Persyaratan SBMPTN 2017 Lengkap

Posted on

indonesiastudents.com– Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri atau yang kemudian dikenal dengan SBMPTN pada dasarnya menjadi upaya pemerintah untuk dapat menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi dan dianggap mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik. Selain itu SBMPTN dibuka untuk memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas provinsi atapun lintas wilayah yang ada di Indonesia.

Baca: Jurusan SBMPTN yang Minim Peminat di UI, UGM, ITB, Undip, dan Unpad

SBMPTN ini dilakukan setiap tahunnya baik tahun 2017, 2018, 2019, dan seterusnya. Selain itu SBMPTN memiliki landasan hukum yang kuat, hal ini dikarenakan penyelenggaraan SBMPTN dilakukan berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah, dan juga Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarja di PTN.

Seleksi dan alokasi daya tampung pada jalur masuk SBMPTN batas minimal yang diberlakukan adalah 30 Persen disetiap prodi yang ada di PTN. Sedangkan bentuk ujian tertulis yang dialakukan melalui CBT dan PBT.

Baca Juga:

Prosesi penilaian dari ujian tertulis CBT dan PBT tersebut sangatlah menentukan bagi setiap pelajar yang ingin masuk di PTN. Sebab penilaian Ujian Tertulis yang dihasilkan kemudian akan menentukan pakah siswa lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat dapat masuk di Perguruan Tinggi atapun tidak.

Sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai Pesyaratan SBMTPN, indonesiastudents.com melalui sumber website Kemenristek Dikti mengambil beberapa intisasri, tentang syarat perserta atau pendaftaran SBMPTN.

Perysaratan SBMPTN


  • Siswa yang mendaftar pada jalur masuk SBMPTN ialah lulusan tahun 2015 dan 2016 harus sudah memiliki ijazah.

  • Sedangkan bagi para siswa lulusan tahun 2017 diharuskan telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya SKL tersebut memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah dari sekolah asal.
  • Pendaftar SBMPTN memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi yang akan dilakukan.

Tahapan Pendaftar SBMPTN


Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan bagi para siswa yang ingin masuk PTN, diantaranya yaitu;


  • Pendaftarn SBMPTN diharuskan melakukan pembayaran di Bank. (Untuk tahun 2017 biaya penyelenggaraan SBMPTN disubsidi oleh pemerintah, akan tetapi masyarakat harus membayar Rp200.000,00).

  • Pendaftar SBMPTN, memilih proses penyeleksian, antara Computer Based Testing (CBT) atau Paper Based Testing (PBT).
  • Pendaftar SBMPTN melakukan pemilihan PTN dan Program Studi yang diinginkan.
  • Khusus bagi pendaftaran Ujian Keterampilan dilakukan bagi setiap siswa yang mengambil bidang keolahragaan dan Ilmu Seni.
  • Tahap yang terakhir ialah pelaksanaan tes tertulis di PTN yang menjadi pilihan pertama.
    Pilihan Program Studi Jalur SBMPT.
  • Peserta SBMPTN dapat memilih program studi maksimalnya 3 program studi.
  • Peserta ujian SBMPTN yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  • Peserta ujian yang memilih program studi atau lebih pada sekelsi SBMPTN, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian yang ingin dilakukan.
  • Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah pendaftaranadapun untukĀ  tempat peserta mengikuti ujian.
  • Urutan pemilihan program studi yang dipilih tergantung pada prioritas jurusan yang dinginkan.

Demikianlah ulasan mengenai persyaratan SBMPTN 2017 yang didapatkan langsung dari presentasi sosialisasi jalur masuk perguruan tinggi negrti yang dilakukan oleh Kemenrsitek Dikti. Semoga ulasan ini dapat beramnafaat bagi siapapun yang ingin atau akan mendaftaran SBMPTN di tahun 2017. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel mengenai SBMPTN lainnya, disini

Persyaratan SBMPTN 2017 Lengkap
Rate this post