Pengertian Tabel, Fungsi, dan Jenisnya

Diposting pada

Tabel Adalah

Tabel tentunya bukan hal asing di telinga kita. Tabel adalah susunan data dalam baris dan kolom, atau mungkin dalam struktur yang lebih kompleks. Tabel banyak dimanfaatkan dalam bidang komunikasi, penelitian, dan analisis data. Tabel biasanya muncul di media cetak, tulisan, perangkat lunak komputer, arsitektur hiasan, rambu lalu lintas, dan lain-lain.

Isi dan terminologi tabel bergantung pada konteks dari data yang akan disajikan. Tabel secara signifikan bisa memuat informasi yang berbeda dalam jenis, struktur, fleksibilitas, notasi, representasi dan penggunaan. Dalam buku-buku dan artikel teknis, penyajian tabel biasanya terpisah dari teks utama dengan penulisan judul dan legenda yang terpisah. Untuk memperjelas pemahman kita tentang tabel, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, tabel, dan jenis tabel.

Tabel

Tabel adalah sekumpulan elemen data (nilai) menggunakan model kolom vertikal (dapat diidentifikasi dengan nama) dan baris horizontal, sel menjadi unit tempat baris dan kolom berpotongan. Sebuah tabel memiliki jumlah kolom tertentu, tetapi dapat memiliki jumlah baris berapa pun.

Setiap baris diidentifikasi oleh satu atau lebih nilai yang muncul di bagian kolom tertentu. Pilihan kolom tertentu yang secara unik mengidentifikasi baris disebut kunci utama. Terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk dapat memahami dan menfasirkan isi tabel, yaitu;

  1. Memahami judul tabel
  2. Mencermati bagian-bagian tabel
  3. Membaca informasi di sekitar tabel
  4. Mengajukan pertanyaan tentang isi tabel
  5. Menafsirkan angka-angka atau data
  6. Mengaitkan antardata dengan tabel
  7. Mengambil kesimpulan.

Pengertian Tabel

Secara sederhana, tabel diartikan sebagai kumpulan data terkait yang disimpan dalam format yang terdiri dari kolom, dan baris. Tabel biasnya dibuat dalam bentuk bilangan maupun kata-kata dalam urutan tertentu. Selain itu, tabel juga terdiri atas beberapa kolom dan baris dengan garis pemisah agar pembaca lebih mudah memahaminya. Isi data yang disajikan pada tabel dituliskan dalam kolom dan baris yang tersedia tersebut.

Tabel memilih beberapa ciri, diantaranya yaitu:

  1. Tabel berisi keterangan-keterangan tentang subjek yang sama. Tabel juga dapat berisi kumpulan-kumpulan data tertentu yang sudah diteliti.
  2. Tabel berisi data kuantitatif yaitu data jumlah yang isinya berupa angka-angka yang absolut atau pasti.
  3. Pada tabel, terdapat keterangan-keterangan yang dapat digunakan sebagai rujukan dengan mudah.
  4. Tabel berisi nilai-nilai yang asli, artinya, nilai-nilai tersebut tidak dibulatkan.

Pengertian Tabel Menurut Para Ahli

Adapun definisi tabel menurut para ahli, antara lain:

Techopedia

Tabel adalah kumpulan basisdata relasional bernama yang diatur oleh baris dan kolom. Kolom membentuk struktur tabel, dan baris membentuk konten. Tabel memungkinkan pembatasan untuk kolom, tetapi tidak dengan baris.

Techterms

Tabel adalah struktur data yang mengatur informasi ke dalam baris dan kolom. Ini dapat digunakan untuk menyimpan dan menampilkan data dalam format terstruktur. Misalnya, database menyimpan data dalam tabel sehingga informasi dapat dengan cepat diakses dari baris tertentu.

Situs web sering menggunakan tabel untuk menampilkan beberapa baris data pada halaman. Spreadsheet menggabungkan kedua tujuan tabel dengan menyimpan dan menampilkan data dalam format terstruktur.

Docs.microsoft

Tabel adalah objek basis data yang berisi semua data dalam basis data. Dalam tabel, data diatur secara logis dalam format baris dan kolom yang mirip dengan spreadsheet.

Mathworks

Tabel adalah tipe data yang cocok untuk data berorientasi kolom atau tabular yang sering disimpan dalam file teks atau dalam spreadsheet. Tabel terdiri dari baris dan variabel berorientasi kolom. Setiap variabel harus memiliki jumlah baris yang sama.

Wiki Books

Tabel digunakan untuk menyajikan data terstruktur, dan dapat juga digunakan untuk menata tampilan halaman. Tabel dapat disisipkan di manapun pada halaman, bahkan di dalam tabel lainnya.

Wikipedia

Tabel ialah pengaturan data dalam baris dan kolom, atau mungkin dalam struktur yang lebih kompleks. Konvensi dan terminologi yang tepat untuk menggambarkan tabel bervariasi tergantung pada konteksnya. Selanjutnya, tabel berbeda secara signifikan dalam variasi, struktur, fleksibilitas, notasi, representasi dan penggunaan.

Tabel terdiri dari susunan baris dan kolom yang teratur. Ini adalah deskripsi yang disederhanakan dari jenis tabel yang paling dasar. Pertimbangan tertentu mengikuti dari deskripsi sederhana berikut ini:

  • Istilah baris memiliki beberapa sinonim umum (mis., record, k-tuple, n-tuple, vektor)
  • Istilah kolom memiliki beberapa sinonim umum (mis., bidang, parameter, properti, atribut)
  • Sebuah kolom biasanya diidentifikasi dengan nama
  • Nama kolom dapat terdiri dari kata, frasa atau indeks numerik
  • Persimpangan baris dan kolom disebut sel

Fungsi Tabel

Pembuatan tabel bertujuan untuk dapat memberikan banyak informasi secara ringkas dan mempermudah pembaca dalam memahami bacaan. Sedangkan fungsi tabel yaitu sebagai berikut;

Memberikan Informasi Yang Ringkas dan Padat

Menjelaskan suatu fakta atau informasi secara singkat dan lebih menarik daripada dengan kata-kata. Selain itu, tabel juga memiliki fungsi untuk mendukung penulis menyampaikan ide atau gagasan sehingga dapat memengaruhi dan meyakinkan pembaca.

Memudahkan Pembaca

Tabel dapat memberi kemudahan kepada pembacanya karena data dalam tabel disusun secara sistematis sehingga lebih mudah untuk dimengerti. Bukan hanya itu, tabel juga dapat memberikan informasi mengenai perubahan yang terjadi pada suatu data, entah itu kenaikan ataupun penurunan.

Bahkan, tabel berfungsi pula untuk memberikan ikhtisar kepada para pembaca berupa angka-angka yang tersusun secara rapi.

Mengeneralisasikan Komunikasi

Sebagai alat komunikasi, sebuah tabel memungkinkan suatu bentuk generalisasi informasi dari sejumlah besar konteks sosial atau ilmiah yang tidak terbatas. Ini menyediakan cara yang akrab untuk menyampaikan informasi yang mungkin tidak jelas agar lebih mudah dipahami.

Jenis Tabel

Terdapat bermacam-macam jenis tabel. Secara umum, tabel dapat dibedakan dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu;

Tabel referensi (Referensi Table)

Tabel referensi mempunyai ciri khusus yang membedakannya dengan jenis tabel lain, yaitu tabel ini memuat seluruh data. Di dalam tabel ini terdapat banyak data yang diperincikan dan disusun dengan rapi untuk keperluan referensi.

Dalam sebuah laporan, tabel referensi biasanya diletakkan dalam halaman tambahan (appendix/lampiran).Contoh tabel referensi yaitu tabel yang terdapat dalam sensus penduduk. Data dalam tabel referensi biasanya digunakan sebagai masukan untuk berbagai kegiatan analisis statistic atau sebagai sumber segala keterangan yang terperinci dan digunakan untuk penunjukan.

Tabel ikhtisar (Summary Table)

Tabel ikhtisar sering dikenal dengan istilah tabel naskah (text table). Bentuk tabel ini sederhana, isinya singkat dan juga mudah dimengerti. Data yang terdapat pada tabel ini biasanya bersumber dari tabel referensi atau didasarkan pada tabel ikhtisar lainnya. Tabel ini berfungsi untuk memberikan gambaran tentang peristiwa-peristiwa yang telah diteliti (diobservasi).

Tabel umum

Tabel umum adalah jenis tabel yang di dalamnya terdapat seluruh data hasil dari definisi penelitian atau variabel hasil penelitian. Tabel umum menyajikan data dalam wujud asli, dan biasanya digunakan sebagai bahan untuk menyusun tabel khusus.

Tabel umum penting karena untuk beberapa hal, diantaranya yaitu:

  1. Untuk menyajikan data asli, sehingga bisa digunakan sebagai rujukan tabel khusus.
  2. Dapat menjadi sumber keterangan untuk data asli.
  3. Sebagai bahan penyusunan tabel khusus.

Oleh karena itu, tabel umum memiliki ciri-ciri yaitu:

  1. Tabel umum berisi beraneka ragam keterangan tentang subjek yang sama atau berisi semua variabel yang diteliti (data yang dikumpulkan).
  2. Untuk data kuantitatif , tabel umum berisi angka absolute (bukan persentase).
  3. Tabel umum berisi keterangan yang mudah dipakai untuk rujukan.
  4. Nilai yang dimasukkan dalam tabel umum adalah nilai asli dan belum dibulatkan.

Tabel distribusi

Tabel distribusi merupakan jenis tabel yang mengelompokkan data ke dalam beberapa kelompok, dan menunjukkan jumlah data (frekuensi) pada tiap-tiap kelompok tersebut, atau dengan kata lain tabel frekuensi dapat diartikan sebagai suatu tabel yang anyaknya kejadian atau frekuensi (cases) didistribusikan ke dalam kelompok-kelompok (kelas-kelas) yang berbeda. (Budiyuwono,1987).

Sedangkan berdasarkan pada jumlah karakteristik dalam tabel, tabel dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu tabel satu arah, tabel dua arah dan tabel tiga arah.

Tabel satu arah

Tabel satu arah merupakan jenis tabel yang menyajikan keterangan tentang satu karakteristik saja. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan karakteristik  ialah bermacam-macam hal, seperti frekuensi, jumlah, kadar, ukuran, dan hal lain yang biasanya dinyatakan dalam angka. Jenis tabel ini adalah jenis tabel yang paling sederhana dan mudah untuk dibuat.

 Tabel dua arah

Tabel dua arah adalah jenis tabel yang menyajikan hubungan antara dua karakteristik. Misalnya yaitu tabel yang berisi data jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan umur, agama dan tempat tanggal lahir, atau jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin dan kelas, dan masih banyak lagi.

Tabel tiga arah

Tabel tiga arah adalah jenis tabel yang menyajikan hubungan antara tiga karakteristik sekaligus. Misalnya tabel yang berisi data penduduk berdasarkan kecamatan, jenis kelamin dan umur, atau data mahasiswa berdasarkan jenis kelamin, agama dan jurusan.

Demikianlah rangkaian penjelasan serta pembahasan tentang pengertian tabel menurut para ahli, fungsi, jenis, dan contohnya secara umum. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi pembaca. Trimakasih,