23 Pengertian Kota Menurut Para Ahli dan Cirinya

Diposting pada
Pengertian Kota Menurut Para Ahli
Pengertian Kota Menurut Para Ahli

Kota yang seringkali dipahami sebagai urban memiliki sebuah peran yang mendalam bagi perkembangan suatu Negara. Alasannya karena wilayah dan perwilayah kota ini sendiri identik dengan gedung-gedung yang megah, jalan tol, alat transportasi yang canggih, serta ciri khas lainnya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini, akan memberikan ulasan mengenai pengertian kota menurut para ahli dan potensinya lengkap.

Kota

Pada dasarnya sitilah kota/urban mencakup pengertian “town” dan “city” dalam kaedah bahasa Inggris. Selain itu, kota menjadi tempat administrasi yang berada di bawah provinsi atau Negara. Contohnya saja di Indonesia yang beribukota DKI Jakarta, Provinsi Lampung yang beribukota Bandar Lampung.

Sedangkan dalam istilah lainnya untuk masyarakat Indonesia istilah kota berasal dari bahasa Sansekerta ‘koeta’ yang artinya, tempat kekuasaan ataupun tempat pemerintahan.

Pengertian Kota

Kota adalah pusat yang menjadi permukiman dan kegiatan penduduk yang mempunyai batasan administrasi yang diatur di dalam perundang-undangan, serta permukiman yang telah memperhatikan watak dan ciri kehidupan perkotaan

Pengertian Kota Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi kota menurut para ahli, antara lain;

  1. Bintarto

Kota adalah sebuah bentang budaya yang ditimbulkan oleh unsur-unsur alami dan nonalami dengan gejala pemusatan penduduk yang cukup besar dan corak kehidupan yang bersifat heterogen dan materialistis dibandingkan daerah di belakangnya.

  1. Grunfeld

Kota adalah suatu pemukiman dengan kepadatan penduduk yang lebih besar daripada kepadatan wilayah nasional dengan struktur matapencaharian nonagraria dan penggunaan system penggunaan yanah yang beraneka ragam serta ditutupi oleh gedung-gedung tinggi yang lokasinya sangat berdekatan

  1. Max Weber

Kota adalah suatu tempat yang penghuninya dapat memenuhi hampir semua kebutuhannya di pasar yang ada di kota itu sendiri.

  1. Peraturan Meteri dalam Negri No.2 Tahun 1987 Pasal 1

Kota adalah pusat permukiman dan kegiatan penduduk yang mempunyai batasan administrasi yang diatur di dalam perundangan, serta permukiman yang telah memperlihatkan watak dan ciri kehidupan perkotaan.

  1. Rapoport (1977)

Kota adalah suatu lokasi yang menetapkan batas-batas isyarat dan symbol dalam pembangunan dan pembedaannya terhadap desa.

  1. Wikipedia

Definisi kota adalah kawasan pemukiman yang dipergunakan untuk menunjukan rumah yang didominasi oleh tata ruangnya sebagai bentuk fasilitas dalam mendukung kehidupan setiap warga secara mandiri.

  1. Louis Wirth

Menurutnya, kota adalah suatu pemukiman bagi masyarakat yang relatif besar, permanen, dan padat karena dihuni oleh masyarakat yang heterogen kedudukan (multikultural).

  1. Kostof

Arti kota adalah tujuan atau suatu daerah yang menjadi kenangan terakhir dari segala perjuangan dan kemuliaan, sehingga menjadi kebanggaan dari masa lalu.

  1. Hofmeister

Kota adalah suatu tempat tinggal yang sebagian besarnya dihuni oleh masyarakat pendatang, sehingga menjadi pelayan kebutuhan barang atau jasadiberbagai wilayah.

  1. Harris dan Ullman

Kota adalah pusat permukiman dan juga pemanfaatan bumi oleh manusia yang diunggulkan dalam sistem pengelolaan yang ada.

  1. Christaller

Kota adalah daerah yang menjadi pusat pelayanan yang difungsikan sebagai penyelenggara dan juga penyedia jasa bagi setiap wilayah perdesaan.

  1. Marx dan Engels

Menurutnya, definisi kota adalah suau wilayah yang menjadi perserikatan bagi setiap produksi dan juga alat yang diperlukan oleh masing negara.

  1. Bhudy Tjahyati Soegiyoko

Kota adalah suatu wilayah yang menjadi pusat pelanan jasa, produksi, dan menjadi gerbang transportasi bagi setiap kawasan permukiman disekitarnya.

  1. Ditjen Cipta Karya

Kota adalah permukiman yang memiliki jumlah masyarakat yang relatif besar dengan luas areal terbatas, sehingga kota bersifat nonagraris.

  1. Alan S. Burger

Kota adalah permukiman yang bersifat permanen sehingga sistem sosial yang rumit untuk dikendalikan.

  1. National Urban Development Strategy

Menurutnya, pengertian kota adalah satu wilayah yang menjadi pusat pelayanan kegiatan berbagai produksi, distribusi dan juga jasa-jasa sehingga mampu mendukung pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah.

  1. John Brickerhoff Jackson

Kota adalah tempat tinggal  yang menjadi manifestasi dari segala bentuk perencanaan dan perancangan sehingga penuh dengan unsur bangunan, jalan, dan ruang terbuka.

  1. Arnold Tonybee

Menurutnya, kota adalah tempat yang menjadi pemukiman yang padat dan nonagraris sehingga menimbulkan perebdaannya dengan desa.

  1. Ir. Sutami

Kota adalah suatu daerah yang memiliki koleksi, distribusi, dan produksi (koldip), diberbagai wilayah yang ada di sekitarnya

  1. Grunfield

Kota adalah permukiman yang memiliki kepadatan jarena memiliki gedung-gedung tinggi yang saling berdekatan satu sama lain.

  1. Pengertian Kota Di Negara Barat

Di negara batat, kota dikenal sebagai town dan city yang artinya, sebagai kumpulan berbagai bentuk rumah, dengan jumlah ukuran dari desa

  1. Pengertian Kota dalam Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Inggris, kota disebut dengan city yang memiliki arti sebagai pusat kekuasaan dala naungan gereja.

  1. Pengertian Kota dalam Bahasa Amerika Serikat

Kota di As, dalam terminology hukum diartikan sebagai suatu wilayah yang menjadi pusat daripada lembaga pemerintahannya.

Ciri Kota

Karakteristik kota, antara lain;

  1. Sebagai tepat pasar dan juga pertokoan
  2. Kota sebagai tempat untuk parker, memiliki sarana olagraga dan rekreasi
  3. Kota identik dihuni oleh masyarakat yang heterogen atau multikutural
  4. Warga pada masyarakat kota umumnya disimplin sehingga hal ini menunjukan bawa masyarakatnya sangat menghargai waktu.
  5. Kota memiliki identitas sebagai wilayah yang menjadi pusat pemerintahan, untuk Negara dan provinsi
  6. Kota sebagai tempat untuk penyedia produksi dan jasa yang lengkap. Karena kota buka daerah yang agraris

Macam Potensi Kota

Kota sebagai pusat berbagai pelayanan bagi seluruh warga masyarakat maka di dalamnya terdapat beberapa potensi antara lain:

  1. Potensi ekonomi ditandai fasilitas-fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan hidup bagi warga kota, seperti bank, pasar, pusat perbelanjaan, kawasan industri, dan sarana transportasi.
  2. Potensi sosial, yaitu fasilitas yang dapat menimbulkan keserasian, ketenangan hidup warga kota, misalnya tempat ibadah, rumah sakit, tempat hiburan, badan atau yayasan sosial, dan organisasi sosial.
  3. Potensi politik, yaitu keberadaan aparatur kota yang menjalankantugasnya dengan baik di dalam melayani masyarakat, seperti partai politik, serta lembaga-lembaga politik lainnya.
  4. Potensi budaya, ditandai keberadaan sarna pendidikan dan keseniaan yang memberikan semangat dan gairah hidup bagi warga kota.
  5. Fungsi Kota sebagai Lokasi Pusat Kegiatan Kota sebagai Pusat Pemerintah, Di kota terdapat berbagai pusat-pusat pengaturan atau pengendalian pemerintahan, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun di kabupaten atau kota.
  6. Kota sebagai Pusat Pendidikan, keberadaan lembaga pendidikan dari segala jenjang jenis pendidikan yang ada sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Anak yang mempunyai potensi atau kemampuan otak yang cerdas dapat mengeyam pendidikan setinggi-tingginya.
  7. Kota sebagai Pusat Informasi, Dalam hal ini kota sebagai sumber pemberi informasi harus mampu memberikan informasi yang cepat dan akurat

Keterkaitan Kota dan Desa

Adapun untuk keterkaitan perkembangan antara desa dan kota adalah sebagai berikut;

  1. Adanya unsur desa sebagai Sumber Bahan Mentah atau Bahan Pangan bagi Kota
  2. Desa berfungsi sebagai Sumber Tenaga Kerja bagi Kota
  3. Desa sebagai Mitra Pembangunan bagi Kota

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian kota menurut para ahli, ciri dan pontensi, dan juga keterkaitan kota dan desa. Jika dijumlahkan pembahasan ini ada sekitar pengertian Kota Menurut Para Ahli, Ciri dan Potensinya Lengkap. Semoga bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari literasi tentang “Kota”.

5/5 - (1 vote)