7 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi S1/D3 Lengkap

Posted on

indonesiastudents.com– Akuntasi memang menjadi salah satu jurusan yang selalu ada di setiap perguruan tinggi, baik Perguruan Tinggi Swasta ataupun Perguruan Tinggi Negri. Jurusan akutansi ini banyak tersedia karena memiliki prospek kerja yang bagus. Bukan hanya diperlukan oleh perusahaan akan tetapi diperlukan juga oleh berbagai instasi pemerintahan.

Baca: 7 Prospek Kerja Jurusan Manajement

Adapun beberapa peluang yang bisa menjadi rekomendasi bagi lulusan sarja akuntansi baik S1 atau D3 antara lain, indonesiastudents.com merekomendasikan berikut ini;

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi


Berikut beberapa pekerjaan yang bisa menjadi rekeomendasi bagi seseorang yang ingin mengabil jurusan akutansi atau bagi seseorang lulusan S1 dan D3 Akuntasi;

Lulusan Akuntansi Menjadi Wirausaha

Menjadi wirausaha dengan mendirikan perusahaan kelas kecil, mengah, atau atas. Bisa menjadi peluang bagi lulusan akuntasi. Alasan ini diungkapkan karena dengan mengambil jurusan akuntansi saat kuliah sudah terbiasa dengan kegiatan menghitung (laba-rugi). Oleh karena itu tipikal orang yang mengambil jurusan akuntasi ialah tipikah orang yang cermat, nah. Hal inilah menjadi pendorong seseorang berhasil mendirikan usaha.

Profesi Akuntan

Prospek kerja Akuntansi selanjutnya ialah menjadi akuntan. Profesi akuntan sangat dibutuhkan bagi setiap perusahan di dunia, bahkan di Indonesia. Tanggung jawab sebagai akuntan bisa dikatakan mudah namun bisa juga dikatakan sulit, tanggung jawabnya antara lain membuat setiap laporan keuangan (keluar masuk keuangan) dalam perusahaan.

Profesi Lulusan Akuntasi menjadi Akuntan Publik

Prospek kerja jurusan akuntansi selanjutnya ialah menjadi akuntan publik atau bisa dikenal sebagai internal auditor. Tugas seorang akuntan publik antara lain mengaudit seluruh keuangan dalam  perusahaan atau lembaga pemerintahan. Oleh karena itulah profesi sebagai akuntan public ini cenderung independen (tidak berpihak) dan bersal dari luar perusahaan.

Akuntan Pajak

Prosepek kerja lulusan akuntasi yang lain ialah menjadi akuntan pajak. Prosfek ini bisa dikatakan menjanjikan bagi setiap lulusan akuntasi baik S1 atau D3. Alasannya  karena cenderung suatu perusahaan atau lembaga pemerintahan memerlukan seseorang yang ahli menganalisis kelebihan-kekurangan sehingga nantinya memunculkan saran kepada pihak yang bersangkutan. Saran-saran yang diberikan tentunya berhubungan dengan kewajiban dan kemajuan perusahaan.

Tenaga Pengajar (Guru atau Dosen).

Lulusan sarjan akuntasi atau diploma jurusan akuntasi bisa juga menjadi tenaga pengajar, baik itu Guru SMA ataupun menjadi dosen. Peluang kerja ini bisa diambil oleh seseorang lulusan akuntasi dengan berbagai syarat, misalnya untuk menjadi guru ia harus kuliah menggambil akta 4 atau untuk menjadi dosen ia pun harus melanjutkan studi pascasarja atau dektoral.

Bekerja di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Lulusan akuntasi juga berpeluang untuk bekerja di OJK. OJK adalah salah satu lembaga pemerintah yang berfungsi membentuk suatu sistem pengaturan dan juga pengawasan kepada seluruh sektor jasa keuangan. Misalnya sektor jasa keuangan antara lain menjadi koperasi, bank, dan lain sebaginya.

Setiap tahunnya yang perlu dipahami bahwasanya OJK membuka kesepatan bagi setiap lulusan sarjana atau diploma akuntasi, oleh karena itulah peluang kerja ini bisa diambil bagi kalian yang ingin studi lanjut di “Jurusan Akuntasi”.

Konsultan Akuntansi

Prosepek kerja akuntansi selanjutnya ialah menjadi seorang konsultan. Profesi ini sangat dibutuhakan oleh setiap peruahaan atau lembaga pemerintah. Alasannya karena seorang konsultan berfungsi memberikan gambaran kepada perusahaan sehingga menghasilkan laporan keuangan yang terstruktur.

Demikianlah 7 prospek kerja jurusan akuntansi yang bisa menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin studi S1/D3 atau yang sedang mencarai referensi mengenai apa saja jurusan peluang kerja jurusan akutansi. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;

 

 

7 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi S1/D3 Lengkap
Rate this post