7 Prospek Kerja Manajemen, No 3 Keren!

Posted on

Prospek Kerja Manajemen– Manajemen adalah suatu seni yang mengatur dan mengendalikan, sedangkan menurut Ricky W.Griffin, manajemen didefinisikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai suatu tujuan secara efektif dan efesien. Dalam hal ini efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan yang telah direncanakan, sementara efisien adalah tugas terlaksana secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Ilmu manajemen biasanya dipelajari di Fakultas Ekonomi (FE) di universitas-universitas negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Jurusan manajemen termasuk dalam salah satu program studi yang banyak diminati, sehingga untuk bisa menjadi mahasiswa manajemen harus melalui persaingan yang amat sangat berat ataupun ketat. Hal ini dikarenakan jurusan manajemen dianggap menjadi pilihan aman untuk menyongsong masa depan. Sebab, dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) akan banyak membutuhkan tenaga seorang manager. Prospek kerja manajer pun memiliki peluang yang besar dalam tingkat Nasional maupun Asean.

Sebenarnya jika kamu seorang lulusan jurusan manajemen atau yang akan mengmbil jurusan manajemen, tersedia banyak sekali pekerjaan yang mungkin akan dimiliki para lulusan manajemen. Berikut beberapa prospek kerja manajemen yang bisa menambah wawasan sekaligus pengetahuanmu.

Prospek Kerja Manajemen


Prospek kerja manajemen atau peluang kerja jurusan manajemen yang indonesiastudents.com bisa rekeomendasikan adalah sebagai berikut;

1. Mendirikan Perusahaan
Bagi seseorang yang memiliki minat dan gemar berwirausaha serta ingin menciptakan lapangan usaha sendiri, hal tersebut bisa saja dilakukan. Akan tetapi hal yang perlu diingat bahwa dalam menjalankan bisnis atau usaha kecil harus berani menghadapi kegagalan. Hal tersebut karena kurangnya pengalaman praktik berbisnis.

Seseorang lulusan yang terbiasa berkecimpung di bidang administrasi bisnis akan dengan mudah mendirikan suatu usaha, karena mereka sudah belajar dan mendapatkan pengalaman serta pemahaman saat di perkuliahan. Oleh karena itu prospek kerja manajemen salah satunya adalah mendirikan perusahaan.

2. Direktur Eksekutif
Direktur Eksekutif adalah jabatan tertinggi di sebuah perusahan, direktur eksekutif mempunyai tugas atau kewajiban untuk bertanggung jawab dan juga mengatur seluruh kegiatan yang ada di perusahaan. Seorang Direktur Eksekutif memilliki tugas dalam sebagai pemimpin, penentu keputusan, pengelola perusahaan.

3. Konsultan Manajemen
Konsultan Manajemen adalah seseorang yang memberikan nasehat-nasehat dan solusi kepada seseorang atau perusahaan mengenai usaha yang dijalankan. Memberikan saran kepada perusahaan tentang cara terbaik untuk mengoperasikan bisnis yang dimilikinya.

Konsultaan manajemen membantu sebuah perusahaan mencapai visi dan misinya, yaitu dengan membantu merancang rencana bisnis, pengembangan sumber daya manusia, serta penentuan indeks kinerja perusahaan. Seorang konsultan manajemen merupakan seseorang yang memilik keahlian dalam bidang tersebut. Sehingga dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan, ataupun membuat rencana dan strategi untuk membuat perusahaan tersebut berkembang dan maju.

Konsultan manajemen memiliki prospek kerja yang bagus, sebab banyak perusahaan yang kini mulai membutuhkan jasa konsultan manajemen. Banyak perusahaan yang sedang berkembang untuk menyambut persaingan bisnis pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Mahasiswa lulusan jurusan manajemen berpeluang mendapatkan pekerjaan sebagai Direktur Eksekutif, tentunya dengan didukung oleh Ilmu pengetahuan administrasi bisnis yang memadai.

4. Manager
Perusahaan-perusahaan, lembaga, dan organisasi membutuhkan seorang manager. Lulusan manajemen dibutuhkan dalam beberapa bidang diantaranya sebagai manajer di bidang pemasaran, sumber daya manusia, operasi, dan keuangan. Manager dapat masuk pada berbagai sektor yaitu sektor asuransi, agrobisnis, perdagangan, perbankan, dan pertambangan.

5. Staf Keuangan
Staf keuangan merupakan unsur penting yang harus ada dalam sebuah perusahaan. Apalagi untuk seseorang suka berhemat dan senang dalam hitung-menghitung, bagian ini sangat cocok. Menjamin kelancaran admistrasi perusahaan, mengawasi pemasukan serta pengeluaran admistrasi perusahaan  hingga membuat laporan keuangan.

6. Staf Operasional
Unsur penting sebuah perusahaan salah satunya adalah staf operasional. Staf operasioal memiliki tugas mengurusi segala kegiatan yang ada di perusahaan, misalnya di bidang administrasi, costumer service, dan lain-lain sesuai perusahaan tersebut. Dan memiliki prospek yang luas, karena setiap perusahaan pasti membutuhkan staf operasional.

7. Tenaga Pengajar
Tidak hanya di bidang bisnis dan wirausaha saja, lulusan Manajemen sangat membutuhkan untuk tenaga pengajar/ dosen. Ini  merupakan peluang yang cukup menarik untuk seseorang yang suka dalam hal pendidikan dan menyalurkan ilmunya kembal kepada anak didiknya.

Demikianlah ualsan mengenai prospek kerja manajemen atau peluang kerja jurusan manajemen, semoga bisa menambah pengetahuan sekaligus menambah wawasan bagi siapapun yang mengambil jurusan manajemen, baik manajemen bisnis, manajemen pemasaran atau yang lainnya. Trimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya:

7 Prospek Kerja Manajemen, No 3 Keren!
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *