6 Pengertian Susu Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Susu Menurut Para Ahli Lengkap

indonesiastudents.com– Susu menjadi salah satu minuman yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, susu biasanya dihasilakan hewan ternak dan tumbuhan, seperti sapi, kambing, kerbau, kedelai, dan lain sebaginya.  Susu merupakan produk unggulan yang menunjukkan tren meningkat  permintaannya dari tahun ke tahun.

Baca: Pengertian Pestisida Nabati dan Penjelasannya Menurut Ahli

Meskipun begitu, tak jarang banyak diantara kita kurang memahami pengertian susu atau definisi susu, Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan memberikan pembahasan mengenai pengertian susu.

Pengertian Susu


Susu adalah cairan identik berwarna putih serta mengandung gizi yang dipergunakan oleh manusia untuk memenuhi gizinya. Susu dikelola dengan proses tradisional dan modern, proses modern yang kita kenal sampai saat ini beranekaragam hasil yang didaptkannya, misalnya saja mentega, es krim, yogurt, keju, susu kedelai, dan lain sebaginya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, berikutnya akan diberikan juga pengertian susu menurut para ahli, berikut pengertiannya.

Pengertian Susu Menurut Para Ahli


Almatsier (2002)

Susu merupakan cairan putih hasil sekresi ambing tenak betina yang memiliki kandungan gizi lengkap meliputi protein, kalsium, fosfor, vitamin a, dan vitamin b1, namun paling mudah terkontaminasi bakteri. Produk susu dan olahannya yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia berasal dari sapi perah.

Sumoprastowo (2000)

Menurutnya, pengertian susu adalah kombinasi oleh bakteri yang biasanya berasal dari sapi, udara,   dan lingkungan yang dikelola oleh manusia dengan menggunakan berbegai peralatan modern atau tradisional.

Winarno (1993)

Arti susu adalah cairan putih yang dikelola dengan memanfaatkan kelenjar mammie pada berbagai binatang ternak sehingga dapat diamnaaftkan seseorang untuk memenuhi gizi anaknya.

Sediaoetama (1985)

Menurutnya, definisi susu adalah suatu cairan yang berwana putih yang digunakan untuk kepentingan manusia dalam proses pemenuhan gizianya. Nama yang dipergunakan untuk susu tak lepas darimana ia berasal, misalnya susu yang berasal dari ternak sapi, disebut susu sapi. Susu yang berasal dari kedelai, disebut dengan susu kedelai, dan susu yang berasal dari manusia disebut dengan ASI (Air Susu Ibu).

Dewi Mariana (2012)

Susu adalah cairan atau zat padat yang mengandung gizi, yang digunakan oleh manusia untuk menjadi sumber utama gizi sebelum sang bayi dapat mencerna makanan.

Wikipedia (2014)

Wikipedia mengungkapkan bahwa arti susu adalah cairan putih yang harus mengandung gizi, yang biasanya dihasilkan dari kelenjar mamalia, baik manusia ataupun hewan. Sehingga mampu memnuhi gizi bagi setiap manusia.

Dari 6 pengertian susu menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa susu yang berasal dari sapi, kambing, dan manusia mengalami proses yang sama yakni berasal dari kelenjar mammie, baik dikelola secara tradsional ataupun modern, adapun untuk kandungannya menurut USDA (1976) setiap susu yang berasal dari kambing, manusia, dan sapi memiliki kanduangan yang berbeda.

Kanduangan Kimia dari Susu Sapi, Kambing, dan Manusia Sebagai berikut;

 pengertian dan kandungan susu

Demikianlah pengertian susu menurut para ahli yang disertakan pula dengan kandungan kimia yang berasal dari susu sapi, kambing dan manusia. Semoga pembahasan kali ini dapat beramanfat bagi setiap pembaca yang sedang mencari leterai mengenai “Susu”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Pestisida Nabati dan Penjelasannya Menurut Ahli Lengkap
  2. 5 Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli Lengkap
  3. Pengertian Pupuk Organik Cair dan Penjelasannya Lengkap
  4. 4 Pengertian Game Edukasi Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap