Pengertian Tabel dan Contoh Beserta Cara Membacanya

Diposting pada

Tabel merupakan salah satu istilah yang sudah lekat dalam kehidupan kita. Dimana istilah ini memiliki urgensi yang tinggi, sebab dalam jenjang pendidikan, baik SD, SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi seseorang tak lepas dari pentebalan.

Bahkan di setiap arti mengajar. Misalnya matematika, Bahasa Indonesia, Kimia, Fisika, Ekonomi, atau yang lainnya tabel senantisa muncul.

Tabel

Tabel adalah sebagai suatu daftar yang berisikan intisari berupa baris dan kolom yang senantisa memuat kata-kata atau angka yang disusun secara teratur dengan diberi pembatas sehingga dapat disimak dengan mudah, sehingga tabel ini juga dapat memberikan referensi secara cepat dan akurat.

Selian itu tabel dipergunakan sebagai satau satu metode penelitian, khususnya dengan langkah-langkah penelitian pengembangan yang disusun secara sitematis agar yang disampaikan sesuai dengan data yang diungkapkan. Tebel ini memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Contoh Tabel

Berikut ini, akan diberikan contoh tabel yang menyangkut tentang presentasi kemunculan soal Bahasa Indonesia pada SBMPTN (Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negri) antara tahun 2009 sampai tahun 2010. Dimana dalam contoh ini memberikan informasi dan wawasan dalam cara mengerjakan soal SBMPTN yang baik.

tabel
contoh tabel

Setelah kita mehami tentang pengertian tabel dan contoh tabel, berikutnya tulisan ini akan memberikan cara membaca tabel atau teknik membaca tebal, agar sekiranya seseorang yang sedang berusaha memahami suatu materi dapat dengan mudah untuk diingat.

Cara Membaca Tebel

Teknik membaca tebel yang biasanya dilakukan oleh seseorang professional ataupun bisa diterapkan oleh pemula antra lain sebagai berikut;

  1. Membaca Tabel Sebelum Tulisan

Lebih disaranakan agar seseorang yang membaca tabel terlebih dahulu membaca judulnya karena judul memberikan informasi utama atau pemula daripada isi tabel yang disampaikan. Judul ini berfungsi sebagai panduan ang lekap mengenai isi dalam tabel.

  1. Membaca Keterangan

Langkah selanjutnya, dalam membaca tabel dapat dilakukan dengan embaca keterangan yang terdapat di bagian atas, bagian sisi, atau bagian bawah daripada sebuah tabel. Alasan ini penting untuk dilakukan karena keterangan merupakan penjelasan penting tentang data yang disampaikan.

  1. Membaca Simbul Tabel

Jika ada simbol atau lambang yang ada di dalam tabel, sebaiknya bagi seseorang pembaca harus terlebih dahulu untuk memahaminya dengan baik agar dapat mengerti informasi yang disampaikan secara utuh. Simbul ini berfungsi sebagai ringkasan dalam informasi yang disampaikan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa beragam jenis tabel yang digunakan secara umum penggunaan tabel berfungi untuk memudahkan pembaca dalam membaca bahkan memahami data atau informasi yang disajikan.

Oleh karena itulah pengertian tabel, contoh tabel, dan  teknik membaca tabel yang baik dan benar ini tentusaja sangatlah diperlukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *