4 Pengertian Laporan Penelitian Menurut Para Ahli dan Syarat Penulisannya Lengkap

Posted on

4 Pengertian Laporan Penelitian Menurut Para Ahli dan Syarat Penulisannya Lengkap

Pengertian Laporan Penelitian Menurut Para Ahli dan Syarat Penulisannya Lengkap

indonesiastudents.com– Laporan penelitian pada dasarnya berasal dari Bahasa Latin “Portare” yang secara umum berarti membawa, menyampaikan, dan menyakut. Laporan penelitian penting untuk disajikan dalam sebuah penelitian. Hal tersebut lantaran menjadi tangung jawab dan kreadibiltas penelitian tersebebut dinggap layak ataupun tidak.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, di dalam pembahasan kali ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian laporan penelitian menurut para ahli dan syarat penulisannya secara lengkap. Baca Juga: 14 Pengertian Penelitian, Kegunaan, Syarat, Cara Berfikir, dan Sikapnya Menurut Ahli.

Pengertian Laporan Penelitian


Laporan Penelitian adalah kerja akhir dari proses segala proses penelitian yang disusun secara bertahap untuk mendeskripsikan hasil sementara ataupun hasil akhir atas penelitian yang diajukan. Laporan penelitian yang baik disusulah  secara sistematis, ilmiah, objektif, dan dilaksanakan tepat pada waktu yang diberikan.

Sedangkan menurut para ahli, pengertian laporan penelitian adalah sebagai berikut;

Pengertian Laporan Penelitian Menurut Para Ahli


Kerlinger

Menurutnya, laporan penelitian adalah proses menemuan dinilai mempunyai karakteristik yang sistematik, empiris, terkontrol, dan juga berlandasakan pada teori dan hipotesis yang dajukan.

Bahdin (2005)

Menurutnya, definisi laporan penelitian ialah suatu bentuk karya tulis yang isinya berupa paparan tentang suatu proses dan hasil kegiatan penelitan

Daeseunike (2016)

Arti laporan penelitian adalah media yang mengkomunikasikan antara peneliti dengan masyarakat, sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan berkepentingan penelitian yang dilakukannya.

Putri (2015)

Laporan penelitian atau report adalah suatu bentuk peninggalan tertulis secara ilmiah dari penelitian yang dilaksanakan atau dilakukannya.

Dari 4 pengertian laporan penelitian menurut para ahli tersebut daoatlah dikatakan jika laporan penelitian adalah jawaban yang diberikan oleh penelitia atas hipotesis yang dikemukakan pada awal sebuah penelitian.

Untuk syarat penulisan laporan dalam penelitian antara lain sebagai berikut;

Syarat Penulisan Laporan Penelitian


  • Penulis laporan harus tahu kepada siapa laporan ditulis

  • Penulis harus menyadarai bahwa pembaca tidak mengikuti proses penelitian
  • Penulis harus menyadari perbedaan latar belakang
  • Laporan harus jelas dan dapat meyakinkan pembaca

Sedangkan bagian laporan penelitian secara garis besar ada tiga bagiannya, yakni bagian pendahuan, isi, dan penutup. Bagian tersebut antara lain;

  1. Bagian Pendahuan dalam laporan penelitian yang baik berisi halaman judul, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, gambar, dan grafik.
  2. Bagian Isi dalam sebuah laporan penelitian berisi bab pendahuluan, bab tinjauan pustaka, bab metodologi, bab pelaksanaan penelitian, bab hasil penelitian, bab kesimpulan, dan saran
  3. Bagian Penutup, bagian penutup dalam laporan penelitian berisi daftar pustaka, lampiran, dan indek.

Langkah Menyusun Laporan Penelitian


Dalam langkah menyusun hasil penelitian, yang dipergunakan dalam laporan akhir penelitian diantarnya;

  1. Rancangan penelitian yang biasa dilakukan disusun sebelum penelitian atau pada tahap pelaporan, setelah itu rancangan penelitian tinggal diperbaiki agar lebih lengkap dan sempurna. Adapun isi dalam rancangan penelitian, diantranya masalah penelitian, tinjauan pustaka, dan metodologi yang dipergunakan.
  2. Menyusun laporan penelitian selajutnya ialah membuat pembahasan dan analisa dari hasil penelitian yang telah dikemukakan sebelumnya.
  3. Terakhir, dalam membuat laporan penelitian ialah mencari kesimpulan yang brisi tentang hasil penafsiran penelitian, mengungkapkan kelemahan penelitian, dan rekomendasi.

Demikianlah ulasan mengenai laporan penelitian, yang berisi tentang pengertaian, syarat kepenulisan, bagian, dan cara menyusunnya lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang menyusun “Laporan Penelitian”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

4 Pengertian Laporan Penelitian Menurut Para Ahli dan Syarat Penulisannya Lengkap
Rate this post