“Pohon Karet Kebo” Kandungan, Morfologi, dan Taksonomi [Lengkap]

Diposting pada

“Pohon Karet Kebo” Kandungan, Morfologi, dan Taksonomi [Lengkap]

Pohon Karet Kebo

indonesiastudents.com– Pohon karet kebo merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat mudah ditemukan, dalam pohon karet kebo memiliki sejumlah kandungan dan juga manfaat yang besar, meskipun sampai saat ini upaya memaksimalkan keanekaragaman jenis tanaman di Indonesia belum maksimal, termasuk dalam memanfaatkan jenis tanaman pohon karet kebo ini.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam artikel ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang “Pohon Karet Kebo” Kandungan, Morfologi, dan Taksonomi. Berikut uraian atas penjelasan tersebut.

Kandungan Pohon Karet Kebo


Pohon karet kebo dalam bahasa latin dikenal dengan ficus elastica adalah salah satu  genus Ficus yang digunakan sebagai obat secara empirisnya. Hal ini sebagimana yang dijelaskan dalam berbagai penelitian para ahli, salah satunya adalah penelitian yang dilakukan Almahy (2003).

Menurut Almahy (2003) bahwa pohon karet kebo terutama dalam daun yang dimilikinya  mengandung rutin, morin, sukrosa, dan emodin. Sementara itu hasil penelitian mengenai kandungan pohon karet kebo lainnya, mengungkapkan bahwa dalam getah pohon karet kebo mengandung flavonoid, alkaloid, asam organik dan triterpen (Hari, 2011).

Ekstrak etanol daun Ficus elastica telah dilaporkan terdapat flavonoid dan saponin yang bersifat toksik  berdasarkan uji BSLT (Baraja, 2008). Menurut Morissey dan Osbourn (1999) saponin dapat berinteraksi dengan kutikula membran larva dan dapat mengakibatkan larva mengalami kematian karena kekurangan oksigen, sementara Innocent et al (2008) melaporkan bahwa senyawa kimia dari tanaman, seperti flavonoid mempunyai aktivitas larvasida dengan menghambat kerja sistem endokrin dan mencegah pelepasan enzim pencernaan, sehingga laju pertumbuhan berkurang.

Baca: 14+ Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli, Kegunaan, Syarat, Cara Berfikir, dan Sikap

Mbosso (2012), mengungkapkan bahwa kandungan kulit akar udara dari pohon karet kebo sejatinya mengandung ficusamide yang sangat aktif, sehinggal hal itu dapat dipergunakan sebagai antibakteri pada Staphylococcus saprophyticus

Taksonomi Pohon Karet Kebo


Menurut para ahli, salah satunya sebagaimana dikutip dari Roxb. ex Hornem, pohon karet kebo memiliki teksonomi sebagai berikut;

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Viridiplantae
  • Infrakingdom : Streptophyta
  • Superdivisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Subdivisi : Spermatophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Superordeo : Rosanae
  • Ordo : Rosales
  • Famili : Moraceae
  • Genus : Ficus
  • Spesies : Ficus elastica

Morfologi Pohon Karet Kebo


Ficus elastica (Moraceae) atau Pohon Karet Kebo merupakan tanaman hijau yang banyak tersebar  dan memiliki tinggi 30 m. Daunnya memiliki panjang 7 – 20 cm, dengan tepi  halus dan ujung yang tumpul. Daunnya sepanjang 1 kaki dan tebal berwarna hijau tua. Tanaman ini sering dikenal dengan “india-rubber tree” (Burkill1966).

Demikianlah penjelasan atas pembahasan tentang “Pohon Karet Kebo” Kandungan, Morfologi, dan Taksonomi [Lengkap]. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Pohon Karet Kebo”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. “Buah Sukun” Pengertian, Taksonomi, dan Kandungannya [Lengkap]
  2. “Kecoa” Pengertian, Habitat, Morfologi, dan Teksonomi [Lengkap]
  3. “Vacuum Cleaner (Penghisap Debu)” Pengertian, Sejarah, Jenis & Cara Kerja [Lengkap]
  4. “Mikrokontroller & Arduino” Pengertian dan Kelebihannya