SBMPTN CBT dan PBT Penjelasan dan Perbedaannya Lengkap

Posted on

indonesiastudents.com– Selekasi Berasama Masuk Perguruan Tinggi Negri atau yang lebih dikenal dengan SBMPTN akan di buka dan akan segera dilaksanakan pada setiap tahun, termasuk di tahun 2017 ini. Pelaksanaan SBMPTN 2017 ini akan dilakukan pada Bulan Mei mendatang. Jalur masuk ini termasuk jalur umum untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

SBMPTN sendiri pada hakekatnya terdapat 3 jenis ujian yaitu Soshum, Saintek, dan IPC. SBMPTN telah diadakan untuk yang ke 5 kalianya, yaitu sejak tahun 2013 sampai tahun 2017.Selengkapnya bisa baca: Jurusan Soshum, Saintek, dan IPC beserta penjelasannya

Dan untuk tahun 2017 ini termasuk tahun kedua untuk ujian CBT. Meskipun telah dilakukan untuk tehun kedua tapi jarang ada yang memahmi SBMPTN CBT dan PBT. Sebagai ulasan lebih lanjut pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan membahas tentang SBMPTN CBT. Apa itu CBT?

SBMPTN CBT dan PBT


Jadi dari awal ujian SBMPTN dilakukan secara manual atau di sebut juga PBT (paper based test). Ujian PBT dilakukan dengan menggunakan kerta LJK untuk lembar jawaban dan soal-soal yang tertulis pada lembaran kertas. Kalian masih harus melingkari jawaban pada lembar LJK seperti ujian-ujian yang umumnya atau biasa kalian lakukan.

Sedangkan CBT (computer based test) ini menggunkan sistim online dan ujiannya tidak menggunakan kertas melainkan komputer. Karakteristik ujiannya CBT pun sama dengan ujian tertulis dengan panjang waktu dan tingkat kesusahan soal yang sama.

Perbedaan CBT dan PBT


Perbedaan mendasar antara PBT dan CBT hanya pada pengerjaan ujian dan pengoreksian, pada pengoreksian CBT langsung dilakukan pada komputer tersebut dan juga kalian tidak dapat melihat soal dari awal hingga akhir jadi kalian jika ingin mengerjakan soal harus berurutan. Jika kalian yang sudah melakukan UN online pastinya sudah mengerti mekanisme melakukan tes ujian SBMPTN online tersebut.

Mudah yang mana ujian CBT atau PBT? Hanya kalian yang dapat menjawab pertanyaan tersebut, masing-masing tes memeiliki keuntungngan masing masing dan tergantung kalian yang menjalaninya lebih nyaman melakukan jenis ujian yang seperti apa.

Jika sekolah kalian belum dapat melakukan UN online dan kalian ingin melakukan ujian SBMPTN CBT kalian dapat melakukan latihan pada try out SBMPTN online yang di adakan lembaga yang mengadakan.

Perlu dan penting juga untuk kalian ketahui para pelajar yang baru lulus atau telah lulus SMA/MA/SMK/Sederajat bahwasanya tidak setiap kota mengadakan SBMPTN CBT dan kuota tes CBT pun terbatas jadi jika kalian ingin melaksanakan tes CBT usahakan cek terlebih dahulu kota yang mengadakan CBT dan kuota yang di sediakan.

Sekian info mengenai SBMPTN, khusunya pembahasan tentang SBMPTN CBT dan PBT Penjelasan dan Perbedaannya. Semoga tulisan ini dapat memberikan awal pengetahuan bagi siapapun yang memahmi CBT dan PBT dalam tes SBMPTN. Trimakasih, baca juga artikel SBMPTN lainnya;

Rate this post