5 Pengertian Praktikum Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Praktikum– Istilah praktikum barangkali tak asing, bagi pendidikan di Indonesia. Sebab mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi (PT) metode pembelajaran dengan praktikum selalu diterpakan. Pembelajaran praktikum diterapkapkan umumnya untuk pelajaran-pelajaran eksakta, seperti pelajaran fisika, kimia, matematika, biologi, pertanian, dan lain sebaginya.

Jika dilihat dari segi bahasa praktikum berasal dari kata dasar praktik yang memiliki arti pelaksanaan. Meskipun begitu praktik yang menjadi praktikum sering kita lakukan dan menjadi rutinitas sehari-hari tak jarang diantara kita, kurang mengetahui tentang pengertian praktikum. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini indonesiastudents.com akan mengulas lebih dalam pengertian praktikum.

Pengertian Praktikum


Praktikum dapat diartikan sebagai proses pembelajaran kepada peserta didik dari tenaga pendidik untuk mengamati obyek, menganalisis, membuktikan dan membuat kesimpulan atau laporan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan. Laporan yang dilakukan dengan bentuk tulisan, baik ditulis tangan ataupun menggunakan mesin ketik.

Baca: 4 Pengertian Metode Pembelajaran Lengkap

Adapun untuk pengertian lebih lanjut mengenai praktikum tulisan ini juga akan memberikan berbagai defenisi atau pengertian praktikum menurut para ahli.

Pengertian Praktikum Menurut Para Ahli


Para ahli banyak yang mencoba memberikan pengertian praktikum, diantaranya ahli-ahli tersebut adalah sebagai berikut:

Lunetta
Memberikan pengertian bahwa praktikum adalah pembelajaran yang dilakukan dengan hubungan interaksi melalui sebuah kegiatan mengamati dan memahami dunia alam yang diakukan oleh peserta didik.

Ekabahasa
Memberikan pengertian praktikum sebagai bagian dari pada suatu pengajaran, yang bertujuan agar peserta didik mendapat kesempatan untuk menguji.

Soekarno
Memberikan pengertian praktikum sebagai cara mengajar yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan fakta atau pembuktian fakta yang penting untuk diketahui.

Djamarah dan Zain
Mendefenisikan praktikum sebagai proses pembelajaran tenaga pendidik kepada peserta didik untuk dapat melakukan dan mengalami sendiri tentang materi yang dipelajari.

Winatapura
Memberikan keterangan bahwa praktikum adalah cara penyajian yang disusun oleh peserta didik secara aktif untuk kemudian dapat mengalami dan membuktikan sendiri tentang apa yang telah dipelajari.

Dari 5 pengertian praktikum menurut para ahli diatas dapat dikatakan bahwa praktikum dilakukan oleh tenaga pendidik untuk peserta didik agar mampu membutikan atau menguji fenomena-fenomena tentang permasalahan tertentu. Pengujian praktikum biasanya dilakukan dengan di laboratorium.

Setelah kita mengulas pengertian praktikum di atas, selanjutnya tulisan ini akan mencoba menjelaskan tentang ciri-ciri laporan praktikum.

Ciri-Ciri Laporan Praktikum

  1. Laporan ditulis berdasarkan Pengalaman langsung (first-hand experiences)
  2. Laopran dilakukan setelah percobaan

Demikianlah ulasan mengenai pengertian praktikum yang disertakan pula dengan pengertian praktikum menurut para ahli, semoga bermanfaat dan dapat membantumu dalam mengerjakan tugas tentang apa praktikum, termasuk pengertian laporan praktikum. Trimakasih

Baca Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *