5 Pengertian Variabel Penelitian Menurut Para Ahli dan Macamnya

Diposting pada

Pengertian Variabel Penelitian Menurut Para Ahli

Istilah variabel dalam suatu arti penelitian barangkali memang menjadi hal penting yang wajib atau perlu diketahui bagi setiap orang yang ingin melakukan penelitian atau membuat karya tulis ilmiah. Baik skripsi, makalah, ataupun tesis. Variable penelitian menjadi penting karena hal ini adalah pokok pemikiran yang kemudian dapat dikembangkan oleh seorang peneliti.

Meskipun begitu tak jarang banyak diantara kita kurang atau bahkan tidak mengetahui apa yang dimasud dengan variable dalam penelitian. Oleh karenannya dalam tulisan ini akan memberikan ulasan panjang lebar menganai pengertian variabel, macam-macam variabel, dan contoh dalam variabel.

Variabel Penelitian

Variabel penelitian dapat diartikan sebagai suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, objek tertentu, atau kegiatan yang mempunyai variasi lebih dari satu sehingga ditetapkan oleh peneliti untuk kemudian dapat dipelajari dan ditarik kesimpulannya.

Pengertian Variabel Penelitian Menurut Para Ahli

Adapun definisi variabel penelitian menurut para ahli, antara lain;

  1. Hatch dan Farhady (1981)

Memberikan pengertian bahwa variabel penelitian adalah atribut sesorang, atau obyek tertentu yang memiliki variasi yang berbeda dari satu objek ke obejek alain atau dari satu orang ke orang lain

  1. Kerlinger (1973)

Memberikan pengertian bahwa variabel penelitian adalah suatu konstruk (constructs) ataupun sifat yang dapat dipelajari dalam penelitian.

  1. Y.W Best

Memberikan pengertian bahwa variabel penelitian adalah suatu kondisi ataupun serenteristik yang dapat dilakukan oleh peneliti dalam memanupulasikan, mengkontrol, dan mengobservasikan dalam bentuk penelitian yang jelas.

  1. Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan)

Memberikan pengertian bahwa variabel penelitian adalah segala hal atau sesuatu yang akan menjadi objek pengamatan di dalam sebuah penelitian.

  1. Kidder (1981)

Memberikan pengertian bahwa variabel penelitian adalah kualitas yang bisa diselidiki oleh peneliti yang tujuannya untuk membuat penarikan kesimpulan dalam laporan penelitian.

Macam Variabel Penelitian

Secara garis besarnya variabel penelitian dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Variabel Kuantitatif

Contoh dari adanya variabel kuantitatif misalnya luas wilayah, umur seseorang, banyaknya jam atau menit dalam sehari-hari, dan lain sebagainya.

Sebagai catatan penting sebelum di akhiri, perlu diketahui bahwasanya variabel kuantitatif dibagi menjadi dua kelompok secara garis besarnya. Yaitu:

  1. Variabel Diskrit (Discrete)

Variabel dikrit biasa disebutkan juga dengan variabel nominal ataupun variabel kategorik dalam penelitian. Contoh variabel ini adalah wanita, atau dengan kata lain: “wanita dan pria”. Oleh karena itu angka-angka digunakan dalam variabel diskrit ini untuk menghitung, yaitu banyaknya pria, maka angka dinyatakan sebagai frekuensi.

  1. Variabel Kontinum (Continous )

Variabel kontinum sebagai bagian dari kualitatif diartikan sebagau suatu variabel yang menunjukkan tingkatan dari berbagai tingkatan, misalnya pendek, kurang panjang, panjang. Contoh : Ani terpandai, Siti pandai, Nono tidak pandai.

Adapun khusus untuk variabel kontinum juga dipisahkan menjadi tiga bagian, diantaranya:

  1. Variabel interval, yaitu variabel yang mempunyai jarak, jika dibanding dengan variabel lain, sedang jarak itu sendiri dapat diketahui dengan pasti. Misalnya : Suhu udara diluar 310 C. Suhu tubuh kita 370 C. Maka selisih suhu adalah 60 C.
  2. Variabel ratio, yaitu variabel perbandingan. Variabel ini dalam hubungan antar-sesamanya merupakan”sekian kali”. Adapun contohnya yaitu Berat Pak Karto 75 kg, sedangkan anaknya 35 kg. Maka Pak Karto beratnya dua kali berat anaknya.
  1. Variabel Kualitatif

Adapun untuk contoh yang menjadi bagian variabel penelitian kualitatif misalnya adalah tentang suatu kemakmuran, atau kepandaian siswa dalam mata pelajaran tertentu. Sehingga dalam hal ini si peneliti akan melakukakan telaah lebih mendalam.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapatlah disimpulkan bahwa variabel penelitian adalah segala sesuatu yang memiliki variasi nilai sehingga dapat dikembangakan dan dilakukan penarikan kesimpulan. Oleh karenanya sangat pantas, jika ada yang memberikan pemahaman bahwa variabel adalah atribut dari bidang keilmuan tertentu.

Demikianlah ulasan atas berbagai pengertian variabel penelitian menurut para ahli, macam, dan contohnya. Semoga saja tulisan ini bisa menjadi panduan, sebab selain menyebutkan pengertian ahli juga menyebutkan macam-macam variabel beserta contohnya juga ya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.