6 Pengertian Tanggapan Menurut Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Tanggapan Menurut Para Ahli
Pengertian Tanggapan Menurut Para Ahli

Tanggapan pada hakikatnya menjadi salah satu fenomena yang seringkali di alami oleh setiap manusia, bahkan banyak yang mengatakan jikalau tanggapan memiliki hubungan erat dengan rangsangan.

Oleh karena itulah akbiat daripada persepsi tersebut banyak yang mendefinisikan jika tanggapakan secara sederhana adalah perilaku yang dilakukan oleh mahluk hidup karena timbulnya rangsangan. Sebagai ulasan lebih dalam, artikel ini akan memberikan penjelasan menggenai pengertian tanggapan menurut para ahli, berikut pengertian tersebut;

Tanggapan

Tanggapan adalah suatu bagian daripada bentuk kesan yang ditangkap dalam bentuk pendapat, pengalaman, dan tafsiran mengenai suatu aktivitas atau perbuatan tertentu yang biasanya dihasilkan dari bentuk respon terhadap hal-hal tertentu.

Pengertian Tanggapan Menurut Para Ahli

Adapun definisi tanggapan menurut para ahli, antara lain;

  1. Kamisa (1997)

Menurutnya, arti tanggapan merupakan sambutan terhadap suatu objek yang dapat berupa kritik, komentar dan sebagainya.

  1. KBBI

Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian anggapan adalah serapan, yaitu apa yang diterima oleh panca Indra, bayangan dalam angan-angan, pendapat, pandangan, sambutan, dan reaksi

  1. Soemanto (1984)

Menurutnya, definisi tanggapan adalah bayangan yang tinggal ingatan setelah mengadakan pengamatan. Tanggapan tersebut terbagi, dalam pandangannya terbagi menjadi tiga, yaitu;

Jenis Tanggapan

Yaitu;

  1. Tanggapan masa lampau atau tanggapan ingatan.
  2. Tanggapan masa yang akan dating atau tanggapan mengantisipasi
  3. Tanggapan masa kini atau tanggapan representive (tanggapan mengimajenasikan)
  1. Departeman Pendidikan Dan Kebudayaan (1982)

Arti tanggapan adalah gambaran dari suatu yang tidak pernah diamati, sehingga seluruh pribadi ikut aktif dalam bentuk tanggapan.

  1. Rakhmat (2007)

Menurutnya, pengertian tanggapan adalah suatu bentuk pengalaman mengenai obyek, hubungan, ataupun peristiwa yang dihasilkan dari berbagai macam informasi.

  1. Mc Quail dalam Fitriyani (2011)

Dalam pendangannya, arti tanggapan adalah  proses yang dialami oleh mahluk hidup berupa penerimaan atau penolakan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor di dalamnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapatlah disimpulkan jika menganggap dapat diartikan sebagai reaksi stimuli dengan membangun kesan pribadi yang beroroentasi kepada pengamatan masa lalu, pengamatan masa sekarang dan harapan masa yang akan datang.

Demikianlah penjelasan mengenai mengenai pengertian tanggapan menurut para ahli. Sebagai uraian tambahan akan di tulisan contoh tanggapan, misalnya ketika melakukan komunikasi dengan seseorang ketika mereka bertanya tentu sebagai individu yang baik kita akan menjawab sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Dan hal itulah yang dinamakan dengan contoh tanggapan.

Rate this post