Pengertian Surat dan 8 Fungsinya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Surat– Surat adalah salah satu kata yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Surat menjadi kebutuhan yang terus menerus dibuat oleh manusia, bahkan sejak lahir sampai meninggalpun seseorang memelurkan surat. Sejak lahir meisalnya, ada surat kelahiran, meninggal juga ada surat kematian. Oleh karena itulah tak salah dengan begitu besarnya kebutuhan akan surat, indonesiastudents.com pada kesempatan kali ini mengulas tentang pengertian surat dan fungsi surat atau kegunaan surat.

Pengertian Surat


Surat dapat diartikan sebagai media komunikasi dalam bentuk tulisan antara satu orang dengan orang lainnya tanpa bertatap wajah yang isinya menyampaikan informasi atau keperluan yang diinginkan oleh si penulis.

Adapun pengertian surat menurut arti dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kertas dan sebagainya yang bertulis (berbagai-bagai isi maksudnya). Pengertian lain tentang surat menurut para ahli, salah satunya adalah Prajudi Atmosudirdjo suatu tulisan yang ditulis dalam lembar kertas yang menyebutkan nama pribadi penulis yang ditujukan pada alamat tertentu.

Baca: Pengertian Ide Pokok Menurut Para Ahli

Untuk mengirim surat dengan mengunakan kertas dibutuhkan amplop dan perangko, sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman semakin besar pula nilai perangko. Saat ini surat dapat dikirim melalui media elektronik yang disebut surat elektronik (surel) atau e-mail dengan memanfaatkan teknologi internet.

Setalah kita mencoba memberikan pemahaman tentang pengertian surat, tulisan berikutnya akan mengulas fungsi-fungsi surat atau kegunaan surat.

Fungsi Surat


Fungsi surat yang akan disebutkan adalah 8, diantranya adalah sebagai berikut;

Alat Komunikasi atau Pemberitahuan
Surat berguna sebagai alat komunikasi karena surat tidak hanya bersifat satu arah, melainkan juga dua  arah, artinya surat juga dapat dibalas (surat balasan). Surat juga dapat ditujukan kepada lebih dari satu orang. Surat juga berfungsi memberitahukan sesuatu hal, bisa juga hal-hal tertentu, seperti buah pikiran dan gagasan.

Wakil Penulis
Surat juga berfungsi sebagai wakil penulis, sebab secara tidak langsung surat mampu memberikan maksud yang diutarakan meskipun tidak bertatap muka dengan orang yang dituju, cukup diwakili dengan surat.

Alat Menghemat Waktu, Tenaga, dan Biaya
Penulis surat dapat menghemat waktu tenaga, dan biaya karena tidak perlu bertatap  muka, apalagi jaraknya jauh.

Permintaan
Surat untuk permintaan biasanya surat niaga yang kondisi tertentu butuh permintaan barang yang akan dipasarkan.

Alat Bukti Tertulis
Surat sebagai bentuk otentik atau dokumen yang isinya bisa dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Alat Pengingat
Surat  sebagai kumpulan data yang dapat digunakan untuk alat pengingat bagi penerima surat tentang suatu hal. Surat yang telah disimpan lama sewaktu-waktu akan dibutuhkan lagi untuk mengetahui pengirim dan isi di dalam surat itu.

Bukti Historis
Surat juga berfungsi sebagai suatu bukti historis dan kronologis yang jelas.

Pedoman Kerja
Surat untuk memberitahukan langkah-langkah kerja dan digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pekerjaan tertentu.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian surat dan fungsinya, semoga dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari referensi tentang surat. Jangan lupa, baca artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *