“Percobaan Ilmiah Sederhana” Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

Diposting pada

“Percobaan Ilmiah Sederhana” Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

Percobaan Ilmiah Sederhana

indonesiastudents.comPercobaan ilmiah sederhana secara umum bisa diberi pengertian sebagai serangkaian kegiatan mengenai praktikum dengan menggunakan bahan alam untuk menghasilkan produk yang ramah lingkungan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Program mengenai percobaan ilmiah sederhana ini biasanya dilakukan di laboratorium alam. Laboratorium alam merupakan fasilitas yang digunakan untuk kegiatan Praktikum Ilmiah Sederhana dan kegiatan eksplorasi bagi masyarakat dalam membuat dan mengembangkan produk yang bermanfaat dan ramah lingkungan.

Baca: 5 Pengertian Praktikum Menurut Para Ahli Lengkap

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian percobaan ilmiah sederhana dan contoh percobaan ilmiah sederhana. Berikut penjelasannya tersebut;

Pengertian Percobaan Ilmiah Sederhana


Percobaan ilmiah sederhana adalah serangkain percobaan yang dilakukan dengan alat atau bahan sederhana, yang bahan-bahan tersebut bisa dengan mudah di dapatkan di alam. Pelaksanaan mengenai percobaan ilmiah sederhana dengan secara langsung dapat mencegah timbulnya limbah, mengurangi pemakaian bahan-bahan kimia, mengutamakan bahan dasar yang dapat diperbarui, mendesain produk yang dapat di daur ulang, dan lain sebaginya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai percobaan ilmiah sederhana, berikut berbagai contoh percobaan ilmiah sederhana yang bisa dilakukan oleh para pelajar atau mahasiswa dalam menerpkan ilmu pengetahunnya.

Contoh Percobaan Ilmiah Sederhana


  1. Pembuatan biodiesel, pada pembuatan biodiesel menggunakan bahan dasar minyak jelantah yang termasuk limbah, minyak jelantah direaksikan dengan NaOH akan menghasilkan gliserin dan biodiesel.

  2. Pembuatan bioplastic, pembuatan bioplastik menggunakan bahan yang mengandung selulosa. Bahan yang mengandung selulosa dapat berupa kulit pisang, kulit udang, dll. Bahan yang mengandung selulosa direaksikan dengan tepung maizena, asam asetat, gliserin yang didapat dari pembuatan biodiesel dan juga air.
  3. Pembuatan pembersih kaca dan pembersih lantai dari limbah jeruk nipis.

Dari pembahasan tersebut, sejatinya pada program percobaan ilmiah sederhana tidak hanya mengajarkan penduduk untuk bisa membuat sebuah produk yang ramah lingkungan, namun melalui program ini penduduk diajak untuk berfikir kreatif dan berfikir out of the box.  Pada awalnya penduduk diberikan contoh untuk memecahkan suatu masalah, namun selanjutnya penduduk dituntu untuk berfikir kreatif.

Misal penduduk dicontohkan membuat bioplastik dari kulit pisang, selanjutnya mereka akan membuat bioplastik dari bahan lain. Untuk tingkat yang lebih tinggi penduduk akan diberikan sebuah permasalahan, kemudian mereka akan memecahkan masalah tersebut dengan pemikiran kreatif mereka.

Dengan melatihkan berfikir kreatif, maka penduduk di desa tertinggal akan terlatih untuk menghadapi permasalahan di berbagai keadaan dan dapat menemukan solusinya. Sehingga pemikiran mereka akan terbuka tidak terkengkang dengan apa yang telah ada dan melahirkan ide-ide baru atau sebuah inovasi di berbagai bidang.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian percobaan ilmiah sederhana dan contoh terhadap percobaan ilmiah sederhana. Semoga bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Percobaan Ilmiah Sederhana”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya;

  1. Pengertian Perpustakaan Sekolah, Manfaat, Fungsi, dan Program Kerja
  2. Karakteristik Anak SD (Sekolah Dasar) Menurut Para Ahli Lengkap
  3. Strategi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Lengkap
  4. 6 Pengertian Komik Menurut Ahli dan Manfaatnya Dalam Pendidikan [Lengkap]