“Pulau Kecil” Pengertian, Masalah, dan Postensinya [Lengkap]

Diposting pada

pengertian pulau kecil menurut para ahli

“Pulau Kecil” Pengertian, Masalah, dan Postensinya


indonesiastudents.com– Indonesia ada;ah negara kepualauan terbesar di dunia, hal ini tentusaja tak lepas dari kondisi desa di pulau-pulau kecil, yang mana sampai saat ini masih mencerminkan ketimpangan pembangunan terutama dalam bidang infrastuktur, seperti pasokan energi listrik.

Baca: 4+ Pengertian Energi Alternatif Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Bahkan sampai saat ini pemenuhan listrik di pulau Jawa dan kota-kota besar masih jauh lebih baik dibanding dengan pemenuhan energi listrik di pulau-pulau kecil.

Pengertian Pulau Kecil


Pulau kecil adalah pulau yang memiliki luas wilayah sempit sehingga tingkat ketergantungan masyarakat yang ada di dalamnya bergantung penuh pada pada pulau lain ataupun pulau induk yang lebih besar. Sedangkan pengertian menurut para ahli sebagaimana yang disebukan dalam Menteri Kelautan dan Perikanan (2000), pulau kecil adalah pulau-pulau yang secara fungsional saling berinteraksi baik dalam ekologi, ekonomi, sosial, dan budaya, secara individual maupun secara sinergis dapat menungkatkan skala ekonomi dari pengelolaan sumjberdaya.

Masalah Kondisi dalam Pulau Kecil


Salah satu masalah yang sampai saat ini belum terselesaikan adalah adanya ketimpangan pembangunan, terutama keterbatasan listrik yang terbatas sehingga hal itu telah membuat aktivitas penduduk di sana menjadi terbatas.

Ketika kegelapan malam tiba, mereka tidak bisa menjalankan pekerjaan mereka dengan baik karena gelap. Mereka pun lebih banyak mengandalkan cempor atau lilin sebagai bantuan cahaya daripada menggunakan lampu dengan biaya listrik yang mahal. Bukan hanya itu, masyarakat desa yang kebanyakan nelayan tidak bisa membuat es karena kapasitas listrik yang tidak cukup. Padahal sebagai bahan pengawet ikan agar tidak membusuk, keberadaan es batu sangat penting. Tanpa es batu, nelayan bisa sampai tidak melaut.

Potensi Pulau Kecil


Perkembangan atau potensi perekonomian penduduk pulau-pulau kecil ke depan, sebenarnya sangatlah baik misalnya saja berbagai potensi ekonomi pulau, seperti pariwisata, yang mana untuk pulau-pulau kecil di Indonesia yang memiliki pantai pasir putih dan air laut jernih.

Tidak sedikit pula pulau yang memiliki ombak pantai yang bagus digunakan untuk berselancar. Hal ini banyak ditemukan dalam berbagai contoh pulau kecil di Indonesia. Demikianlah pembahasan mengenai “Pulau Kecil” Pengertian, Masalah, dan Postensinya [Lengkap]. Semoga dapat bermanfaat, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

  1. 4 Pengertian Negara Berkembang Menurut Para Ahli, Ciri dan Contohnya
  2. 10+ Pengertian Negara Maju Menurut Para Ahli dan Cirinya Lengkap
  3. 14 Pengertian Negara Menurut Para Ahli Lengkap
  4. 5 Teori Kelembagaan Negara Menurut Ahli Lengkap