SBMPTN CBT dan PBT (Keunggulan dan Kelemahanya) Lengkap

Posted on

Keunggulan dan Kelemahan Sistem CBT dan PBT pada Ujian SBMPTN

indonesiastudents.com– Kalian sudah mendaftar SBMPTN? Atau masih bingung dengan CBT atau PBT? Tenang gak perlu bingung karena kali ini indonesiastudents.com ada sedikit pencerahan bagi kalian yang bingung dengan pilihan tersebut.

Tentunya pencerahan ini bisa kamu pahami dengan mudah jikalau membaca postingan sebelumnya yakni, pengertian SBMPTN CBT dan BPT. Akan tetapi jika tidak membaca juga tidak menjadi masalah asalkan secara sederhana pembaca mengenai bahwa CBT adalah ujian yang dilakukan secara online pada tahap seleksi SBMPTN sedangkan PBT adalah ujian tertulis yang masih menggunakan LJK, lembar soal, dan pengoreksian manual.

Baca: 8 Mitos Seputar SBMPTN yang Harus Kalian Pahami

Hak untuk memilih CBT atau PBT ada di tangan kalian, tapi ada hal hal yang harus kalian perhatikan terlebih dahulu sebelum memilih. Simak ulasan mengenai Keunggualan dan Keleumahan antara SBMPTN CBT dan SBMPTN PBT.

Keunggulan Sistem Ujian SBMPTN CBT


Ada beberapa keunggulan yang bisa di dapatkan dari Ujian SBMPTN CBT, diantaranya;


  • Ujian SBMPTN CBT bisa meminimalisasi human error.

  • Ujian CBT dirasa lebih efisien, alasan ini didapatkan karena pengisian biodata atau jawaban menggunakan teknologi.
  • Ujian CBT memiliki kadar keamanan yang tinggi karena siswa tidak merasa takut kertas ujian sobek ataupun kertas Ujian SBMPTNnya basah

Kelemahan Sistem Ujian SBMPTN CBT


Meskipun memiliki keunggulan sistem CBT juga memiliki kelemahan, diantarnya;


  • Bagi yang tida terbiasa berada di depan komputer, bisa dimungkin mata akan cepat lelah atau capek sebab mengerjakan SBMPTN memerlakan waktu beberapa jam.

  • Pengisian SBMPTN CBT tidak bisa coret soal. Meskipun nantinya juga akan dikasih kertas HVS, tapi banyak anak yang udah terbiasa corat-coret di soalnya langsung

Sedangkan untuk keunggulan dan kelemahan SBMPTN PBT diantaranya;

Keunggulan Sistem Ujian SBMPTN PBT


  • Sebagian besar sudah terbiasa dengan sistem PBT karena dari duduk di Sekolah Dasar sampai ujian perguruan tinggi pelajar di Indonesia menggunakan ujian dengan sistem PBT.
  • Para siswa yang memilih ujian SBMPTN PBT akan langsung corat-coret di kertas soal ujiannya

Kelemahan sistem ujian PBT


Ada beberapa kelamahan sistem Ujian PBT, diantarnya;

  • Proses penghitaman jawaban memakan cukup banyak waktu, sehingga hal ini menggurangi waktu untuk mengerjakan soal SBMPTN.
  • Sistem PBT lebih merepotkan jikalu mau ganti-ganti jawaban

Nah, pilihlah tipe ujian yang bisa diambil apakah CBT atau PBT sekali lagi terserah kalian, karena hal ini sesuai dengan kenyamanan para siswa dalam melakukan ujian SBMPTN nanti dan jangan lupa usahakan tipe ujian yang kalian pilih harus dapat membuat kalian maksimal dalam mengerjakan soal.

Selain nyaman, pilihlah yang paling menguntukan bagi kalian jika kalian sudah melakukan ujian UN secara online maka kalian sudah dapat membedakan mana yang lebih mudah dan menguntungkan. Bagi kalian yang sekolahnya belum melaksanakan ujian online kalian dapat mencobanya pada website resmi Balitbank kemendikbud, pada website tersebut terdapat simulasi ujian CBT.

Sebagai pertimbangan lebih lanjut memilih ujian SBMPTN CBT atau PBT. Berikut indonesiastudents.com membagikan beberapa komentar di media sosial tentang pendapatnya mengenai CBT dan PBT saat melakukan Ujian SBMPTN.

Pilih SBMPTN CBT atau PBT

Demikianlah ulasan mengenai SBMPTN CBT dan PBT. Semoga dengan adanya tulisan SBMPTN CBT dan PBT (Keunggulan dan Kelemahanya) ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang menggali informasi apa itu Ujian CBT dan PBT. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel mengenai SBMPTN lainnya;

 

SBMPTN CBT dan PBT (Keunggulan dan Kelemahanya) Lengkap
Rate this post