11 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli (Super Lengkap)

Diposting pada

Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Suku bangsa atau yang dikenal dengan etnis dapat diberi pengertian sebagai sekumpulan ras, agama,  dan kebudayaan secara universal tanpa adanya perbedaan. Mereka yang tergolong suku bangsa berkumpul karena adanya persamaan biologis, sejarah, dan lain sebaginya.

Baca: 15 Pengertian Ras Menurut Para Ahli

Indonesia bisa diketakan bengsa yang besar karena adanya berbagai suku bangsa dari sabang sampai meroke. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut menganai suku bngsa tersebut, berikut indonesiastudents.com akan menguraikan pengertian suku bngsa menurut para ahli.

Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli


Setidaknya ada 11 tokoh yang memberikan definisikan suku bangsa, diantaranya;

John W. Santrock (dalam Santrock, 2003).

Mengatakan jika pengertian suku bangsa adalah  budaya, karakteristik  suatu kewarganegaraan, atas ras, bahasa dan agama.

Webster’s  New  Collegiate  Dictionary (dalam Webster, 1976)

Definisi suku bangsa adalah sekelompok orang  yang  memiliki kesamaan tradisi dan biologis.

Koentjaraningrat

Sebagai ahli sosiologi dari Indonesia, mengatakan jika makna suku bangsa adalah sekumpulan manusia yang bersatu dalam budaya secara sadar dan juga terikat identitas. Kesadaran dan identitas ini pada akhirnya dapat memperkuat kesatuan antar masyarakat.

Frederick Barth

Menurutnya, pengertian suku bangsa ialah himpunan sekelompok manusia karena adanya unsure kesamaan akan ras, agama, dan asal-usul bangsa. Yang akhirnya terikat pada sistem nilai pada budaya.

Hasan Shadily MA

Hasan Shadily MA menerangkan bahwa suku bangsa adalah sekumpulan rakyat yang saling memiliki hubungan biologis.

Fredrik Brath dan Eriks Wolf

Menerangkan  bahwa suku bangga adalah tanggapan terhadap etnisitas keanekarangan sebagai perwujutan interaksi kelompok.

Raroll

Suku bangsa adalah persatuan suatu penduduk yang memiliki kesamaan rasa sehingga menyebabkan munculnya identitas diantara warga negaranya.

Wikipedia

Memberi pengertian bahwa suku bangsa adalah sekumpulan manusia yang mengidentifikasikan dirinya dengan menusia lain. Hal itu dilakukan karena adanya garis keturunan atau kesamaan budaya, bahasa, agama, indiologi, perilaku, dan ciri biologis.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Memberikan definisi bahwa suku bangsa adalah bagian kesatuan sosial berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa yang dibedakan dari unsur kesatuan sosial lain.

Ensiklopedia Indonesia

Suku bangsa adalah sekelompok atau sekumpulan manusia yang bersosial dalam suatu sistem sehingga melahirkan keputusan bersama meskipun berbeda garis keturunan, adat, agama, idiologi, bahasa dan lain sebagainya.

Perspektif Teori Situasional

Persefektif teori sosial sebagai salah satu teori dalam sosilogi mengartkan bahwa suku bangsa adalah hasil bersama yang terbentuk karena pengaruh dari luar kelompok atau dalam kelompk itu sendiri.

Dari 11 pengertian suku bangsa menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwasa suku bangsa adalah keputusan yang diambil sekelompok atau sekumpulan manusia untuk hidup bersama, yang biasanya dilandasi adanya persamaan budaya, etnis, sejarah, dan idiologi.

Demikianlah 11 pengertian suku bangsa menurut para ahli super lengkap. Semoga pengertian ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari referensi mengenai “Pengertian Suku Bangsa” trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;