5 Pengertian Tsunami Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

pengertian tsunami

Tsunami menjadi salah satu istilah yang familir di Indonesia, istilah ini dikenal dan dialami oleh bangsa Indonesia pada tahun 2014, tempatnya peritiwa tersebut terjadi di Acah, Nias, dan Sumatra Utara. Menurut catatan sejarawan kata tsunami pertama kali dikenalkan oleh Thucydides sebagai istilah pengganti daripada gempa bawah laut. Adapun untuk bahasa tsunami dipereloha dari dua kata, yakni tsu (lautan) dan name (gelombang  ombak). Dari etiimologi tsunami tersebut dapat diberikan definisi atau pengertian tsunami sebagai berikut;

Pengertian Tsunami


Tsunami adalah gempa yang terjadi dibawah laut yang disertai dengan meningkatnya gelombang air laut, sehingga menyebabkan kerugian, baik materil ataupun non materil. Kerusakan ini sendiri bisa terjadi dalam kurun waktu yang sangat lama, apalagi jika gempa bumi yang terjadi lebih dari 8 SR (skala richter).

Tsunami menjadi bagian daripada bencana alam. Pengertian bencana alam sendiri adalah kerusakan yang ada di bumi, laut, dan udara yang menyebabkan hancurnya eksosistem kehidupan manusia. Oleh karena itulah banyak bangsa dan negara mencoba menelisik lebih dalam mengenai stunami ini.

Pengertian Tsunami Menurut Para Ahli

Sebagai penjebaran lebih terperinci, berikutnya akan diberikan pengertian tsunami menurut para ahli;

BNPB (2011)

Pengertian tsunami adalah serangkaian peristiwa bersamaan antara gelombang dan ombak laut sehingga menimbulkan pergeseran lempeng di dasar laut sebagai bentuk akibat dari gempa bumi yang sebelumnya terjadi. Definsi ini sesuai dengan dasar teori pembentukan bumi menurut para ahli.

Bakornas PB (2007)

Definisi tsunami adalah gelombang lautan dengan periode yang panjang, biasanya hal tersebut ditimbulkan dari gangguan impulsif dari dasar laut. Kondisi ini melihat zona laut yang memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Selengkapnya, baca; 7 Zona Laut: Jenis dan Bentuknya

Puspito (2010)

Pengertian tsunami adalah gelombang laut yang disebabkan karena gempa dasar laut sehingga mencapai ketinggian satu meter bahkan hingga puluhan meter di garis dari pantai. Hal inilah seringkali mengakibatnya bahwa bencana ini lebih banyak mendaatkan dampak kematian lebih besar di bandingkan dengan bencana lainnya.

Wikipedia

Arti tsunami adalah perpindahan air yang disebabkan adanya perubahan permukaan dasar laut secara vertikal secara tiba-tiba. Sehingga menyebabkan hantaman keras di dasar laut, membentuk gempa bumi, yang akhirnya air yang ada di dalamnya akan terbawa keluar dari dasar laut ke permukaan laut. Selengkapnya, baca; 7 Pengertian Laut Menurut Para Ahli

Anonim (2013)

Tsunami adalah gelombang yang datang dengan kuat serta bercepatan tinggi sehingga menyeyababkan kerugain bagi mahluk hidup yang ada di dalam bumi. Baik kerugikan material atupun kerugian dalam segi imaterial. Oleh karena itulah setiap wilayah sangat menakuti bencana jenis ini.

Musashiazka (2014)

Tsunami adalah gelombang air laut yang tidak wajar dari biasanya, hal ini biasanya dikarenakan adanya pergeseran lempeng pada belahan bumi, gempa, dan lain sebaginya. Yang kesemuanya dianggap sebagai akibat kerusakan yang terjadi di alam.

Dari 5 pengertian tsunami menurut para ahli diatas, dapat dikatakan jika tsunami adalah seringakain peristiwa bencana alam yang terjadi karena gempa bumi di bawah dasar laut atau dikarenakan adanya letusan gunung berapi di bawah laut (seperti gunung Krakatau) sehingga menyebabkan kerugian, baik fisik ataupun non fisik.

Penyebab Tsunami

Yang menjadi salah satu landasan, hadirnya bencana tsunami ini antara lain adalah sebagai berikut;

Meletusnya Gunung Berapi

Melutusnya gunung berapi menjadi salah satu alasan munculnya tsunami, letusan ini terjadi karena adanya magma yang kuat di dasar bumi. Contohnya saja letusan berapi yang mengakibatkan bencana tsunami ialah letusan anak gunung krakatau. Yang terjadi dan mampu memisahkan antara Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.

Anak gunung krakatau menjadi salah satu penyebab munculnya tsunami, yang akhirnya akibat bencana alam disini memunculkan selat sunda, selat ini bahkan sampai saat ini masih terdapat anak gunung krakatu yang dinilai suatu saat akan memunculkan benacana tsunami yang lebih besar.

Gempa di Bawa Laut

Contoh lainnya, yang menjadi salah satu penyebab adanya tsunami ialah gempa di bawah laut. Gempa ini awal mulanya dianggap biasa oleh masyarakat, bahkan banyak masyarakat yang tidak menyadarinya. Contohnya saja mengenai proses tsunami yang terjadi akibat gempa di bawah laut ini terjadi di Aceh pada tahun 2004.

Pristiwa munculnya tsunami pada Tahun 2004 disebakan karena adanya gempa di bawah laut, pada awalnya masyarakat menganggap biasa. Bahkan banyak masyarakat yang malah menyerbu pesisir laut dengan tujuan mencari ikan. Akan tetapi pada akhirnya karena datangkan obak besar yang memampu menghabiskan hampir 100% dataran di Aceh.  Selengkapnya, baca; Pengertian Pesisir Pantai Menurut Para Ahli dan Contohnya

Longsor di Bawah Laut

Penyebab munculnya tsunami di dalam bumi ini, salah satunya karena adanya longsor di bawah laut. Kelongsoran ini terjadi karena proses abrasi pada pinggiran pesisir, yang akhirnya menyebabkan naiknya obak laut yang besar di dataran bumi.

Artikel Terkait;

  1. 5 Alasan yang Menjadikan Enggan Melaut
  2. 10 [Jumlah] Negara Yang Berbatasan Dengan Laut Indonesia
  3. Pengertian Bumi, Struktur, dan Lapisannya

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian tsunami menurut para ahli, semoga dengan adanya definisi tsunami dari ahli ini dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari lietrasi tentang bencana alam tsunami. Trimakasih,