4 Pengertian Ulumul Qur’an Menurut Para Ahli [Lengkap]

Posted on

Pengertian Ulumul Qur’an Menurut Para Ahli

Pengertian Ulumul Qur'an Menurut Para Ahli

Istilah mengenai Ulumul Qur’an atau ‘Ulum Qur’an  tak lagi menjadi asing di telinga kita, istilah ini bahkan telah menjadi pelajaran wajib di berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia. Oleh karena itulah pada pembahasan kali ini akan mengulas tentang Pengertian Ulumul Qur’an.

Baca: 7 Pengertian Al-Qur’an Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Ulumul Qur’an


Ungkapan Ulumul Qur’an berasal dari Bahasa Arab yang hakekatnya terdiri dari dua kata, yaitu “Ulum” dan “Al-Qur’an”. Sehingga secara etimologi atau Bahasa definisi Ulumul Qur’an adalah suatu ilmu yang menyangkut pembahasan berkaitan dengan Al-Qur’an.

Adapun untuk pengertian Ulumul Qur’an menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut;

Pengertian Ulumul Qur’an Menurut Para Ahli


Manna’ Al-Qoththan

Menurutnya, pengertian Ulumul Qur’an adalah ilmu atau pengetahuan yang mencangkup pembahasan-pembahasan yang berkaitan dengan Al-Qur’an dari berbagai sisi, baik dari informasi tentang As-Babaul Nuzul (sebab-sebab turunnya Al-Qur’an), tertib penulisan Al-Qur’an, kodifikasi, ayat-ayat yang diturunnkan di Mekah (Makkiyah) dan ayat-ayat yang diturunkan di Madinah (Madaniyyah), dan hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan Al-Qur’an.

Az-Zarqoni

Definisi Ulumul Qur’an menurutnya, adalah beberapa bentuk pembahasan yang berkaitan dengan Al-Qur’an, dari urutan kepenulisan, sisi turun, kodifikasi, cara membaca, kemukzizatan, nasikh, mansukh, dan juga penolakan akan hal-hal yang bisa menimbulkan keraguan terhadapnya, serta hal-hal lainnya.

Abu Syahbah

Ulumul Qur’an dalam pandangannya adalah sebuah ilmu pengetahuan yang memiliki banyak objek pembahasan di dalamnya, dimana objek-objek tersebut berhubungan erat dengan Al-Qur’an, mulai proses penurunan, penulisan, urutan kepenulisan, kodifikasi, cara membaca penafsiran, kemukzizatan, nasikh-mansukh, sampai pembahasan-pembahasan lain.

Siti Roihan

Menurutnya Ulumul Qur’an adalah sejumlah pembahasan yang berkaitan dengan Al-Qur’an, dan pembahasan-pembahasan tersebut menyangkut materi-materi yang selanjutnya menjadi pokok-pokok bahasan Ulumul Qur’an.

Dari sejumlah pengertian Ulumul Qur’an menurut para ahli, sangatlah penting bagi artikel ini untuk menjelasakan tentang sejarah ‘Ulum Qur’an. Adapun sejarah perkembangan ‘Ulum Qur’an, antara lain sebagai berikut;

Sejarah Ulumul Qur’an


Istilah ‘Ulum Qur’an pertamakali muncul pada abad VI Hijriah, oleh salah seorang ulama’ besar yaitu Abu Al-Farj Bin Al-Zarqani. Hal ini sebagimana yang dijelasakan oleh Asy-Suyuti dalam pengantar Kitab Al-Itqoin.

Sedangkan sejarah ‘Ulum Qur’an yang lain diungkapkan oleh Al-Zarqani yang menyaakan bahwa itilah ‘Ulum Qur’an muncul pada awal abad V H melalui tangan Al-Hufi (Tahun 430 H) dalam karyanya yang berjudul Al-Burhah fi ‘Ulum Qur’an.

Demikianlah pembahasan mengenai 4 Pengertian Ulumul Qur’an Menurut Para Ahli yang disertai pula dengan sejarah awal munculnya ‘Ulum Qur’an sebagai Ilmu pengetahuan. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat bagi etiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Pengertian Ulumul Qur’an”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 6 Rukun Wudhu Beserta Penjelasannya Lengkap
  2. 5 Hukum Islam Beserta Contohnya (Wajib+Haram+Sunat+Makruh+Mubah)
  3. Pengertian Malaikat, 10 Nama Malaikat dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui
  4. 6 Rukun Iman dan Penjelasannya Lengkap
4 Pengertian Ulumul Qur’an Menurut Para Ahli [Lengkap]
Rate this post