Pengertian Suaka Margasatwa Menurut Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Suaka Margasatwa Menurut Ahli

indonesiastudents.com– Suaka margasatwa menjadi salah satu istilah dalam pelestarian lingkungan, suaka marga satwa ini bisa diartikan sebagai tempat hidup margasatwa yang dilindungi karena bernilai ilmu pengetahuan, kebudayaan, kekayaan atau kebanggaan nasional.

Suaka marga Satwa hampir ditemukan disetiap wilayah di Indonesia, baik di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Batar, Papau, Sulawesi, Kalimantan, atau yang lainnya. Contoh kongrit Suaka Marga Satwa misalnya saja di Sumatra tempatnya di Lampung terdapat Way Kambas, yang menjadi salah satu konservasi gajah terbesar di Asia Tenggara.

Baca: Pengertian Kampanye Sosial Menurut Ahli

Sebagai uraian lebih lanjut, berikut indonesiastudents.com akan menjelaskan pengertian suaka margasatwa;

Pengertian Suaka Margasatwa


Suaka Marga Satwa adalah kawasan hutan alam yang memiliki ciri keanekaragaman dan keunikan jenis, sehingga kawasan tersebut diperlukan pembinaan atau perlindungan bagi kelangsungan hidup terhadap habitatnya.

Lebih lanjut, pengertian suaka marga satwa juga diterangkan oleh para ahli, diantarnya;

Pengertian Suaka Margasatwa Menurut Para Ahli


Auriel (2014)

Menurutnya, arti suaka marga satwa adalah tempat pemeliharaan hewan langka untuk di kembangkan atau di budidayakan dengan baik, sehingga segala populasi satwa yang di dalamnya terkondisikan dengan aman.

Dimas Maulana (2012)

Pengertian Suaka Margasatwa adalah kawasan alam yang mempunyai tanggung jawab untuk melakukan pembinaan dan melestarikan habitat yang ada di dalamnya.

Dari pengertian suaka margasatwa menurut para ahli di atas dapat diaktakan jika suaka marga satwa menjadi benteng terakhir dalam perlindungan hawan atau tumbuhan di suatu alam. Hewan-hewan tersebut diletarikan karena memiliki keunggulan nilai, budaya, sejarah, dan berguna bagi ilmu pengetahuan.

Oleh karenanya penting untuk dipahami bahwa seseorang yang berkunjung di suakamarga satwa dilarang untuk membunuh hewan, menebang pepohonan, atau kegiatan lainnya yang dianggap merusak lingkungan atau habitatanya.

Demikianlah penjelasan mengeai pengertian suaka marga satwa beserta contoh dan larangan ketika berkunjung di suaka marga satwa. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mengulas mengenai suaka marga satwa. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;