Desa dan Potensi Non Fisiknya
  2. 23 Pengertian Desa dan Cirinya Menurut Ahli Lengkap
  3. 4 Jenis Peta Berserta Penjelasan dan Contohnya
  4. Cara Menghitung Skala Peta (Rumus+Contoh) Lengkap