Pengertian Surat Resmi dan 7 Cirinya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Surat Resmi– Pada hakekatnya bentuk surat terbagi menjadi dua jenis, yaitu surat pribadi atau surat tidak resmi (informal) dan surat resmi (formal). Adapun pada bagian ini indonesiastudents.com akan mengulas lebih dalam tentang pengertian surat resmi dan ciri-ciri surat resmi.

Baca: Pengertian Surat Secara Umum

Semoga pengertian surat resmi dan ciri-ciri yang ada di dalam surat resmi ini, akan menambah wawasan sekaligus pengathuan, bagi siapapun yang akan atau telah mendalami bentuk-bentuk surat.

Pengertian Surat Resmi


Surat resmi  dapat diberi pengertian sebagai sarana komunikasi lewat tulisan yang digunakan dalam situasi resmi atau formal dan dibuat sesuai dengan aturan atau kaidah surat-menyurat yang sudah distandardisasikan. Surat resmi digunakan oleh perorangan, organisasi, perusahaan, dan instansi  pemerintah maupun swasta.

Penggunaan surat resmi ini tidak semata-mata untuk kepentingan pribadi, tetapi untuk kepentingan organisasi, perusahaan, atau instansi.

Setelah kita mempelajari tentang pengertian surat resmi, tulisan ini selanjutnya mengulas lebih dalam tentang ciri-ciri surat resmi.

Ciri-Ciri Surat Resmi


Ciri-ciri surat resmi yang akan ditulisakan disini jumlahnya ada 7, antara lain, yaitu sebagai berikut;


  1. Bahasa yang digunakan dalam surat resmi adalah bahasa baku: bahasa baku adalah bahasa yang sudah distandardisasikan: minimal memiliki subjek dan predikat, tidak pleonasme (boros menggunakan kata), harus sejajar (paralelisme), harus jelas tidak ambigu, menggunakan kata baku, dan sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan (EYD).

  2. Bahasa yang digunakan dalam surat resmi harus efektif, singkat, padat, dan jelas maknanya (eksplisit bukan implisit).
  3. Surat resmi biasanya disajikan dalam bentuk  lurus (full block) atau  setengah lurus (semi block).
  4. Terdapat kepala surat (kop surat) apabila dikeluarkan oleh lembaga resmi.
  5. Surat Resmi terdapat nomor, lampiran, perihal, tanggal, alamat tujuan.
  6. Disertai stempel atau cap khusus pada kondisi tertentu.
  7. Surat resmi disusun secara sistematis dan sesuai dengan aturan surat-menyurat resmi Bahasa  Indonesia.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian surat resmi dan jenisnya Lengkap. Semoga bermanfaat bgai kalian yang sedang menulis surat resmi, dan trimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa, baca artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *