7 Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli

Perpustakaan bisa dikatakan sebagai bagian daripada salah satu unsur terpenting yang ada di dalam suatu lembaga pendidikan, seperti halnya sekolah maupun perguruan tinggi. Dimana perpustakaan sekolah ini berperen sebagai upaya di dalam mencerdaskan kehidupan peserta didik, sekaligus bangsa Indonesia.

Namun yang pasti, prihal ini perpustakaan secara umum berasal dari kata “pustaka“. Dimana dalam  KBBI pustaka diartikan kitab atau  buku. Sedangkan di dalam Bahasa Inggris, perpustakaan identik dengan nama library/ dan Bahaya Yunani libri yang artinya buku. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini akan memberikan pembahasan mengenai pengertian perpustakaan menurut para ahli dan fungsinya.

Perpustakaan

Perpustakaan adalah suatu bentuk bangunan fisik yang di dalam proses pembangunannya menyimpan berbagai  bentuk koleksi cetak atau tidak tercetak sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat di dalam mencari sebuah refrensi maupun informasi.

Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi perpustakaan menurut para ahli, antara lain;

  1. Lasa (2007)

Perpustakaan adalah kumpulan yang bisa saja seperti bangunan fisik sebagai tempat buku dikumpulkan dan disusun menurut sistem tertentu atau keperluan pemakai.

  1. Perpustakaan Menurut UU Nomor 43 tahun 2007

Definisi perpustakaan adalah suatu bentuk institusi yang pengelola berbegai bentuk koleksi karya tulis ilmiah yang direkam secara profesional dengan mengunakan sistem baku, sehingga dapat berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan pendidikan, informasi, penelitian, pelestarian, dan rekreasi para pengunjungnya.

  1. Sulistyo Basuki (1991)

Menurut pakar ini dalam buku karyanya, perpustkaan adalah ruangan dalam bentuk gedung  yang  dipergunakan menyimpan untuk menyimpan buku dengan merepakan sistem tertentu.

  1. Sumardji

Perpustakaan adalah berbagai bentuk koleksi yang biasanya terdiri dari berbagai bahan tertulis, tercetak, atau grafis sebagai upaya pemenuhan studi-studi yang dilakukan oleh para pelajar, mahasiswa, sekolah, kampus, atau yang lainnya.

  1. Wafford

Perpustakaan adalah suatu unit organisasi sosial kependidikan yang dipergunakan untuk sumber belajar kepada setiap masyarakat.

  1. Ibnu Ahmad Saleh

Perpustakaan ialah suatu tempat tertentu yang dipergunakan untuk pengumpulan berbagai karya ilmiah dalam jangka watu tertentu.

  1. Radom House

Arti perpustakaan adalah tempat yang dipergunakan oleh masyarakat sebagai sumber informasi dan pengetahuan, karena perpustakaan dalam arti ini identik menyimpan berbagai karya tulis ilmiah, atau buku.

Fungsi Perpustakaan

Berikut berbagai fungsi yang ada dalam perpustakaan, diantaranya;

  1. Fungsi Informasi, fungsi ini melakat di dalam perpustakaan alasannya karena banyak info dan pengetahuan yang di dapatkan oleh seseorang karena perpustakaan.
  2. Fungsi Pendidikan, fungsi ini diperoleh ketika perpustakaan dijalankan dalam lembaga-lembaga pendidikan, seperti lembaga sekolah, kampus, atau lain sebaginya.
  3. Fungsi Kebudayaan, alasannya hal ini diungkapkan karena perpustakaan selalu didasarkan penyimpanan berbagai catatan mengenai budaya.
  4. Fungsi Rekreasi, fungsi ini diperoelah ketika perpustakaan berperan sebagai sumber rekreasi karena menyimpan berbagai pengethuan atau bacaan diluar dunia pendidikan.
  5. Fungsi Penelitian, adalah fungsi perpustakaan yang dilekatkan karena menyimpan berbagai unsur yang ada dalam dunia penetilan.

Contoh Kegunaan Perpusatakaan

Adapun fungsi yang menjadi kegunaan perpustakaan. Misalnya saja;

  1. Perpustakaan di Desa Tertinggal

Perpustakaan di desa tertinggal sangat diperlukan karena distribusi buku yang beredar sangatlah minim karena berbagai faktor yang mempengaruhinya. Sehingga diperlukan  sebuah perpustakaan yang menyediakan buku sebagai penunjang dalam meningkatkan wawasan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa ini. Penduduk di desa tertinggal maupun di perkotaan pada dasarnya sama, hanya saja perkembangan mereka akan bergantung pada lingkungan. Jika lingkungan di desa tertinggal dibudayakan untuk membaca maka hal tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan di desa tertinggal.

Selain untuk anak-anak perpustakaan juga terbuka untuk umum, perpustakaan ini menyediakan buku umum seperti buku untuk pertanian, peternakan, perikanan dan juga buku tentang ilmu pengetahuan tertentu.

Buku tersebut akan bermanfaaat bagi penduduk yang telah bekerja, dimana mayoritas mata pencaharian penduduk di desa tertinggal adalah petani, peternak, dan juga nelayan  untuk penduduk bermukim di daerah pesisir.

Harapannya buku-buku tersebut akan mendukung penduduk dalam menambah wawasan baru untuk penduduk sebagai pendukung dalam pencaharian mereka maupun buku yang non mata pencarian mereka.

Penggambarannya misalnya dibidang pertanian penduduk bisa mengetahui bibit unggul untuk padi dan bagaimana penanaman padi yang bagus untuk bibit unggul tersebut yang bukan merupakan pendukung dalam mata pemcaharian penduduk yang ada didesa tersebut namun diharapkan dalam buku tersebut penduduk akan tahu bahwa bahan alam yang sebelumnya tidak tahu manfaatnya, dengan begitu akan lebih bermanfaat lagi.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapatlah disimpulkan bahwa perpustakaan suatu tempat yang mampu menyediakan berbagai koleksi buku khusus untuk pendidikan. Misalnya dari mulai buku pedoman belajar membaca, buku pelajaran SD, SMP dan SMA), kategori umum. Contohnya saja buku ensiklopedia, buku cerita anak, maupun buku lainnya yang mendukung salah satu kegiatan dalam pembelajaran.

Sehingga dari berbagai ulasan tersebut, dapatlah dikatakan jikalau perpustakaan sampai saat ini diharapkan dapat menunjang wawasan penduduk di Indonesia, termasuk di dalam desa tertinggal. Jika hal tersebut disambut baik dan peminat pengunjung perpustakaan tinggi maka  wawasan anak-anak di desa tertinggal  semakin luas, sehingga desa tertinggal juga dapat berperan serta dalam meningkatkan daya saingnya dikancah Internasional. Ada pepatah yang mengatakan bahwa buku merupakan jembatan ilmu.

Sehingga keberadaan buku dalam perpustakaan ini dapat menjembatani ilmu yang tidak bisa tersampaikan karena kurangnya SDM pendidik di desa tertinggal. Dengan adanya perpustakaan juga dapat meningkatkan minat baca anak-anak dan akan berdampak pada kebiasaan mereka yang mulanya kurang peduli terhadap ilmu pengetahuan  menjadi haus akan ilmu pengetahuan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian perpustakaan menurut para ahli dan fungsi perpustakaan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi dan arti mengenai “Perpustakaan”.

Rate this post