Potensi Fisik Desa dan Potensi Non Fisiknya {Terlengakap}

Posted on

Potensi Fisik Desa dan Potensi Non Fisiknya Terlengakap

potensi desa

indonesiastudents.com– Potensi desa selama ini dianggap segenap Sumber Daya Alam (SDA) dan juga Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh sebuah desa. Potensi desa bisa modal dasar dalam memajukan sebuah Negara. Sehingga potensi desa inilah perlu dikelola dan juga dikembangkan.

Hakekatnya, potensi desa dibagi menjadi dua bagian, pertama adalah potensi fisik dan kedua adalah potensi non fisik. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini, indonesiastudents.com akan memberikan pembahasan mengenai potensi fisik desa dan potensi non fisik desa.

Baca: 23 Pengertian Desa Menurut Ahli Lengkap

Pontesi Fisik Desa


Potensi fisik desa adalah segenap sumber daya alam yang terdapat di desa dan diharapkan dapat memberikan menfaat bagi kelancaran, kelangsungan, dan perkembangan desa. Adapun potensi fisik desa mencangkup hal-hal sebagai berikut;

Tanah

Bagi masyarakat desa tanah merupakan tumpuan kehidupan sehingga menjadi potensi fisik yang sangat penting. Oleh karena itu, di pedesaan yang masih bersifat agraris petani sangat bergantung pada kesuburan tanah. Selain potensi untuk pertanian, di dalam tanah juga terkandung berbagai bahan tambang

Air

Potensi air sangat beragam dan sangat bergantung pada masing-masing wilayahnya. Air dapat dimanfaatkan antara lain untuk kepentingan rumah tangga, irigasi, dan perikanan. Bagi desa-desa di daerah pantai, air laut dapat diolah menjadi garam.

Iklim dan Angin

Potensi iklim dan angin yang ada disebuah desa sangat penting terutama bagi desa-desa yang memiliki mata pencarian di bidang agraris (pertanian). Alasannya, karena iklim berpengaruh terhadap perencanaan waktu terhadap tanam dan jenis tanamannya. Sedangkan untuk angin dapat dikelola atau dimanfaatkan sebagai tenaga penggerak kincir untuk keperluan pengairan.

Manusia

Desa menyimpan potensi sumber daya manusia, khususnya sebagai sumber tenaga kerja

Ternak

Ternak memiliki potensi sumber tenaga yang dapat dimanfaatkan bagi petani. Contohnya sapi, kerbau dan kuda yang dapat dipekerjakan dalam mengolah sawah dan sebagai tenaga pengangkut.

Potensi non fisik


Potensi non fisik yang ada di desa adalah segenap potensi sumber daya sosial dan budaya yang terdapat di desa yang bersangkutan. Potensi non fisik desa ini meliputi hal-hal sebagai berikut;

Gotong royong

Kehidupan yang bersifat gotong royong merupakan potensi yang sangat kuat dalam rangka pembangunan desa.

Lembaga dan organisasi sosial

Lembaga dan organisasi sosial serta lembaga pendidikan yang ada di desa merupakan potensi positif bagi pembangunan desa.

Aparatur pemerintahan

Perangkat pemerintahan desa merupakan potensi yang sangat menentukan kelancaran sistem pemerintahan.

Demikianlah pembahasan mengenai potensi fisik desa dan potensi non fisik desa. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mendalami apa saja potensi yang ada di desa. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Tujuan Penelitian dan Karakteristiknya Terlengkap
  2. Pengertian Tinjauan Pustaka Beserta Manfaat Tinjauan Pustaka Menurut Ahli
  3. Pengertian Metodologi Penelitian Beserta Penjelasannya Terlengkap
  4. Cara Membuat Saran dalam Makalah Bererta Contohnya